logo mobile 2024

Alat Berat Tandem Roller: Fungsi, Jenis, dan Keunggulan

Dalam sektor konstruksi khususnya dalam membangun infrastruktur jalan, pemanfaatan alat berat tandem roller sangatlah krusial. Pasalnya, alat berat compactor ini bisa jadi andalan untuk tahapan pemadatan tanah ataupun aspal.

Bagi yang penasaran dengan kehebatan tandem roller, simak ulasan lengkap tentang definisi, kegunaan, tipe, dan juga keunggulan alat berat pemadat tanah serta aspal ini.

Mengenal Tandem Roller

tandem roller 5 ton

Sebutan lain dari alat konstruksi ini adalah dual drum roller. Dari namanya saja pasti Anda sudah bisa menebak bahwa komponen utama alat ini adalah dua silinder baja yang berperan sebagai penggilas. Drum ini terbuat dari bahan baja sehingga cukup kuat untuk memberikan tekanan pada lapisan tanah.

Tandem roller tersedia dalam beragam ukuran. Semakin besar ukurannya tentu saja bobotnya semakin berat. Misalnya, Anda bisa memilih tandem roller 5 ton, tandem roller 8 ton, atau bahkan 14 ton.

Sementara itu, untuk proyek kecil seperti perbaikan jalan yang berlubang, Anda bisa mengandalkan alat berat tandem roller mini yang beratnya 1-2 ton.

Fungsi Alat Berat Tandem Roller

alat berat tandem roller

Sebelum proses pembangunan pondasi sebuah gedung, landasan, ataupun jalan raya, perlu dilakukan pemadatan tanah. Sehingga, struktur tanah bisa menjadi stabil. Pemadatan ini merupakan langkah pencegahan amblesnya tanah dan juga untuk meningkatkan daya tahan bangunan di atasnya.

Meskipun seringkali dimanfaatkan dalam proses perbaikan dan pembuatan jalan, kegunaan tandem roller tidak cuma sebagai alat berat aspal saja. Pelaksana konstruksi juga mengandalkan alat ini untuk beragam proyek lain seperti perbaikan tanggul, pembangunan landasan, bendungan, dan infrastruktur lain.

Ini dia beragam kegunaan tandem roller.

  • Mengkompaksi Tanah untuk Landasan atau Jalan Raya

Kompaksi merupakan tahapan yang krusial dalam proses konstruksi jalan dan juga landasan pesawat. Proses ini berguna untuk menghilangkan kekosongan antar partikel tanah.

Melalui proses pemadatan, struktur tanah jadi lebih solid. Sehingga, hal ini dapat mencegah risiko penurunan permukaan tanah serta keretakan jalan di masa mendatang.

  • Memadatkan Aspal

Setelah proses pelapisan aspal hot mix, tandem roller bisa Anda manfaatkan untuk menggilas lapisan tersebut. Dengan tekanan dari kedua silinder baja, lapisan aspal akan jadi rata dan halus.

Permukaan jalan yang mulus tentu bisa meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan.

  • Pemadatan Lahan untuk Pondasi

Selain berguna dalam pembangunan jalan, tandem roller khususnya yang berukuran besar juga bisa untuk mengkompaksi tanah saat pembangunan pondasi sebuah bangunan. Proses pemadatan ini mampu meningkatkan daya dukung tanah sehingga pondasi bisa lebih kokoh.

Jika tingkat kepadatan tanah kurang, hal ini bisa menyebabkan penurunan tanah dan juga pergeseran tanah. Hal ini tentu dapat mengancam kekuatan structural sebuah bangunan.

  • Pembangunan Tanggul dan Pemadatan Tanah Longsor

Tandem roller yang berjenis alat berat vibro sangat ideal untuk proses pemadatan tanah longsor. Dengan kombinasi tekanan dari bobot alat dan juga getaran, alat ini efektif untuk memadatkan tanah longsor dan tanggul.

