logo mobile 2024

Balancing: Apa Itu, Fungsi, Biaya, Kapan Harus Dilakukan

Mengendarai mobil oleng bukan hanya pengalaman tidak menyenangkan, tapi juga bisa berbahaya. Salah satu penyebab getaran paling umum adalah roda tidak seimbang. Untuk itu, Anda butuh penanganan khusus. Balancing adalah prosedur tepat untuk menyeimbangkan kendaraan Anda.

Roda pada kendaraan dirancang agar seimbang. Jika tidak, maka akan mengalami masalah pada handling dan kemudi. Simak informasi lebih lanjut tentang pentingnya perawatan ini, biaya dan kapan Anda harus melakukannya.

Apa Itu Balancing?

Apa Itu Balancing?

Tentu saja, Anda akan selalu melintasi jalan dengan kondisi yang berbeda. Saat Anda melintas di jalan raya mulus atau bergelombang, kemungkinan ban Anda akan tetap bisa menipis tidak rata.

Baik ban dan roda tidak punya berat yang sama persis. Ketika berpacu dalam kecepatan tinggi, perbedaan bobot kecil sekalipun dapat memicu ketidakseimbangan. Sehingga menyebabkannya mengalami putaran dengan gerakan yang berat dan bahkan tidak merata.

Nah, balancing mobil adalah mekanisme yang memastikan bobot rakitan roda dan ban dapat terdistribusi lebih merata. Sehingga keduanya dapat berputar lebih lancar tanpa getaran atau goyangan berlebihan.

Cara balancing mobil yaitu dengan roda dikeluarkan dari kendaraan dan masuk ke mesin penyeimbang. Mesin ini akan menentukan titik beban harus ditempatkan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Balancing

Untuk menyeimbangkan roda, teknisi akan menggunakan mesin khusus untuk mengukur distribusi bobot roda dan kemudian menambah atau mengurangi bobotnya. Dengan memastikan keseimbangan, Anda dapat meningkatkan kenyamanan berkendara, pengendalian keselamatan, termasuk memperpanjang umur ban.

“Balancing berguna untuk memastikan keseimbangan antara ban dan roda agar perputarannya mulus. Sehingga lebih stabil saat berkendara.” 

Fungsi Balancing Mobil

Fungsi Balancing

Apa saja fungsi dari balancing tersebut? Begini penjelasannya :

1. Meningkatkan Performa Kendaraan

Penyeimbangan roda memungkinkan Anda mendapatkan performa terbaik dari unit kendaraan Anda. Ban yang terpasang pada bagian luar roda adalah satu-satunya bagian yang bersentuhan dengan jalan. Maka, sangat penting untuk menjaga performa agar tetap optimal.

2. Efisiensi Bahan Bakar

Roda yang seimbang akan bertahan lebih lama, meningkatkan penanganan, meningkatkan penggunaan bahan bakar lebih efisien, dan mengurangi kerusakan pada komponen lain kendaraan Anda.

Sementara, ketidakseimbangan pada roda dapat memicu ban tipis secara tidak rata, getaran roda kemudi, dan masalah lain. Sehingga dapat memengaruhi pengendalian dan performa kendaraan Anda.

3. Hemat Penggunaan Ban

Penyeimbangan tersebut menyempurnakan kinerja ban Anda. Oleh karena itu menyeimbangkan keempat komponen secara sekaligus akan meningkatkan pengalaman berkendara dan menghemat uang dengan meningkatkan penghematan bahan bakar.

Sebaiknya, Anda melakukan pemeliharaan ini setiap kali roda dan ban dilepas. Jika Anda mengalami kebocoran dan sedang mengalami perbaikan atau pergantian dengan yang baru, maka perlu diseimbangkan sebelum dipasang kembali ke kendaraan.

Baca Juga : Spooring Adalah

Biaya Balancing

Biaya Balancing

Biaya penyeimbangan bervariasi berdasarkan faktor-faktor seperti merek dan model kendaraan termasuk lokasi. Demikian pula pilihan bengkel dan layanan yang ditawarkan oleh jasa tersebut.

Lantas, berapa biaya balancing ban mobil? Untuk pemeliharaan ini, kisaran biayanya Rp50.000 hingga Rp150.000 untuk setiap roda. Harga tersebut berdasarkan penelusuran di beberapa layanan di Indonesia.

Hubungi penyedia layanan setempat Anda untuk perkiraan yang tepat mengenai pemeliharaan tersebut. Bandingkan penawaran dan tanyakan tentang layanan atau biaya tambahan.

Selain itu, pertimbangkan nilai keseluruhan yang Anda bayarkan untuk perawatan secara rutin untuk memastikan pengalaman berkendara yang aman dan lancar. Pastikan untuk memilih layanan terpercaya, kredibel dan memenuhi standar.

Kapan Harus Dilakukan Balancing?

Kapan Harus Dilakukan Balancing

Jika kendaraan Anda mulai sering bergetar, kemungkinan besar setidaknya salah satu roda Anda perlu mendapatkan penanganan. Kondisi ini tidak hanya menyulitkan lantaran Anda harus berkendara dengan komponen yang tidak seimbang.

Namun kondisi ini dapat menyebabkannya menjadi botak, bergetar permanen, dan keausan yang tidak merata. Berikut adalah ciri ciri mobil harus di balancing :

1. Getaran Berlebihan

Perubahan bobot sekecil apapun pada ban sudah cukup untuk menimbulkan getaran yang nyata. Yang paling jelas Anda rasakan adalah melalui roda kemudi. Ketika ban menjadi semakin tidak seimbang, getaran akan meningkat di seluruh kabin kendaraan.

2. Masalah Kemudi

Keempat ban perlu untuk mengerahkan tenaga yang cukup besar ke tanah saat berbelok. Ketika semakin tidak seimbang, maka akan semakin keras Anda berjuang untuk membelokkan kendaraan.

3. Komponen Suspensi dan Kemudi yang Aus

Guncangan, pegas dan komponen lain pada kemudi kendaraan Anda mengalami tekanan yang luar biasa ketika ban tidak seimbang.

4. Penghematan Bahan Bakar Berkurang

Anda mungkin merasakan bertambahnya penggunaan bahan bakar karena kendaraan Anda harus bekerja ekstra keras untuk melaju di jalanan.

5. Keausan Ban

Hal yang paling jelas adalah beberapa ban Anda akan mudah untuk cepat tipis dengan kondisi roda tidak seimbang.

Dengan kata lain, jika roda tidak seimbang dengan benar, hal ini dapat menimbulkan getaran dan keausan yang nyata. Gejala-gejala tersebut dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan pengemudi dan penumpang, serta kesehatan kendaraan secara keseluruhan.

Penting untuk mengatasi segala kegoyahan melalui penyeimbangan roda untuk memastikan pengalaman berkendara yang mulus dan aman.

Rata-rata, keseimbangan dan penyelarasan harus Anda lakukan setiap 5.000 hingga 6.000 kilometer dan secara otomatis setiap kali Anda mengganti komponen baru.

Namun, jangan menunda untuk melakukannya, daripada Anda menyesal dan mengeluarkan lebih banyak biaya.

Kesimpulan

Balancing adalah tugas pemeliharaan wajib untuk memastikan roda unit kendaraan Anda bergulir secara merata dan lancar.

Dengan demikian, akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan stabil. Sehingga, kendaraan Anda akan terasa lebih nyaman karena tidak bergetar saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, pemeliharaan ini juga dapat mencegah beberapa komponen menjadi lebih cepat rusak. Agar komponen ini tetap dalam kondisi prima, maka Anda wajib melakukan pengecekan dan pemeliharaan tepat waktu.

Anda bisa memanfaatkan fitur GPSKU dengan memasang GPS Tracker Mobil untuk memastikan jadwal perawatan kendaraan Anda tidak terlewatkan.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU