3 Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet

GPSKU – Fungsi rantai motor adalah bertujuan sebagai media untuk menggerakan roda belakang, tepatnya ialah dengan meneruskan putaran mesin dari counter shaft transmisi pada roda belakang motor. Memahami cara merawat rantai motor itu sendiri sangat penting agar awet  dan tidak berkarat.

Karena memiliki fungsi yang penting, rantai motor perlu perawatan agar lebih kuat dan tahan lama, salah satunya dengan sering memakai pelumas rantai motor biar rantai tidak kering dan berkarat.

Sehingga kinerja putaran mesin ke roda belakang yang disambungkan oleh rantai bisa bekerja dengan maksimal tanpa kendala. Dan beberapa penyebab rantai keteng aus ialah jarang diberikannya pelumas pada rantai.

Cara setting rantai cukup dengan membuka mur pada roda belakang, lalu kendurkan baut setelah itu putar mur untuk di sesuaikan sesuai tingkat kekencangan rantai, lalu kencangkan Kembali semua mur dan baut.

3 Cara Merawat Rantai Motor Agar Tidak Berkarat Dan Biar Awet

cara merawat rantai motor agar awet

1. Mengenali Bagian Pada Rantai

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang cara merawat rantai motor, ketahui terlebih dahulu komponen yang ada pada rantai motor.

Pada dasarnya rantai motor sudah terhubung dengan drive spocket (gear mesin) dan driven spocker (gear pada roda motor). Rantai sendiri terdiri dari roller link silih tersambung yang disatukan dengan ahli link selaku penyambung 2 bagian rantai.

Tidak hanya itu cermati penentuan tipe rantai yang dipakai, ada perbandingan dimensi rantai motor bebek serta sport. Perbandingan terdiri dari dimensi jauh rantai serta dimensi luas dari roller link.

Baca Juga Cara Merawat Motor Yang Jarang Dipakai

2. Jarak Bermain Bebas

Jarak bermain leluasa rantai roda bisa dibilang perihal berarti dalam membenarkan batasan kekenduran dari rantai roda buat memperoleh daya yang maksimal dari sepeda motor. Para konsumen sepeda motor bisa memandang batasan jarak bermain leluasa yang tercetak para stiker yang terletak cover rantai.

Dalam mengukur kekencangan rantai roda, para konsumen sepeda motor wajib membenarkan sepeda motor terletak pada posisi standar tengah serta posisi gigi adil, setelah itu putar roda buat menciptakan kekenduran rantai yang sangat kecil.

Dan yang terakhir, dengan menggunakan penggaris khusu untuk mengukur tingkat kendornya rantai motor, tingkatannya mulai dari yang paling kecil atau pas Ketika di tengah – tengah antara dua sprocket.

3. Maanfaatkan Pelumas

Saat sebelum membagikan pelumas rantai motor, para bikers butuh melaksanakan eliminasi rantai dengan memakai larutan pembersih( detergen) serta disikat memakai sikat kecil,

berikutnya bisa dicoba pengeringan dengan memakai kain kering pada semua bagian rantai. Dalam melaksanakan cara pembersihan, jauhi memakai larutan pembersih yang gampang terbakar.

Apabila rantai motor sudah tidak layak pakai, harap diganti dengan yang baru, terdapat beberapa varian rantai motor harga nya, mulai dari 250k – 350k, cukup terjangkau bukan untuk kebutuhan sehari – hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2022 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia