Tips Cara Memotong Rantai Motor Yang Benar

GPSKU – Sebenarnya banyak sekali pekerjaan bengkel yang bisa kita lakukan di rumah, jadi kita tidak perlu membawanya ke bengkel setiap kali kita merusak sepeda motor, dan juga lebih irit. di kantong kita karena kita hanya membutuhkan tenaga kita tanpa harus mengeluarkan biaya, setidaknya jika kita memperbaiki sendiri tentunya memiliki kepuasan tersendiri jika apa yang kita lakukan berhasil. Ibarat memotong rantai sepeda motor, bisa dikatakan sesuatu yang jika kita ingin melakukannya akan sangat mudah.

Pekerjaan-pekerjaan tersebut di atas dapat dilakukan di rumah, bahkan dengan alat-alat yang biasa kita jumpai di rumah, mulai dari obeng, tang atau palu. Namun sebenarnya ada beberapa rantai terutama rantai bawaan pabrik yang tidak memberikan sambungan, yaitu dibuat langsung dalam bentuk melingkar, sehingga jika ada bagian dari motor ini mengeluarkan suara dengung karena lebih panjang dari yang pertama kali.

kami menggunakannya, karena efek penggunaan atau rantainya rusak. memiliki umur yang cukup panjang, dan posisi poros telah diposisikan ke belakang sendiri, suka atau tidak suka Anda harus memotongnya.

Tetapi jika hal ini terjadi dan jenis kawat yang Anda gunakan sama dengan yang kami sebutkan sebelumnya, tidak boleh dipersingkat atau dipotong, tetapi harus diganti dengan yang baru, karena pada dasarnya telah dapat dianggap sekali pakai.

Berbeda dengan model rantai dengan link, para pecinta mobil dapat mengambil jalan pintas, namun demikian, saat menyambung kembali, pastikan untuk menghindari hal-hal yang tidak perlu saat mengendarai sepeda motor di jalan dan perlu dikencangkan.

Berbicara tentang memotong rantai, ada cara manual yang cukup melelahkan, namun ada juga cara yang lebih mudah dan praktis. Ini adalah cara untuk menggunakan pemotong rantai yang dirancang khusus untuk mendukung tugas ini, yang disebut pemutus rantai di aftermarket sepeda motor.

Jika Anda tidak ingin repot lagi di toko yang menyediakan alat reparasi, Anda juga bisa membelinya di toko online. Simak ulasan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut tentang cara memotong rantai motor yang baik dan benar sobat.

2 cara Dalam Memotong Rantai Motor yang bisa Sobat Coba di Rumah

Cara Memotong Rantai Motor

Cara Memotong Rantai Motor Menggunakan Bantuan Alat

Cara pertama ini sangat mudah dilakukan oleh para pecinta mobil di rumah tanpa bantuan orang lain, namun ada petunjuk bahwa mereka sudah memiliki alat yang bernama pemutus rantai. Penggunaan alat ini sangat mudah, seperti melepas rantai, melepas pengait, dan lebih khusus lagi melepas pin rantai mesin. Di sisi lain, Anda juga bisa memasang kembali rantai sepeda motor dengan benar.

1. Lepas rantai yang terpasang pada sepeda motor untuk meningkatkan kelenturan saat memotong bagian rantai yang diinginkan.

2. Gunakan alat yang disebut pemutus rantai untuk memotong rantai menjadi dua dan letakkan rantai sesuai dengan alat tersebut.

3. Setelah itu, kencangkan bagian yang bulat seperti busur agar bagian rantai yang terpotong tidak terlepas saat Anda melepas pin.

4. Jika Anda memilikinya, hitung jumlah tautan yang ingin Anda putuskan.

5. Saat menghitung jumlah tautan, lepaskan bagian dan pasang ke sepeda motor, lalu hitung jumlah pastinya. Anda harus berhati-hati agar ini tidak bekerja dua kali kemudian.

6. Setelah semua selesai, langkah terakhir sobat tinggal pasang saja.

7. Untuk menggantinya, perhatikan kembali langkah 3, pastikan pin terpasang dengan benar, lalu kencangkan pengait agar tidak kendor.

Baca Juga 3 Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet

Cara memotong rantai secara manual

1. Langkah pertama sobat memotong langsung pin rantai dengan gerinda agar mata rantai mudah dilepas nantinya.

2. Hitung jumlah tautan yang dihapus.

3. Kemudian letakkan mur yang disebutkan dalam deskripsi sebelumnya di tengah pin.

4. Selanjutnya, jika Anda merasa peniti di tengah lubang mur pas di bawahnya, cukup lepaskan paku dan letakkan tepat di atas peniti.

5. Kemudian teman saya memakunya dengan paku yang keras dan dengan cepat melepaskan pin dari rantai.

6. Saat menyambungkan kembali rantai, lakukan langkah 3, 4, dan 5 dan ingat untuk memasang pengait.

7. Akhirnya, penggemar mobil cukup menyambungkan ke mesin dan mengukur kembali tegangan rantai jika diperlukan.

Memotong rantai motor manual terlihat sangat rumit karena harus menyediakan banyak alat pendukung, tetapi jika Anda tidak memiliki alat yang dimaksud pada cara pertama di atas, ini sangat efektif.

Alhasil, cara pemotongan rantai sepeda motor dengan alat atau manual sama-sama bagus dan kokoh asalkan pin yang akan disambungkan kembali berada pada posisi yang benar. Ingatlah untuk memasang kembali pengait dan periksa hal berikut: Rantai tidak akan kendor saat kembali diservis.

Nah, jika sudah tahu cara memotong rantai dengan benar maka tinggal pasang gps motor untuk mengamankan selalu motor anda dari maling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lets Chat 24H
1