Jenis Alat Berat Tandem Roller

Alat berat untuk pemadatan tanah ini terdiri dari beberapa jenis. Setiap jenisnya punya bentuk, ukuran, dan karakteristik yang berbeda. Sehingga, Anda bisa memilih tipe dan ukuran roller yang sesuai dengan proyek Anda.

Ini dia beberapa tipe tandem roller yang bisa Anda manfaatkan untuk beragam proyek konstruksi.

Tandem Roller Mini

alat berat tandem roller

Sesuai namanya, ukuran tandem roller ini memang kecil, sehingga pergerakannya lebih lincah. Dengan bobot 1,5 hingga 4 ton, alat ini ideal untuk perbaikan gang sempit atau area yang sulit terjangkau oleh tandem roller besar.

Beberapa produsen seperti CAT atau SAKAI menawarkan roller mini vibro sehingga dapat menghasilkan getaran. Getaran ini mampu memaksimalkan proses pemadatan.

Static Tandem Roller

alat berat tandem roller

Tipe ini hanya mengandalkan bobot alat berat untuk proses pemadatan. Pasalnya, alat ini menggunakan 2 drum statis yang tidak bergetar. Hal ini membuatnya ideal untuk proses aspal finishing.

Bobot dari drum baja cukup kuat untuk memberikan tekanan pada permukaan aspal. Hasil akhirnya, aspal jadi padat merata dan mulus tanpa gelombang.

Vibratory Tandem Roller

jenis tandem roller

Keunikan alat ini adalah bagian silindernya dapat menghasilkan getaran berfrekuensi tertentu. Getaran ini mampu memecah gumpalan tanah. Kemudian, silinder tersebut juga akan menggilas material untuk meningkatkan kepadatannya.

Keunggulan Alat Berat Tandem Roller

keunggulan alat berat tandem roller

Kalau dibandingkan dengan single drum roller atau alat berat compactor lainnya, tandem roller menawarkan beragam keunggulan di bawah ini.

  • Efisiensi Kerja Tinggi

Dengan dua silinder, roller ini dapat memberikan tekanan yang lebih besar jika dibanding dengan single drum roller. Dengan begitu, proses pemadatan berlangsung lebih cepat dan dapat menghemat waktu serta biaya operasional.

  • Memiliki Mekanisme Getaran

Tandem roller dengan sistem getar mampu meningkatkan efektifitas pemadatan. Alat ini sangat cocok untuk mempersiapkan lahan atau bagian dasar jalan. Selain itu, pemanfaatan alat ini juga lebih fleksibel karena bisa untuk pemadat beragam material seperti pasir, tanah, dan juga kerikil.

  • Hasil Pemadatan Konsisten

Tandem roller menghasilkan pemadatan yang merata, sehingga struktur tanah jadi lebih stabil. Sehingga, tanah tersebut siap menerima beban konstruksi di atasnya. Daya dukung tanah yang tinggi ini dapat mencegah terjadinya ambles dan retakan bangunan di kemudian hari.

  • Tersedia dalam Beragam Ukuran

Keunggulan lain dari tandem roller adalah memiliki beragam jenis dan ukuran. Mulai dari roller mini hingga yang berbobot belasan ton, tandem roller siap untuk membantu kelancaran proyek konstruksi.

Anda bisa dengan mudah memilih tipe tandem roller mana yang paling ideal dengan jenis proyek, medan, dan juga tipe material yang Anda ingin padatkan.

Meskipun ada beragam tipe alat compactor untuk pemadat tanah, sepertinya tandem roller bisa menjadi alternatif alat berat yang paling ideal untuk semua jenis proyek. Pasalnya, alat ini multifungsi dan menawarkan efisiensi.

Nah, bagi penyedia jasa penyewaan tandem roller, pastikan untuk memasang GPS tracker pada alat tersebut. Dengan begitu, pemantauan lokasi dan pengecekan durasi penggunaan alat bisa Anda lakukan secara real time.

Untuk itu, Anda bisa mengandalkan GPSKU untuk menginstal GPS tracker pada alat berat tandem roller Anda. Segera kunjungi website GPSKU untuk memperoleh informasi lebih lengkap terkait fitur dan penawaran menariknya.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU