Panduan Praktis Cara Membaca Ukuran Ban Mobil Melalui Kode

Pernahkan Anda terpikirkan, apa fungsi dan arti dari tulisan di sisi ban kendaraan? Ternyata, kombinasi nomor dan huruf tersebut bukan sekadar kode melainkan berisi sejumlah informasi “tersembunyi”. Termasuk ukuran ban. Lalu, bagaimana cara baca ukuran ban mobil melalui kode tersebut?

Cara Baca Ukuran Ban Mobil dan Arti Kodenya

Merk ban mobil terbaik apa pun yang Anda pakai, pasti di sisi ban tercantum tulisan berupa deretan nomor yang berkombinasi dengan huruf.

Sebagai contoh cara baca ukuran ban mobil, cermati gambar berikut.

kode ban mobil

Kombinasi yang tertulis dari gambar ban di atas, yaitu P 255/45 R20 105V XL.

Melalui kombinasi tersebut, ada sejumlah informasi yang bisa Anda peroleh. Termasuk standar yang pas untuk ban pengganti. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan ban yang ukurannya ideal dan pas dengan velg yang Anda pasang saat ini.

“Ban yang ideal ukurannya mampu meningkatkan performa mobil dan menjamin keselamatan juga kenyamanan Anda sewaktu berkendara.”

Lebih detail, berikut cara baca ukuran ban mobil.

1. Cara Baca Ukuran Ban Mobil Melalui Kode yang Terdera Berdasarkan Jenis Kendaraan

ban truk ringan kode LT

Saat melakukan cara baca ukuran ban mobil, ada huruf yang mengawali sederet kode ban. Huruf pertama, mengacu pada informasi jenis kendaraan apa yang pas untuk ban.

Kode P ini adalah tipe ban standar yang banyak terpasang di mobil angkutan penumpang atau pemakaian sehari-hari. Kemudian, LT untuk jenis truk ringan.

Meski begitu, huruf P tidak melulu tercantum di ban. Namun, kode ini bisa Anda temukan pada rangkaian depan kode, sebelum deretan angka yang mengikutinya. Huruf P juga merujuk pada sistem Amerika Serikat bernama P-metrik sebagai pengukurannya.

Umumnya, ban kode P bisa Anda pasang pada ragam mobil harian, SUV atau truk kecil, minivan, dan crossover.

Selain itu, tersedia jenis kode lain, yaitu C, ST, dan T.

Kode Arti
LT Light Truck

Seperti namanya kode ban “LT” adalah ban truk ringan. Ban ini dirancang untuk mobil pikap yang lebih besar juga dirancang untuk kendaraan dengan kapasitas ¾ ton hingga 1 ton.

P Passenger
C Ban van komersial
ST Special Trailer. Sesuai dengan namanya, ini untuk semua jenis trailer mulai dari utilitas hingga roda kelima.
T Temporary adalah ban serep yang pemakaiannya dalam durasi singkat.

2. Lebar Ban

Cara baca ukuran ban mobil yang kedua adalah dengan melihat 3 digit angka tepat setelah huruf jenis kendaraan mengindikasikan lebar ban. Tiga nomor ini menggunakan satuan milimeter, sedangkan pengukuran dari satu sisi ke sisi lain pada titik terlebar ban.

Dalam contoh ini, lebar ban, yaitu 255 mm.

3. Rasio

Rasio aspek secara tidak langsung memberitahu Anda seberapa tinggi ban Anda. Hal ini dinyatakan sebagai persentase lebar ban.

Pada contoh, aspek rasionya, yaitu 45.

Jadi, tinggi ban adalah 45% dari lebarnya 255 milimeter.

Menghitungnya dengan 45% x 255 sama dengan 114,75 milimeter.

Cara menghitungnya tetap sama meski nomor berbeda.

4. Ragam Konstruksi Ban

Langkah selanjutnya sebagai cara baca ukuran ban mobil adalah melihat huruf opsional selanjutnya yang mengikuti rasio aspek menunjukkan bagaimana bodi ban dibuat.

Konstruksi standar untuk hampir semua ban konsumen ialah lapisan radial atau kodenya berupa huruf R. Tipe pola lainnya dapat berupa B (lapis bias) atau D (diagonal) juga RFT (run flat tire).

Perbedaan utama dari ragam konstruksi ini adalah bagaimana susunan pola benang yang membentuknya. Yang mana varian ini memengaruhi performa juga jenis kendaraan yang pas untuk pemasangan ban tersebut.

5. Diameter Velg

Selanjutnya ada dua digit nomor yang menandakan bahwa itu diameter ideal untuk pemasangan ban tersebut. Pengukuran ini dinyatakan dalam inci.

Velg mobil terbaik yang ideal untuk contoh ban di atas adalah pelek berukuran 20 inci.

6. Kemampuan Menahan Beban

Kemudian, angka 105 merujuk pada indeks beban.

Indeks beban ban secara tidak langsung menyatakan seberapa besar tekanan yang mampu sebuah ban tanggung.

Nomor ini tidak dinyatakan secara langsung dalam satuan kilogram atau satuan pengukuran berat lainnya. Ini lebih merupakan kode numerik yang digunakan bersama dengan tabel referensi standar untuk mencari beban aman aktual ban dalam satuan berat, juga pada tekanan inflasi maksimum.

Dalam contoh ini, angka 105 berarti ban mampu menahan beban maksimal sebesar 925 kilogram.

Lebih lengkap, perhatikan tabel indeks beban berikut.

tabel indeks beban ban

7. Rating Speed Ban

Secara tidak langsung, kode huruf V menyatakan nilai kecepatan atau speed ban. Kode ini bisa Anda pakai untuk mencari laju maksimum yang bisa ban tahan dengan aman sewaktu kendaraan terisi penuh (sesuai dengan peringkat indeks bebannya) dan melaju.

Dalam hal ini, huruf V maksudnya ban mampu mencapai kecepatan berkelanjutan hingga 149 mil per jam.

Kode lain, yaitu Q, S, U, Y, T, W, Z, dan H.

Masing-masing kode memiliki batas aman pada kecepatan tertentu.

Berikut kode dan batas maksimum kecepatannya.

Kode Batas Maksimum
H 130 mil per jam
Q 100 mili per jam
R 106 mili per jam
S 112 mili per jam
T 118 mil per jam
U 124 mili per jam
V 149 mili per jam
W 168 mili per jam
Y 186 mili per jam
Z di atas 149 mili per jam

Untuk mendapatkan ukuran yang tepat, Anda bisa cek plakat di pintu pengemudi. Umumnya di sana terdapat keterangan tambahan untuk load speed ini.

8. Kapasitas Muat

Cara baca ukuran ban mobil yang terakhir, kode XL atau lainnya di urutan terakhir menunjukkan kapasitas muat. Artinya, jika XL Anda bisa memuat lebih banyak dari kapasitas standar. Namun, tentu tidak boleh berlebihan.

Kode lainnya, yaitu XL (extra load), HL (high load) atau Reinforced. Ketiganya adalah tipe ban berdaya muat lebih besar dari dimensi standar. Ban kode ini perlu Anda ganti dengan ban berkode sama. Contoh untuk ban HL, ban penggantinya juga harus ban HL.

Kesimpulan

Jadi, gabungan huruf dan nomor: P 255/45 R20 105V XL adalah ban khusus penumpang dengan lebar sebesar 255 milimeter berasio 45 % atau setinggi 114,75 milimeter berkonstruksi radial. Untuk peleknya, gunakan yang diameternya 20 inci.

Ketika menggunakan ban ini, sebaiknya Anda tidak melebihi daya muat total beban, yakni 925 kilogram dengan batas laju maksimum ada di 149 mil per jam. Perhatikan juga hal ini ketika mencoba cara baca ukuran ban mobil.

Dengan mengetahui cara baca ukuran ban mobil dan arti kode ini, Anda menjadi lebih gampang mendapatkan ban mobil pengganti. Bila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai ban dan peralatan mobil lainnya, silakan kunjungi website resmi GPS Tracker.

contact-us-donk