logo mobile 2024

ADT Alat Berat: Apa Itu, Fungsi, dan Cara Kerja

Ada beberapa jenis alat berat konstruksi yang juga berperan sebagai alat berat tambang. Salah satunya adalah ADT alat berat yang merupakan singkatan dari articulated dump truck.

Memangnya, apa keistimewaan dari truk ini? Simak uraian di bawah ini sampai akhir untuk memperoleh informasi mengenai definisi, fungsi, dan juga cara kerja ADT.

Apa Itu ADT Alat Berat?

articulated dump truck adalah

Articulated Dump Truck adalah alat angkut material dengan kapasitas besar. Tidak mengherankan jika alat ini menjadi salah satu aset penting di bisnis tambang dan konstruksi.

Berbeda dengan dump truck biasa, ADT punya enam roda besar dan juga bagian kepala truk yang terpisah dari badan. Bentuk fisik ini menjadikan ADT jadi kendaraan yang tangguh dan mudah bermanuver.

ADT dapat bergerak stabil meskipun di medan yang menantang seperti area berkelok, berbatu, dan licin. Selain itu, truk ini juga memiliki suspense khusus sehingga semua rodanya dapat tetap menapak pada permukaan tanah meskipun jalannya tidak rata.

Fungsi ADT Alat Berat

spesifikasi ADT alat berat

Spesifikasi ADT alat berat memang berbeda dengan truk biasa. Dengan kelebihan ini, ADT seringkali difungsikan sebagai alat angkut pada area yang sulit dijangkau oleh truk biasa.

Oleh sebab itu, truk ini punya peran yang krusial di sektor pertambangan dan juga pembangunan infrastruktur. Dengan kapasitas pengangkutan yang cukup besar dan kemudahan dalam penumpahan material, truk ini bisa mengoptimalkan produktivitas baik di sektor konstruksi ataupun tambang.

Ini dia beragam fungsi ADT.

  • Mengangkut Material Tambang

Pemanfaatan ADT bisa Anda temukan di beragam jenis tambang seperti batu bara, bijih logam, atau batuan gunung yang telah dipecah. Alat ini dapat mengangkut batu bara dan hasil tambang lainnya dari pit ke tempat pengolahan.

  • Mengangkut Material Konstruksi

Untuk konstruksi jalan atau bangunan di medan yang cukup sulit, pelaksana proyek sering memanfaatkan ADT untuk mengangkut beragam material seperti pasir dan batu.

Dengan kemampuan manuvernya yang hebat, ADT mampu mempercepat proses pengangkutan material untuk memastikan bahwa pasokan material selalu cukup untuk proyek tersebut.

  • Mengangkut Tanah Urug

ADT juga sering dipakai dalam proses pengangkutan tanah urug ke lokasi proyek yang memerlukan penimbunan tanah. Selain kapasitasnya yang besar, ADT juga punya sistem hidrolik untuk mengangkat bak truk dan menumpahkan material urug.

Dengan begitu, proses pengurugan dapat berjalan lebih efisien dan meminimalisir penggunaan tenaga kerja.

  • Mengangkut Material Tak Terpakai

Selain itu, ADT juga dapat Anda manfaatkan untuk proses pengangkutan material yang sudah tidak terpakai. Misalnya, Anda bisa memindahkan reruntuhan bangunan ke tempat pembuangan. Dengan begitu area tersebut siap untuk pembangunan struktur baru.

Proses pembuangan material ini akan berjalan dengan mudah karena mekanisme hidraulik bak ADT. Dengan kapasitas angkut yang lumayan besar, ADT dapat membantu Anda mengelola limbah konstruksi dengan efisien.

Keunggulan Articulated Dump Truck

articulated dump truck

Articulated dump truck menawarkan keunggulan yang tidak dimiliki oleh tipe truk biasa. Keunggulan berikut menjadikan ADT sebagai kendaraan andalan dalam industri tambang dan konstruksi.

  • Kapasitas Besar

Setiap produsen menawarkan ADT dengan spesifikasi dan kapasitas yang berbeda-beda. Ada ADT yang berkapasitas 40 bahkan 60 ton.

Dengan daya angkut yang besar, ADT dapat mengurangi jumlah perjalanan dalam pengangkutan material. Sehingga, biaya operasional dapat berkurang.

  • Mobilitas di Medan Sulit

Desain body, mesin, dan juga roda truk memungkinkannya untuk bermanuver atau berbelok dengan mudah. Meskipun berjalan di medan yang tidak rata, berlumpur, atau curam, truk ini tetap berjalan dengan stabil.

Kemampuan off-road ini membuat ADT jadi kendaraan angkut yang ideal untuk proyek di area pegunungan.

  • Efisiensi kerja

Selain daya angkut yang cukup besar, truk ini juga telah dilengkapi mekanisme hidraulik pada baknya. Sehingga, proses pembongkaran muatan dapat berjalan dengan cepat.

  • Fitur Keselamatan

Kendaraan ini memang dirancang untuk medan berat baik dari segi fisik, mesin, maupun sistemnya, Misalnya saja, roda ADT memiliki cengkeraman kuat dan suspensi khusus agar jalannya tetap stabil meskipun bergerak di permukaan jalan bergelombang.

Selain itu, ADT punya fitur downhill speed control untuk mengatur kecepatan saat bergerak di turunan yang curam sekalipun. Tidak cuma itu, ADT telah dilengkapi sistem pengontrol stabilitas untuk mencegah truk terguling.

Cara Kerja Articulated Dump Truck

cara kerja ADT alat berat

Sumber tenaga truck ini berasal dari mesin diesel. Tenaga inilah yang akan mengalir ke roda melalui transmisi manual. Selain pergerakan roda, mesin ini juga punya mekanisme hidraulik untuk menggerakkan bak truk.

Adapun cara kerja ADT dalam proses pengangkutan material adalah sebagai berikut.

  • Pengisian Muatan

Proses pengisian muatan pada bak ADT menggunakan bantuan alat berat lain seperti excavator atau wheel loader. Alat berat ini akan mengangkat muatan berupa pasir, bebatuan, atau tanah dan memasukkannya pada bak ADT.

  • Pengangkutan

Setelah bak ADT terisi penuh, operator bisa menjalankan ADT ke tempat yang diinginkan. Sistem penggerak roda dan juga suspense akan memastikan ADT dapat melaju dengan stabil dan aman di beragam medan.

  • Pembongkaran Muatan

Sesampainya di tujuan, operator akan mengaktifkan sistem hidraulik untuk mengangkat bagian depan bak ADT. Sehingga, semua muatan dapat berjatuhan. Dengan kemiringan bak ini, proses pengosongan muatan akan berjalan dengan cepat.

Dengan karakteristik yang unik dan beragam keunggulannya, ADT menjadi salah satu alat berat yang punya peran krusial di industri tambang maupun sektor konstruksi.

Nah, kalau Anda adalah penyedia sewa alat berat ADT, alat berat forklift, atau alat berat tandem roller, pastikan memasang GPS tracker pada alat tersebut. Sehingga Anda bisa memantau keberadaan alat secara real time.

Untuk pemasangan GPS yang akurat, serahkan urusan ini pada GPSKU. Segera akses website GPSKU untuk memperoleh informasi lengkap mengenai fitur dan penawaran terbaiknya.

Baca juga :

claim promo pengguna baru
CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special Pembelian GPS Tracker. Klik dibawah ini