Hindari Bahaya Aquaplaning Mobil Saat Hujan

Bahaya Aquaplaning Mobil – Saat musim hujan telah melanda daerah Indonesia saat ini, bahaya yang mengintai pengemudi mobil bisa saja terjadi, misal tentang bahaya aquaplaning yang kerap menakutkan yang harus anda hindari, aquaplaning mobil adalah kondisi dimana mobil kehilangan daya cengkraman sehingga mobil kehilangan kendali untuk bermanuver atau berakselerasi.

Bahaya mengemudi ketika hujan jika tidak berhati-hati bisa menyebabkan kecelakaan di jalan raya, kurangnya penglihatan secara jelas bisa saja terjadi karena hujan yang besar, dan aquaplaning terjadi karena genangan air seperti disebabkan oleh hujan dan banjir, karena adanya genangan air yang besar maka laju mobil pun menjadi terhambat.

Salah satu penyebab aquaplaning mobil adalah karena ban yang tipis dan kecepatan mengendarai mobil diatas rata-rata, padahal air hujan besar dan genangan air dimana-mana, itu akan menyebabkan mobil akan melayang dan mengambang, dan jika sobat tidak sigap dan kuat menahan mobil maka akan terjadi kecelakaan yang fatal.

Ciri selanjutnya merupakan mobil terasa lebih enteng. Perihal ini diakibatkan oleh titik berat air yang lebih besar yang mampu mengangkut serta mengambangkan mobil. Tidak hanya itu, bagian balik mobil pada sisi- sisinya hendak terasa melayang.

4 Hal Yang Harus Di Jauhi Aquaplaning Saat Hujan

bahaya aquaplaning mobil genangan air

Aquaplaning beresiko sebab suasana ini terjadi mobil kehabisan traksi penuh pada aspal ataupun jalanan. Gawatnya, mobil dapat selip ataupun tergelincir. Suasana ini umumnya harus diwaspadai apabila cuaca selalu murung serta hujan turun tidak henti. Ini panduan jauhi aquaplaning dikala masa hujan:

1. Perlahan Dikala Masa Hujan

Kian cepat Kalian berjalan, kian susah ban melindungi traksi dengan jalanan. Bila roda menghantam kubangan air, dapat saja hendak tergelincir. Hingga amat berarti berkendara ayal dikala cuaca hujan, walaupun jarak penglihatan sedang bagus.

Tidak permasalahan berjalan di dasar batasan kecekatan pada dikala hujan. Janganlah maju lebih lelet dari arus kemudian rute, tetapi Kalian tidak wajib maju dalam kecekatan 70 mil per jam di jalur tol dikala hujan. Amat berarti berjalan ayal bila Kalian amati kubangan air.

2. Jauhi Genangan Air

Ini merupakan posisi yang bisa jadi menimbulkan Kalian hadapi aquaplaning, sebab ban sulit melindungi traksi dengan jalanan. Kubangan tidak senantiasa dapat nampak, jadi hati- hatilah serta perlambat laju dikala huhan serta genangan mulai mencuat. Kubangan umumnya tercipta di tepi jalur, hingga berjalanlah kira- kira ke tengah.

Coba mengemudi menjajaki jejak roda mobil di depan Kalian. Ini hendak kurangi mungkin air sangat banyak di depan roda Kalian yang dapat menimbulkan kehabisan kontrol. Yakinkan wiper bertugas bagus. Pandangan yang kurang baik dikala hujan dapat menimbulkan musibah sebab susah memandang genangan air.

3. Maanfaatkan Gigi Rendah

Ini hendak menolong Kalian memperoleh traksi lebih gampang serta menghindari berjalan sangat cepat. Walaupun kira- kira sulit diaplikasikan di jalur tol, bila Kalian terletak pada jalur dengan batasan kecepatan lebih kecil, mengemudi dengan gigi kecil hendak membagikan keamanan dikala berbelok ataupun menuruni anak tanpa hadapi aquaplaning.

Baca Juga Simak 4 Penyebab Turun Mesin Mobil

4. Perlahan Dalam Berkendara

Bagikan tekanan yang normal pada pedal gas ataupun rem. Dikala Kalian mengerem, janganlah pijak sangat keras, pompa dengan lama- lama. Bila mobil dilengkapi ABS, Kalian dapat mengerem semacam lazim.

Yakinkan roda tidak terkunci dikala mengerem, sebab Kalian bakal tergelincir. Jauhi akselerasi serta rem tiba- tiba, Janganlah berbelok tiba- tiba, sebab dapat melempar kamu dari rute. Ekstra hati- hati pada jalur beriak, kemudikan dengan halus.

Kenali ciri-ciri terjadinya aquaplaning pada mobil anda, jika dalam kecepatan tertentu mobil anda merasa melayang, itu tandanya anda sedang dalam mode aquaplaning, kurang kecepatan khususnya ketika melewati jalan yang tergenang air hujan karena sangat membahayakan.

Jika mesin mobil anda terdengar sangat nyaring itu disebabkan karena adanya tekanan air yang menghantam mesin anda, selalu berhati-hati dan utamakan keselamatan berkendara, jangan lupa sobat untuk selalu memasang gps mobil terbaik untuk mobil anda agar sistem keamanan anda bisa dikendalikan dengan baik, tekan tombol chat dibawah ini yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2022 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia