Mengenal Fungsi Panel Indikator Mobil

Mengenal Fungsi Panel Indikator Mobil – Disetiap mobil baik keluaran lama atau baru pada bagian depan terdapat dashboard mobil, sobat pasti pernah melihat beberapa simbol atau simbol yang biasa disebut panel indikator, fungsi dashboard mobil adalah sebagai wadah bagian depan mobil serta beberapa panel indikator didalamnya, perlu untuk mengenal jenis dan beberapa fungsi pada panel indikator mobil, yuk mari kita bahas.

Baik pemula atau tidak memahami dan mengenal panel indikator perlu diketahui, fungsi panel indikator adalah sebagai penanda jika terjadi sesuatu yang terjadi pada mobil, misal penda mesin menyala, itu artinya terjadi kesalahan pada mesin atau mesin mobil mengalami overheat, ketika indikator menyala sobat perlu mengecek bagian dari jenis indikator yang menyala tersebut untuk mengatasi pertanda mobil sedikit bermasalah.

Dengan memahami arti dan fungsi panel indikator, maka sobat bisa dengan mudah mengecek bagian indikator yang menyala, misal lainnya jika indikator radiator mobil menyala maka itu sebuah peringatan bahwa air radiator kurang atau sudah mulai habis, segera isi agar perjalanan sobat nyaman dan mesin tidak mengalami overheat.

13 Jenis Dan Fungsi Panel Indikator Mobil Yang Perlu di Kenali

fungsi panel indikator mobil dashboard

1. Tachometer

Kita kenali Panel indikator yang pertama adalah biasa disebut panel tachometer. Panel ini hendak membuktikan pada sobat berapa kecekatan putaran mesin memakai dasar round per minutes ataupun lazim disingkat dengan( RPM). Umumnya nilai sangat kecil merupakan satu serta terbesarnya 8. Di situ pula tercatat” x1000″ yang maksudnya harus dikali seribu. Ilustrasinya bila jarum menunjuk ke nilai 2 hingga maksudnya mesin berkeliling pada 2 ribu round per menit

2. Speedometer

Pembahasan kedua mati kita kenali fungsi dari panel yang bernama speedometer. Panel yang satu ini bermanfaat buat membuktikan berapa kecekatan mobil dikala ini. Dengan sedemikian itu, pengendara dapat mengenali serta mengatur laju mobil dengan mengombinasikan pedal gas serta rem.

3. Temperatur Mesin

Wujudnya semacam petunjuk bahan bakar, tercatat graf” C” buat cold serta” H” buat hot. Kala temperatur wajar, umumnya posisi jarum terdapat di antara C serta H. Piket supaya temperatur mesin senantiasa di temperatur wajar( antara 7 puluh sampai 8 puluh bagian celcius) buat menghindari terjadinya overheat.

Baca Juga Cara Merawat Kaca Spion Elektrik Mobil

4. Petunjuk BBM

Pada urutan keempat tentang pembahasan panel indikator terdapat panel petunjuk BBM. Titik terbawah tercatat huruf E( empty) serta paling atas tercatat graf F( full). Jika jarum terletak di titik E, umumnya bahan bakar sedang tertinggal 5 sampai 9 liter. Jadi tidak betul- betul habis. Memanglah didesain semacam ini supaya juru mudi sedang terdapat peluang buat mencari pom bensin.

5. Indikator Oli

Apabila penanda titik berat oli menyala, itu tanda- tanda mesin kendaraan Kawan lagi dalam kekurangan oli. Oleh karena itu, lekas imbuh oli mesin supaya mobil tidak cepat cacat serta kemampuan senantiasa maksimal.

6. Indikator Check Engine

Penanda check engine menyala itu menunjukkan terdapat hambatan di bagian dapur pacu. Dapat diakibatkan sebagian permasalahan, semacam penutup bensin kurang rapat ataupun salah satu bagian mesin yang rusak. Buat itu, lekas datangi bengkel terdekat supaya permasalah itu terkendali.

7. Indikator Tekanan Ban

Memanglah penanda merupakan bagian berarti di mobil. Sebab itu bila penanda tekanan ban menyala janganlah hingga tidak dicermati. Karena perihal itu membawa alamat kalau salah satu ataupun sebagian roda kekurangan tekanan. Bila didiamkan, hingga akhirnya dapat parah, semacam terjadinya kecelakaan.

8. Indikator Baterai atau Aki

Bila di mobil Kawan penanda baterai ataupun aki menyala, hingga itu membawa alamat kalau terdapat kasus di bagian itu. Dapat sebab aki yang telah cacat ataupun pemasangan kabel yang kurang baik. Bila memanglah begitu, pasti sobat wajib lekas membenarkan ataupun mengubah bagian yang telah rusak.

9. Penanda Sabuk Pengaman

Penanda sabuk pengaman hendak menyala bila juru mudi mobil ataupun penumpang tidak mengenakan sabuk pengaman. Umumnya lampu penanda hendak mengedip serta menghasilkan suara. Bila mengalami perihal itu, lekas bisa jadi maanfaatkan sabuk pengaman dengan pas.

10. Penanda Rem

Bila penanda rem menyala itu menunjukkan kalau rem tangan mobil sobat sedang aktif. Tetapi, bila rem tangan telah dilepas namun lampu penanda sedang menyala pula, perihal itu menunjukkan kalau minyak rem telah habis.

11. Penanda Pintu

Setelah itu terdapat pula penanda pintu. Bagian ini hendak menyala bila pengendara ataupun penumpang mobil terdapat yang tidak sempurna dikala menutup pintu. Supaya tidak menyala lagi, sobat wajib membuka serta menutupnya lagi dengan sempurna.

12. Indikator Airbag

Terpaut penanda airbag, pasti cuma ada di mobil- mobil yang sudah dibantu dengan sistem keamanan itu. Bila lampu di penanda menyala, itu menunjukkan kalau terdapat kehancuran pada airbag. Alhasil sobat wajib lekas membenarkannya ke bengkel terdekat.

13. Indikator ABS

Fitur pengereman mutahir ABS pula telah biasa ditemukan di mobil- mobil modern. Bila penanda ABS menyala, itu menunjukkan kalau terdapat permasalahan di teknologi itu.

Ketiga belas panel indikator diatas sudah cukup untuk mengenali komponen vital pada mobil anda, pada intinya jika salah satu indikator menyala segera cek atau atasi kendalanya sesuai dengan petunjuk dari panel yang menyala ya sobat, dengan adanya panel indikator itu memudahkan pengemudi untuk memahami kondisi mobilnya dengan baik.

Selalu lakukan perawatan agar tidak adanya masalah pada mobil kesayangan sobat, dan juga tingkatkan keamanan mobil dengan selalu pasang gps mobil terbaik yang bisa anda dapatkan di GPSKU, tekan tombol chat cs dibawah ini kami akan melayani anda dengan sepenuh hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2022 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia