5 Cara Merawat Rem Cakram Motor

GPSKUCara Merawat Rem Cakram Motor memiliki fungsi sebagai komponen untuk menghentikan laju motor atau memperlambat nya. karena fungsinya yang penting, sering kali terjadi rem cakram motor tidak pakem yang tentunya akan sangat membahayakan jika ada kendaraan di depan anda yang berhenti secara mendadak.

Rem berperan buat kurangi kecepatan motor alhasil kita bisa menata kecepatan cocok dengan situasi yang dialami ataupun cocok kemauan kita dengan mempraktikkan safety riding. Di kala masa hujan, rem ialah salah satu bagian yang butuh memperoleh pemeliharaan ekstra.

Nah,,, kali ini GPSKU akan membahas cara kerja rem cakram motor dan cara perawatannya.

5 Perawatan dan Perbaikan Rem Cakram Sepeda Motor

cara merawat rem cakram motor

 1. Bilas Rem Cakram dari Air Hujan

Bila berkendara dalam situasi hujan, hingga sehabis hingga di tempat tujuan hendaknya bilas cakram dari air hujan dengan metode yang simpel ialah, curah cakram dengan air bersih ataupun maanfaatkan brake cleaner yang dianjurkan.

Keringkan bagian- bagian yang bisa dijangkau dengan memakai kain yang bersih sambil roda sedikit diputar perlahan, metode ini hendak lebih gampang bila posisi standar tengah.

Perihal ini bermaksud buat melenyapkan kotoran serta lumpur yang melekat dampak terbawa air hujan yang bisa menyebabkan karat serta rem jadi hela.

2. Analisa Situasi Rem Lewat Suara yang Mencuat Dikala Pengereman

Kenali suara- suara yang mencuat dikala pengereman, jadi salah satu penanda situasi pengereman kendaraan. Suara yang timbul biasanya suara mendecit yang berarti terdapat kotoran diantara kampas rem dengan cakram cakram.

Suara yang mencuat biasanya hendak kurangi energi cengkram rem alhasil pengereman kurang maksimum.

Tidak hanya itu terdapatnya suara gesekan yang lumayan keras, ialah karakteristik kampas rem yang telah mendekati batas batasan ketebalan. Hingga buat penanganan perihal ini dianjurkan melakukan penukaran kampas rem.

3. Maanfaatkan Bagian Resmi

Buat melindungi penampilan pengereman senantiasa maksimal dianjurkan memakai kaum cadang asli dengan jaminan mutu serta kemurnian. Bagian ini dapat diperoleh di semua jaringan bengkel resmi.

Tidak hanya itu pula dapat diskusi dengan cara langsung dengan teknisi yang telah dibekali dengan pengalaman ataupun keahlian yang bagus dalam pemeliharaan sepeda motor.

Baca Juga Tips Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik

4. Maanfaatkan Minyak Rem Cocok Spesifikasi

Terdapat 2 berbagai detail minyak rem yang dianjurkan buat sepeda motor dikala ini ialah DOT 3& DOT 4. Perbandingan keduanya tidak sangat banyak, antara lain zat aditif yang tercantum di dalamnya serta titik didih yang berlainan.

Tetapi janganlah salah pilih, spesial konsumen sepeda motor dengan sistem pengereman ABS hendaknya memakai detail minyak rem DOT 4 supaya pengereman senantiasa maksimal serta melindungi bagian ABS abadi serta kuat lama.

5. Pemeliharaan Di Bengkel Resmi

Buat melindungi penampilan pengereman serta bagian ABS supaya abadi serta kuat lama, dianjurkan melakukan penukaran minyak rem dengan cara teratur tiap 20. 000 km. Jalani perawatan teratur pengecekan semua bagian tiap 3. 000 km atau 3 bulan.

Untuk menjaganya tetap bagus dan awet, disarankan untuk selalu mengganti kampas rem apabila sudah tipis atau minimal 3 bulan sekali yaa di bengkel terdekat sobat.

Bukan hanya depan, bagi motor yang memiliki 2 cakram motor biasanya motor sport, perhatikan selalu rem cakram motor belakang nya juga.

Karena banyak hal yang terjadi disebabkan hanya selalu memperhatikan rem cakram motor depan dan mengabaikan yang belakangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2022 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia