logo mobile 2024

4 Cara Memantau Mobil Lewat GPS Tracker, Real Time

Penting bagi Anda untuk mengetahui cara memantau mobil lewat GPS terutama jika kendaraan tersebut digunakan oleh orang lain. Dengan memaksimalkan fungsi GPS tracker mobil maka Anda tidak hanya melindungi kendaraan Anda dari pencurian tetapi juga dapat melakukan evaluasi dan menjaga performa kendaraan tetap prima.

GPS tracker sendiri merupakan merupakan sebuah alat untuk membantu pemilik dalam memonitor aktifitas kendaraan mereka secara real time. Namun, sebelum memahami cara kerjanya Anda harus tahu dua jenis GPS yang umum dipasang di kendaraan yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Simak informasi mengenai perbedaan kedua jenis GPS tersebut berikut, fitur dan fungsinya serta melacak mobil dengan GPS tracker di bawah ini.

Jenis GPS Mobil yang Umum Digunakan Pemilik Kendaraan

GPS atau Global Positioning System adalah sebuah teknologi hasil karya ilmuwan Amerika Serikat yang pertama kali rilis di tahun 1978.

Teknologi GPS menggantikan fungsi lembaran peta kertas dan kompas yang umum digunakan sebagai penunjuk arah pada jaman dulu. Dengan GPS kita dapat mencari suatu tempat maupun melacak posisi kendaraan secara akurat karena memanfaatkan sinyal satelit.

Ada dua jenis GPS mobil yang umum kita kenal yaitu:

1. GPS Navigasi

Jenis GPS mobil

Jenis ini memiliki fungsi utama sebagai peta digital untuk menunjukkan arah dan rute perjalanan sehingga Anda dapat mengetahui arah terbaik untuk menuju suatu tempat. Dengan GPS Navigasi Anda tidak perlu takut menjelajah wilayah baru karena alat ini akan membantu mengarahkan Anda melewati rute yang terbaik.

2. GPS Tracker

gps tracker gpsku

GPS tracker menawarkan lebih banyak fitur dan fungsi sehingga tidak ada salahnya jika Anda memasangnya di kendaraan Anda. Alat ini dapat menjadi mata-mata Anda karena dapat mengetahui posisi kendaraan dan menyadap percakapan di kabin. Bentuk GPS mobil tracker ini umumnya kecil dan ringkas sehingga dapat ditempatkan di area tersembunyi di mobil tanpa sepengetahuan pengguna.

Mengapa Pemilik Kendaraan Memantau Kendaraan Mereka?

GPS pada mobil

Kendaraan, terutama mobil merupakan aset berharga bagi seseorang karena perlu kerja keras untuk dapat memilikinya. Namun, pencurian kendaraan semakin marak sehingga Anda perlu melakukan langkah-langkah pencegahan.

Alhasil, upaya memantau, melacak dan memulihkan kendaraan merupakan satu hal yang menantang bagi pemilik maupun pengguna kendaraan tersebut. Di sinilah peran sebuah GPS Tracker dibutuhkan yaitu untuk memudahkan baik dalam memantau maupun melindungi kendaraan dari potensi pencurian. Secara singkat fungsi GPS Tracker antara lain:

  • Memberi tahu titik koordinat lokasi kendaraan secara akurat
  • Memantau perilaku pengemudi
  • Memantau bahan bakar kendaraan
  • Menampilkan lokasi kantor polisi, rumah sakit, pom bensin terdekat sehingga bermanfaat ketika ada masalah darurat
  • Menampilkan statistic perjalanan

Berikut beberapa alasan pentingnya lainnya kenapa Anda perlu memasang GPS tracker di kendaraan:

1. Menemukan Lokasi Parkir Mobil

Bagi Anda yang pelupa atau harus parkir di lokasi parkir yang sangat padat, maka memasang GPS tracker mobil terbaik adalah solusi tepat. Pasalnya, dengan alat ini Anda dapat menemukan mobil tersebut dengan mudah. Hal ini menguntungkan terutama ketika Anda harus parkit di area yang baru atau belum Anda kenal.

2. Memantau Penggunaan Mobil Oleh Orang Lain

GPS tracker membantu para orang tua dalam memantau penggunaan kendaraan oleh anak remaja atau sopir mereka. Anda akan mendapat berbagai updates dan info penting misalnya perilaku mereka selama mengemudi, menyadap percakapan selama berkendara, bahan bakar kendaraan, dan lainnya.

Namun, fitur ini juga dapat dimanfaatkan oleh pemilik ekspedisi, rental mobil atau jasa transportasi agar dapat memantau selalu kendaraan dan driver mereka.

3. Memudahkan Pelacakan Mobil Hilang

Jika ternyata kendaraan dicuri orang maka GPS tracker adalah solusi terbaik karena bisa membantu melacak posisi kendaraan secara akurat. Alhasil, memudahkan pihak berwenang untuk mencarinya dan mengembalikannya kepada Anda.

Cara Memantau Mobil Lewat GPS Tracker

Simak cara melacak mobil dengan GPS tracker berikut ini:

1. Instal Aplikasi GPS Tracker

Cara Memantau Mobil Lewat aplikasi gpsku

Agar dapat memaksimalkan fungsinya maka Anda harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi GPS tracker sesuai dengan rekomendasi dari alat yang Anda miliki.

Buat akun dengan username dan password unik tetapi mudah untuk Anda ingat. Kemudian lakukan pendaftaran di aplikasi tersebut dengan melengkapi data seperti IMEI, nomor plat mobil Anda serta jenis kendaraan Anda.

Silahkan klik link berikut untuk mengunduh aplikasi dari GPSKU yang terpercaya.

2. Login ke Aplikasi

login aplikasi gpsku

Masuk ke aplikasi dengan username dan password yang sudah Anda buat sebelumnya. Setelah masuk, Anda dapat melihat tampilan sejumlah kendaraan yang memiliki GPS tracker. Pilih kendaraan mana yang ingin Anda pantau.

3. Lakukan Tes Pada Kendaraan

cara melacak keberadaan mobil dengan aplikasi gpsku

Tujuan dari cara menggunakan aplikasi GPS tracker ini adalah untuk memastikan apakah alat dan sistem sudah bekerja sempurna. Jadi, klik pada pilihan yang menampilkan plat nomor kendaraan Anda. Jika alat berfungsi dengan baik maka secara otomatis akan muncul informasi mengenai lokasi kendaraan tersebut termasuk titik koordinat dan nama jalannya.

4. Lakukan Pemantauan Kendaraan

Cara memantau mobil lewat GPS tracker

Anda dapat mulai melakukan pemantauan setelah yakin bahwa alat tersebut berfungsi dengan baik. Anda dapat melihat info mengenai kecepatan laju mobil, kondisi mesin serta kapasitas bahan bakarnya.

Pengguna bahkan dapat mematikan dan menyalakan mesin dari jarak jauh dengan hanya menekan tombol on/off. Pilih fitur playback jika ingin melihat histori perjalanan kendaraan. Alhasil, Anda dapat melihat rute yang dilalui kendaraan tersebut berupa garis pada peta digital.

Untuk melihat rekomendasi GPS tracker mobil Anda dapat mengunjungi website GPSKU karena kami memiliki banyak pilihan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Anda juga dapat menghubungi CS kami melalui nomor 0811 2401 123 untuk mendapatkan harga GPS mobil terbaik.

Semoga info mengenai cara memantau mobil Lewat GPS dan info lain di atas dapat menambah pengetahuan Anda sehingga bisa mendapatkan manfaat optimal dari GPS tracker Anda.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU