Apa itu Ekspedisi? Pengertian, Pentingnya, Tujuan

Jasa ekspedisi sudah tidak asing lagi bagi para pemasok, pemilik usaha logistik maupun usaha karena merupakan mitra kerja mereka. Umumnya memanfaatkan jasa ekspedisi untuk memudahkan mereka dalam mengirim barang ke konsumen. Namun, tahukah Anda apa itu ekspedisi?

Secara umum, cakupan kata mengenai apa itu ekspedisi sangat luas sehingga kita perlu membatasi ekspedisi di sini dalam bidang bisnis. Agar Anda mengetahui apa itu ekspedisi, mari kita simak penjelasan dan informasi penting lainnya di artikel ini.

Apa itu Ekspedisi?

Apa itu ekspedisi

Menurut KBBI, apa itu ekspedisi memiliki beberapa arti yang berbeda, antara lain:

  • Pengiriman surat, barang, dan sebagainya
  • Perusahaan pengangkutan barang
  • Salinan yang sama bunyinya (tentang vonis atau akta)
  • Perjalanan penyelidikan ilmiah di suatu daerah yang kurang dikenal
  • Pengiriman tentara untuk memerangi (menyerang, menaklukkan) musuh di suatu daerah yang jauh letaknya.

Namun, kali ini kita hanya akan membahas apa itu ekspedisi pada baris kedua yang berhubungan dengan perusahaan pengangkutan barang. Jadi, ekspedisi di sini lebih kepada proses memindahkan barang dari satu lokasi ke lokasi lain sampai barang tiba di alamat konsumen.

Jalur Pengiriman Ekspedisi

Berdasarkan jalur yang digunakan, ekspedisi pengiriman barang dibagi menjadi 3, yaitu:

Layanan Pengiriman Jalur Udara

Apa itu ekspedisi

Pelaksanaan pengiriman barang melalui jalur udara dengan memanfaatkan pesawat kargo. Jenis ini sangat sesuai untuk pengiriman antar pulau atau antar negara karena dapat menjangkau lokasi secara lebih cepat.

Walaupun memiliki kelebihan dalam hal kecepatan pengiriman, namun ekspedisi via udara juga mempunyai kekurangan. Pelanggan harus mengeluarkan dana lebih karena tarif yang mahal.

Selain itu, volume pengiriman terbatas dan ada beberapa barang yang tidak bisa dikirim semua barang melalui jalur udara. Jadi, pastikan Anda mempertimbangkan hal-hal tersebut sebelum memilih ekspedisi terdekat dengan layanan ini.

Apa itu Ekspedisi Jalur Laut?

Apa itu ekspedisi

Jenis ini mengirimkan barang melalui perairan dengan menggunakan kapal. Ekspedisi via laut menawarkan harga lebih terjangkau dibandingkan via udara. Namun, jenis ini membutuhkan waktu pengiriman lebih lama.

Pengguna ekspedisi ini biasanya perusahaan besar karena biasanya mereka melakukan pengiriman menggunakan kontainer.

Apa itu Ekspedisi Jalur Darat?

Apa itu ekspedisi

Tidak perlu bertanya lagi mengenai apa itu ekspedisi darat? karena kita sudah mendapat jawabannya dengan jelas.

Banyak perusahaan e-commerce memanfaatkan jenis ekspedisi ini untuk menjangkau konsumen mereka. Armada transportasi pengiriman barang via darat bisa menggunakan kereta api atau berbagai jenis truk.

Pentingnya Ekspedisi Bagi Perusahaan

Arti penting ekspedisi

Ekspedisi memainkan peran penting dalam rantai pasokan karena mempermudah pengiriman berbagai jenis barang. Selain itu, jasa pengiriman barang ini juga menawarkan banyak manfaat positif antara lain:

1. Memudahkan Pengiriman Dalam Jumlah Besar

Hadirnya jasa ini membuat pelaku usaha tidak lagi kesulitan dalam mengirimkan barang mereka terutama pengiriman dalam jumlah besar. Baik barang berukuran besar maupun barang berat dapat ditangani oleh pihak ekspedisi.

Alhasil, kinerja perusahaan menjadi efektif karena terhindar dari kendala pengiriman. Hal ini berujung pada kepuasan pelanggan dan meningkatkan keuntungan perusahaan tersebut.

