Aturan Bawa Sepeda di Mobil, Awas Kena Tilang!

Bersepeda menjadi pilihan banyak orang di masa pandemi Covid-19. Selain untuk menjaga kebugaran, bersepeda juga bisa digunakan untuk mengisi waktu libur . Banyak penggemar sepeda yang menggunakan kendaraan pribadi untuk membawa sepeda di mobil dan perlengkapannya ke tempat bermain seperti tempat tujuan wisata yang jauh dari tempat tinggal anda.

Jika Anda memahami aturan bawa sepeda di mobil, tidak ada masalah terutama dalam hal keselamatan lalu lintas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membawa sepeda menggunakan mobil

Misalnya, kemampuan mengangkut dimensi mobil atau sepeda. Karena terdapat kasus Beberapa minggu lalu, seorang pengendara sepeda yang ditahan polisi menjadi viral di media sosial

Karena memasukkan sepedanya ke dalam mobil. Maka dari itu kami berniat ingin memberikan tips bagaimana memuat sepeda pada kendaraan :

Cek Aturan Bawa Sepeda di Mobil Agar Tidak Kena Tilang

aturan bawa sepeda di mobil

Tips yang pertama Perhatikan Kapasitas  Beban Mobil

Yang mana Setiap mobil memiliki beban atau beban maksimal yang harus dipatuhi pemiliknya. Karena Kendaraan yang kelebihan muatan sulit dikendalikan akan menyebabkan mudah tersentak dan kurang stabil,

Serta bisa mempengaruhi  bagian-bagian penting seperti ban dan rem beroperasi. Apalagi di musim hujan, jika dibiarkan begitu saja, risiko keselamatan diri anda. Kapasitas beban maksimum dapat dihitung secara manual sebenarnya.

Memasukkan Sepeda ke dalam mobil membuat praktis, sehingga biasanya diletakkan di dalam mobil. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diingat.

Jika sepeda Anda terlalu besar, jangan paksa masuk karena dapat merusak panel interior dalam mobil. sebendarnya Anda dapat melepas bagian-bagian sepeda dan menyimpannya di dalam kotak agar tidak berantakan.

Letakkan di tempat yang aman atau amankan agar tidak terjatuh, misalnya saat berhenti mendadak.

Dan perlu di perhatikan juga Untuk mencegah sepeda bergerak, jangan berdiri atau meninggalkannya di dalam mobil tanpa penyangga jika terjadi guncangan atau getaran mobil yang membuat fokus berkendara terganggu.

Maka pastikan  terlebih dahulu sepeda yang anda masukan ke dalam mobil aman dan tidank mengganggu saat berkendara.

Sama halnya dengan mengenakan sabuk pengaman untuk mencegah penumpang terlempar ke dalam yang mana akan menyebabkan resiko kecelakaan  tabrakan dengan sepeda.

Pastikan semua penumpang atau pengemudi bisa duduk dengan nyaman tanpa terganggu dengan keberadaan sepeda.

Sebab hali ini Sama pentingnya adalah memastikan bahwa sepeda tidak menghalangi pandangan belakang pengendara. Yang membuat terjadinya resiko kecelakaan.

Baca Juga Wuling Cortez CT, Lihat Desain, Spesifikasi & Interior Terbaru

Tips Kedua adalah Gunakan Rak Sepeda pada mobil

Terdapat dua jenis rak sepeda: bagian belakang atau  atap mobil untuk  rak sepeda. Sebelum memutuskan untuk menggunakannya,

Anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam memilih rak sepeda yang mana harus memiliki standar dan jaminan kualitas yang baik.

Tentu saja, yang paling menarik adalah apakah rak sepeda yang Anda beli memiliki dealer resmi atau bukan.

Sebab jika kita perhatikan Hal ini memudahkan ketika Anda mengalami masalah. Sebab Dirancang khusus untuk mengangkut sepeda, kedua jenis rak sepeda memenuhi standar keamanan global dalam penggunaan.

Anda harus mempelajarinya, termasuk aturan penggunaan. Disaat kita ingin memesan rak sepeda pada mobil.

Maka harus Hati-hati saat menggunakan rak sepeda. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat memasang rak sepeda di atap.

Pertama-tama, jika sepeda berada di atap, ketinggian kendaraan akan menambah tinggi, yang akan menjadi penghalang saat melewati portal.

Ingatlah bahwa ada beberapa kendaraan yang sudah memiliki indicator dapat menampilkan tanda peringatan di dasbor.

Selain itu jika sepeda di tempatkan di atap mobil membuat  butuh waktu untuk naik dan turun dari atap mobil.

Bagaimana dengan rak sepeda di belakang bagasi atau rak bagasi? Apalagi jika anda memiliki kendaraan yang tipe sedan, sulit parkir di tempat yang sempit karena panjang kendaraan yang panjang, akses ke sepatu bot berkurang, dan pandangan belakang pengemudi dibatasi.

Selain itu, panjang sepeda tidak boleh melebihi lebar mobil agar tidak menghalangi pandangan dari kaca spion samping dan untuk mencegah kecelakaan karena terlalu lebar.

Jika ban Sepeda melewati lebar kendaraan, maka anda harus lepaskan ban dari sepeda Anda dan pastikan sepion tidak terhalang .

Tips ketiga Adalah pastikan Kendaran Dalam Kondisi Prima

Pastikan juga mobil Anda dalam kondisi prima. Tidak hanya sepeda dan perlengkapannya, tetapi juga mobil harus dalam kondisi baik.

Untuk menambah beban pada sebuah mobil, tentunya Anda membutuhkan sebuah mobil yang handal dan penunjang yang tepat seperti rem mobil, kemudi dan kaki-kaki. “Mengendarai sepeda ke tempat wisata memang kegiatan yang menyenangkan,

Namun  perlu belajar mengendarai sepeda di mobil yang tepat demi kenyamanan dan keselamatan semua pengguna jalan lainya”

Tips keempat Adalah Keamanan Kendaraan

Jika kita sudah memperhatikan hal yang kami paparkan di atas, maka tips selanjutnya keamana kendaraan saat di tingga berseped, hal ini sangat penting yang harus benar-benar di perhatikan,

Kadang kebanyakan orang memalkirkan mobil sembarangan saja, maka gunakanlah sistem keamanan kendaraan yang baik seperti Alarem kendaraan, namun alarem kendaraan pun tidak cukup, anda juga harus menggunakan sistem pelacakan Atau GPS Tracker untuk memastikan kendaraan anda tetap terpantau walau lokasi anda dan mobil tidak berdekatan.

Maka dari itu empat hal bawa sepeda di mobil harus anda perhatikan, sebab ini akan membantu anda dalam memngatasi masalah saat bersepeda, kami berharap selalu perhatikan akan keselamatan diri anda maka dari itu semoga artikel ini menjadi solusi memecahkan masalah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2021 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia