3 Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil Yang Benar

GPSKU – Pompa bahan bakar adalah suatu komponen kendaraan yang bertujuan untuk menyalurkan bensin ke injektor sesuai dengan kebutuhan mesin. Jika rusak, ada cara memperbaiki fue pump mobil yang bisa dicoba diulasan dibawah ini ya.

Tidak banyak orang yang tahu seperti apa metode ini. Padahal, pompa bahan bakar yang rusak bisa diperbaiki dengan cara swalayan di rumah atau dengan membawa mobil ke bengkel. Ada beberapa karakteristik yang dapat dikenali yang mengindikasikan kegagalan pompa bahan bakar. Untuk pemula, tanda-tanda ini sering diabaikan.

Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil Yang Bisa Sobat Coba!

Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil

1. Periksa bagian relai pompa bahan bakar

Relai pompa bahan bakar adalah komponen yang berfungsi sebagai sakelar elektronik saat arus mengalir, sehingga pompa bahan bakar dapat beroperasi secara normal. Anda perlu melepas relai dari soket dan kemudian memeriksa resistansi terminal 3 dan 5.

Hasil tipikal biasanya lebih dari 10 kiloohm (Ω). Selanjutnya, periksa terminal yang sama yang memiliki tegangan tambahan antara terminal 1 dan 2. Hasil standar yang harus ada adalah kurang dari 1Ω.

2. Inspeksi komponen wire harness pompa bahan bakar

Pompa bahan bakar juga terdiri dari wire harness. Harness kawat memiliki perbedaan alias bervariasi dari satu mobil dan mobil lain, karena ini menjadi bagian dari sistem kelistrikan mobil itu sendiri.

Di bagian ini, Anda perlu memeriksa kemungkinan korsleting listrik. Urutan tesnya adalah sebagai berikut: Pengujian koneksi antara pin FC1 dan relai F/P memberikan hasil standar kurang dari 1Ω. Jika Anda memeriksa koneksi antara konektor FC1 atau relai F / P dan ground tubuh, Anda akan mendapatkan hasil standar 10 kΩ atau lebih.

Periksa sambungan terminal relai F/P ke pompa bahan bakar. Hasil standar kurang dari 1Ω. Jika Anda memeriksa rasio terminal motor pompa 3 dengan berat badan, Anda akan mendapatkan hasil standar 10Ω atau lebih. Periksa sambungan terminal motor pompa 4 ke ground bodi. Hasil standar kurang dari 1Ω.

Baca Juga 4 Motor Matic Keluaran Terbaru Tahun 2022

3. Periksa ketahanan pompa bahan bakar

Cara terakhir untuk memperbaiki pompa bahan bakar mobil adalah dengan memeriksa tahanan motor pompa. Tujuannya untuk mengetahui cara kerja motor pompa. Ini sangat penting karena resistansi dapat memperlambat motor pompa jika terlalu tinggi. Ketika motor pompa melambat, banyak masalah lain terjadi, seperti pasokan bahan bakar yang tertunda dan tekanan bahan bakar yang rendah.

Verifikasi langkah ini dilakukan dengan melepas terminal pompa bahan bakar dan mengukur tahanan terminal 3 dan 4. Biasanya, hasil standar yang diperoleh berkisar antara 0,2 hingga 0,3 pada suhu 20 derajat Celcius. Jika ada perbedaan besar, motor pompa perlu diganti.

Fungsi pompa bahan bakar otomatis

Pertama, pahami apa artinya dan peran pentingnya. Sederhananya, pompa bahan bakar dikenal sebagai pompa bahan bakar. Komponen ini memiliki tanggung jawab agar saluran bensin ke injektor dan memastikan pasokan bensin ke mesin berfungsi dengan normal dan baik.

Pompa bahan bakar tidak hanya sebagai pompa bahan bakar, tetapi juga berperan dalam menstabilkan tekanan bahan bakar pada tingkat yang tinggi. Sebenarnya, ada dua jenis komponen ini: pompa mekanis dan pompa elektrik. Tapi sekarang, kebanyakan mobil baru 2022 menggunakan lebih banyak pompa bahan bakar listrik. Stasiun pengisian biasanya memiliki banyak komponen listrik yang rentan.

Kerusakan pada bagian-bagian tersebut dapat menurunkan tekanan bahan bakar dan menurunkan performa mesin kendaraan. Jika Anda yakin komponen dispenser Anda rusak, yang terbaik dan paling aman adalah membawanya langsung ke bengkel.

Namun, jika pengemudi atau pemilik kendaraan memiliki pengetahuan yang cukup tentang mesin mobil dan dapat memperbaikinya secara mandiri, solusi lain dapat diterapkan.

Nah, jika sudah mengetahui fungsi dan cara memperbaiki fuel pump mobil, jangan lupa untuk selalu memasang gps mobil pada kendaraan kesayangan sobat agar keamanan mobil selalu terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2022 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia