logo mobile 2024

Fungsi GPS Tracker dan Pentingnya untuk Kendaraan Anda

Hadirnya teknologi GPS tracker bisa membantu Anda untuk menentukan lokasi. Namun, tak hanya itu saja, GPS tracker juga punya segudang manfaat lain. Simak fungsi GPS tracker dan manfaatnya pada penjelasan di bawah ini!

Namun, sebelum kita membahas apa saja fungsi dan manfaat GPS tracker, mari kita ulas kembali apa itu GPS mobil.

Pengertian GPS Tracker Mobil

Pengertian GPS Tracker Mobil

GPS sendiri adalah sistem navigasi berbasis satelit yang terdiri dari setidaknya 24 satelit. GPS dapat Anda gunakan dalam kondisi apa pun, di dunia bagian manapun, dan bisa Anda akses tidak berbatas waktu atau 24 jam.

Dalam hal ini, GPS tracker mobil berarti aplikasi/software yang dapat diakses melalui ponsel dan laptop untuk melacak keberadaan mobil yang sudah dipasang alat GPS sebelumnya.

Penggunaan GPS tracker sangat berguna bagi pengusaha yang memiliki usaha rental mobil, ekspedisi, logistik, atau pekerjaan lain yang membutuhkan akses lokasi. Orang umum juga dapat menggunakan akses ini.

Fungsi GPS Tracker

fungsi gps tracker

GPS tracker memiliki berbagai fungsi tergantung pada kebutuhan dan aplikasinya. Selain dapat menentukan lokasi, GPS tracker juga bisa untuk:

  • Menyimpan data rute perjalanan,
  • Memantau kondisi mobil melalui GPS secara real time,
  • Mengetahui kecepatan mobil,
  • Meningkatkan efisiensi operasional,
  • Mengontrol biaya bahan bakar,
  • Membantu pengemudi menemukan rute terbaik, dan masih banyak lagi.

Fungsi GPS tracker sangat bervariasi, dan penggunaannya dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan. Dalam banyak kasus, GPS tracker membantu meningkatkan efisiensi, keamanan, dan pengawasan.

Bahkan, kini GPS mobil sudah dilengkapi dengan teknologi di mana Anda bisa mendengarkan suara yang ada di sekitar mobil Anda. Jika Anda ingin memanfaatkan fitur ini, Anda bisa mempelajari cara menyadap suara dengan GPS tracker.

Manfaat GPS Tracker

Manfaat GPS Tracker

Dengan fitur yang semakin canggih dan fungsi yang semakin beragam, Anda dapat merasakan berbagai manfaat dari GPS Tracker. Baik itu untuk pribadi maupun dalam bidang pekerjaan.

1. Manfaat GPS Tracker bagi Pribadi

Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan GPS mobil yang bisa Anda rasakan secara langsung:

  • Dapat mengetahui posisi seseorang dan kendaraan Anda.
  • Meminta tolong pada orang lain ataupun sebaliknya saat terjadi kecelakaan atau musibah.
  • Memantau anak, keluarga, maupun orang terdekat saat pergi berkendara.
  • Mendapatkan detail statistik perjalanan yang telah Anda lakukan sebelumnya. Anda juga bisa menandai perjalanan tersebut aman atau tidak.
  • Dapat memantau kesehatan kendaraan yang digunakan pengguna GPS tracker. Bahkan GPS bisa mematikan mesin mobil dari jarak jauh.

2. Manfaat GPS Tracker dalam Bidang Pekerjaan

Bagi Anda yang memiliki usaha di bidang rental mobil, ekspedisi, atau logistik, Anda juga bisa merasakan berbagai manfaat dari hadirnya GPS tracker. Manfaat tersebut seperti:

  • Melacak Penggunaan Kendaraan yang disewa

Bagi pengusaha rental kendaraan, hal ini sangat berguna karena dapat memantau jarak jauh kendaraan yang disewakan. Apakah tetap sesuai rute perjanjian atau malah melenceng jauh dari lokasi. Sehingga pengusaha dapat segera melaporkan tindakan pencurian.

  • Kecanggihan Ekspedisi yang Terhubung Langsung dengan Customer

Sistem ekspedisi dapat dipantau sendiri oleh customer, sehingga customer tidak perlu khawatir barangnya sudah ada di mana. Saat barang tidak kunjung sampai, customer juga bisa mengetahui keberadaan terakhir paket miliknya.

  • Menjaga Keamanan Inventaris Perusahaan

Dengan kecanggihan teknologi GPS Tracker, perusahaan dapat memantau secara berkala keberadaan kendaraan barang, fungsi barang, dan kesehatan barang apakah masih sesuai dengan data terakhir atau sudah berubah, sehingga asetnya bisa terjaga real time.

4. Menghindari Penipuan Data pada Kendaraan

Terkadang pengendara bus maupun perusahaan alat berat sering memalsukan data terkait jumlah penumpang, waktu pemakaian, pemakaian bensin, bahkan jam kerja. Dengan penggunaan GPS Tracker perusahaan bisa mendapat data data kendaraannya secara berkala.

5. Sebagai Bukti Kendaraan Terjadi Kecelakaan

Jika perusahaan mempunyai asuransi bagi kendaraannya maka perlu bukti dalam proses klaim asuransi tersebut. Salah satunya yaitu bukti kuat yang bisa Anda dapatkan dari GPS Tracker ini.

6. Dapat Menentukan Arah, Rute, dan Tujuan Bagi Transportasi Online

Maraknya penggunaan transportasi online membuat penggunaan GPS sangat terasa bagi semua kalangan. Driver maupun customer dapat mengetahui rute perjalanan yang akan ditempuh, estimasi waktu, posisi masing-masing, bahkan bisa sampai pada penentuan tarif.

Dengan semakin canggihnya teknologi ini, tidak dapat dipungkiri bahwa GPS tracker telah menjadi alat yang tak tergantikan dalam berbagai bidang. Fungsi GPS tracker telah membuktikan kegunaannya yang luas untuk melacak lokasi, meningkatkan keamanan, dan menyediakan data yang berharga.

Anda dapat dengan percaya diri mengandalkan GPS tracker untuk memberikan solusi yang memadai dalam berbagai aspek kehidupan. Segera gunakan GPS tracker GPSKU dan rasakan sendiri manfaat dan fungsi GPS tracker bagi kehidupan pribadi maupun pekerjaan.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU