Langkah-langkah Cara Memperbaiki Speedometer Motor Digital Yang Benar

GPSKU – Untuk memperbaiki segala hal tentang motor memang bukan perkara yang sulit dilakukan, terlebih cara memperbaiki speedometer digital motor untuk ahlinya, namun berbeda dengan anda yang kurang memahami tentang otomotif, ini akan menjadi sulit dan bahkan bisa menjadi masalah yang rumit.

Speedometer adalah salah satu alat untuk mengukur kecepatan laju sepeda motor ketika motor berjalan atau ketika mengendarai motor.

Bagi motor yang menggunakan speedometer digital, maka wajib hukumnya memahami cara memperbaikinya jika sewaktu-waktu speedometer anda rusak, dengan teknik dasar yang bisa difahami, maka anda bisa dengan sigap menangggapi jika hal-hal buruk terjadi.

Speedometer menjadi sangat penting ketika dalam perjalanan, walaupun speedometer ini rusak atau tidak berfungsi dengan baik, dan motor tetap bisa berjalan. Namun anda sebagai pemilik memiliki kewajiban untuk tetap menjaga kondisi motor dan komponen yang ada di dalamnya dengan baik.

Nah, lalu bagaimana jika speedometer digital motor sobat rusak? Yuk simak ulasan singkat dibawah ini, cocok untuk pemula karena mudah difahami.

Tips Dan Cara Memperbaiki Speedometer Digital Motor Yang Benar Dan Mudah

cara memperbaiki speedometer digital motor

Salah satu alasan mengapa speedometer menjadi komponen penting dalam berkendara, hal ini dikarenakan dengan speedometer kita dapat melihat petunjuk seberapa cepat kendaraan yang dikendarai. Baik itu untuk kendaraan roda empat ataupun roda dua, menjadikan speedometer komponen yang harus dijaga dengan baik.

Selain sebagai petunjuk kecepatan kendaraan, dalam speedometer pun akan disematkan beberapa indikator yang bisa menjadi penunjang informasi diantara lain sebagai informasi bahan bakar, indikator kecepatan dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana jika speedometer ini rusak? Apakah akan berpengaruh pada performa mesin? Jawabannya tidak, namun ini akan mengganggu kenyamanan anda dalam berkendara. Contoh misalnya, dengan matinya speedometer motor ini maka anda tidak mengetahui berapa bar bensin yang ada dalam tangki motor anda bukan? Dengan speedometer yang berfungsi dengan normal maka anda dapat mengantisipasi jika bahan bakar mulai habis, sehingga tidak akan mengganggu perjalanan anda karena kehabisan bakar ditengah jalan, dan pastinya akan menyusahakan.

Oleh karena itulah, sobat diperlukan untuk selalu menjaga motor dengan kondisi yang baik di segala aspek komponen motor tak terkecuali speedometer ini.

Baca Juga Cara Memperbaiki Regulator Kaca Mobil Manual

Tips Memperbaiki

Memperbaiki speedometer mesin digital sangat mudah. Itu semua tergantung pada kerusakan yang dilakukan. Speedometer adalah bagian yang sangat sensitif dan mudah rusak.

Penyebab utama yang sering terjadi hingga menyebabkan speedometer motor rusak yaitu kabel kendor hingga putus. Tidak hanya itu, ada banyak penyebab lain yang perlu segera diatasi.

Oleh karena itu, penting untuk menemukan beberapa penyebab terlebih dahulu sebelum memperbaikinya. Karena setelah Anda mengetahui penyebabnya, Anda bisa memperbaikinya.

Penyebab dan Tips Mengatasinya

Salah satu penyebab kerusakan speedometer adalah kerusakan roda. Jadi salah satu trik yang harus Anda lakukan adalah mengganti velg dengan komponen baru.

Tidak hanya itu, jika kabel speedometer putus, bisa rusak atau bahkan mati. Maka solusi terbaik adalah menyambungkan kabel speedometer yang sebelumnya putus dengan alat lem. Selain itu, gigi speedometer yang aus juga dapat menyebabkan komponen ini mati atau rusak. Untuk mengatasi masalah ini, gantilah speedometer dengan yang baru agar berfungsi kembali.

Cara memperbaiki speedometer sepeda digital tergantung pada bagian yang rusak. Jadi sebelum menggali ke dalamnya, Anda harus sudah tahu apa penyebabnya. Namun jika tidak bisa melakukannya sendiri, Anda bisa membawanya ke bengkel terdekat.

Jadi, begitulah cara memperbaiki speedometer digital motor yang rusak dengan mudah yang bisa sobat lakukan di rumah. Jika sudah kembali normal, maka tingkat kemanan motor pun harus diperhitungkan. Yaitu dengan memasang gps motor agar selalu terjaga dan bebas dari maling, dengn memasang gps pada motor anda maka anda bisa memantau motor hanya menggunakan smartphone dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2022 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia