6 Cara Memakai mobil Matic Untuk Pemula

GPSKU – Stereotip mengendarai mobil matic lebih mudah daripada mengendarai mobil bertransmisi manual. Pernyataan ini ada benarnya, namun bukan berarti Anda tidak membutuhkan keahlian untuk menggunakan mobil bertransmisi otomatis. Padahal, mengendarai mobil juga membutuhkan keterampilan. Berkaitan dengan hal tersebut, ada beberapa pilihan yang perlu Anda perhatikan agar Anda bisa menggunakan mobil tersebut. Lihat ulasan di bawah ini tentang cara memakai mobil matic dengan benar untuk pemula.

Cara Memakai mobil Matic Untuk Pemula Dengan Mudah Dan Aman

Cara Memakai mobil Matic

Untuk mengendarai mobil, Anda membutuhkan jalur yang tepat untuk menjaga keawetan kendaraan roda empat ini. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengendarai mobil dengan transmisi otomatis: Cara ini untuk pemula dan pengemudi yang baru mengenal mobil matic.

Memahami fungsi tuas persneling karmatic atau girboks

Transmisi matic merupakan spare part mobil matic yang sangat penting. Beberapa pengaturan gigi seperti P, D, R, N, M Banyak ditemukan pada mobil matic saat ini. Penting untuk memahami fungsi tuas transmisi agar Anda dapat mengemudikan kendaraan matic dengan aman. Pemahaman ini juga membantu untuk menghindari kesalahan saat memindah transmisi otomatis di dalam mobil.

Gunakan mode operasi

mobil matic dilengkapi dengan dua type berkendara yang bisa dioperasikan, yaitu mode sport dan mode ekonomis. jika sobat ingin berkendara dengan santai dan tidak memerlukan kecepatan tinggi, maka pilihannya sobat bisa menggunakan mode operasi ekonomis. namun jika ingin mengemudi dengan kecepatan tinggi, tinggal dipindahkan modenya dari ekonomis menjadi sport. Mode berkendara ini membuat performa mobil lebih efektif.

Pastikan tuas transmisi berada di posisi yang benar

dengan memastikan tuas transmisi berada pada posisi yang benar adalah salah satu faktor penting bagi pemula pengguna mobil matic. sebab, jika salah memposisikan perseneling maka akan mengakibatkan hal-hal yang tak terduga. sebelum anda menyalakan mobil, maka pasatikan posisi perseneling berada diposisi P atau boleh juga pada posisi N.

dan harus dicermati posisi perseneling tidak berada pada posisi R atau mundur saat sebelum menyalakan mobil. jika tuas berada pada posisi R maka saat dinyalakan mobil akan bergerak mundur. Kendaraan yang dilengkapi dengan transmisi otomatis hanya dapat dihidupkan jika transmisi otomatis berada pada posisi P atau N.

Baca Juga Cara Memperbaiki Flasher Motor Yang Rusak

Jangan menyalakan mesin secara langsung

Jangan menyalakan mesin mobil segera setelah Anda mulai memasukkan kaki otomatis ke dalam lubang. Namun, Anda harus menunggu hingga tangan berputar dan indikator mobil menyala atau menyala. pada beberapa mobil matic, suara bising pertanda bahwa kondisi mobil dalam keadaan menyala dan hidup. dan jika semua indikator mobil menyala maka sobat bisa dengan aman menghidupka mesin mobil.

Selalu tekan pedal rem saat mobil distarer

Jika Anda tidak menginjak pedal rem, mesin tidak akan hidup pada kendaraan yang dilengkapi dengan transmisi otomatis. Oleh karena itu, Anda perlu menginjak pedal rem saat menstarter mobil. Tindakan ini tidak diperlukan pada beberapa mobil lain, tetapi Anda dapat membuatnya lebih mudah untuk memulai dengan menginjak pedal rem saat memulai mobil.

Injak pedal rem sambil menggerakkan tuas

Saat mesin otomatis mobil dalam keadaan hidup, gigi otomatis mobil yang semula pada posisi N atau P, harus digeser ke posisi tuas transmisi D atau R. Namun, saat menggerakkan tuas persneling ini, pedal rem perlu dioperasikan. Tindakan ini memiliki tujuan agar mobil tidak bergerak loncat kedepan.

nah, jika sobat sudah mahir tentang cara memakai mobil matic ini, maka mobi matic kesayangan sobat tinggal dipasang gps mobil nih agar lebih aman dan mobil sobat bisa selalu dipantau secara realtime 24 jam nonstop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lets Chat 24H
1