2. Menawarkan Proses Pengiriman Yang Cepat

Manfaat ekspedisi yang kedua adalah mampu mengirim barang dalam waktu cepat. Umumnya pengiriman dilakukan secara terorganisir sesuai dengan area alamat tujuan sehingga lebih efektif dan efisien.

Penerapan route optimization juga mendukung kecepatan pengiriman karena mencari jalur terdekat dan tercepat ke tujuan. Hal ini penting karena membuat konsumen dapat menghemat waktu dan biaya dengan mempercayakan pengiriman barang mereka kepada pihak ekspedisi.

3. Jangkauan Area Yang Luas

Memanfaatkan jasa ekspedisi membuat perusahaan dapat menjangkau konsumen secara lebih luas. Pasalnya, jasa ini dapat mengirimkan barang hingga ke pelosok wilayah bahkan ke luar negeri. Alhasil, jangkauan target pasar perusahaan semakin luas dan meningkat.

4. Keamanan Barang Terjamin

Ekspedisi paket terpercaya akan menjamin barang konsumennya sehingga terhindar dari resiko kerusakan maupun kehilangan. Jadi, pihak ekspedisi menjamin barang sampai tujuan dengan aman dan tepat waktu. Anda dapat dengan aman mengirim dokumen maupun barang berharga dengan layanan yang tersedia.

Apabila selama proses pengiriman terjadi kehilangan maupun kerusakan barang maka pihak ekspedisi akan menggantinya. Umumnya, penggantian tersebut disesuaikan dengan nilai barang yang hilang atau rusak.

5. Dapat Melacak Posisi Barang Yang Dikirim

Pihak ekspedisi menyediakan fitur pelacakan sehingga baik pengirim maupun penerima dapat melacak posisi barang tersebut. Dengan penerapan sistem manajemen yang baik maka seluruh proses operasional akan berjalan lancar. Alhasil, kendala seperti keterlambatan pengiriman dapat dihindari.

6. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Reputasi Perusahaan

Pemilihan ekspedisi yang tepat penting karena dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan. Layanan pengiriman yang selalu tepat waktu dan ditawarkan dengan harga terjangkau akan membuat pelanggan puas.

Alhasil, kepercayaan mereka terhadap perusahaan Anda meningkat. Mereka tidak akan ragu untuk memilih produk dari Anda karena percaya dengan reputasi perusahaan Anda. Pelanggan tanpa ragu lagi akan melakukan pembelian berulang dari Anda.

7. Meningkatkan Penjualan dan Revenue Perusahaan

Penting bagi Anda untuk memilih jasa ekspedisi yang profesional agar dapat meningkatkan customer experience. Alhasil, mereka kan terus melakukan pembelian dan pembelian berulang dari Anda.

Hal ini berdampak baik bagi Anda karena meningkatkan penjualan dan pada akhirnya meningkatkan keuntungan perusahaan.

Tujuan Ekspedisi

Tujuan ekspedisi

Tujuan utama dari jasa ekspedisi adalah memastikan pengiriman barang ke konsumen aman, tepat waktu, efektif dan efisien. Oleh sebab itu, mereka memerlukan sebuah sistem manajemen logistik yang baik agar dapat mencapai tujuan tersebut.

Sistem tersebut dapat membantu merencanakan seluruh proses pengiriman dari awal sampai akhir dengan lebih efektif. Selain itu, sistem tersebut juga dapat membantu mengevaluasi operasional harian.

Anda juga dapat mengoptimalkan manajemen logistik dengan GPS Tracker. Fungsinya diantaranya untuk pelaporan pekerjaan, deteksi kecelakaan, pelacakan realtime dan masih banyak lagi. Dapatkan alat canggih ini di sini. Dengan begitu, proses distribusi akan lancar, aman dan terpantau setiap waktu.

Selain itu, Anda dapat segera mengidentifikasi kemungkinan masalah yang muncul dan mencari solusi terbaiknya. Dengan demikian seluruh cara kerja jasa ekspedisi berjalan dengan baik sehingga dapat memuaskan pelanggan.

Demikian mengenai apa itu ekspedisi serta sistem manajemen logistik yang akan membantu bisnis Anda. Mulai rencanakan untuk penggunaan teknologi canggih dari GPSKU. Kalau tidak sekarang, mau kapan lagi?

Copyright © 2008 - 2024 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | PT.GPSKU Karya Indonesia