Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara Saat Hujan

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara Saat Hujan
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara Saat Hujan

GPS Tracker – Berkendara saat hujan tentu menjadi satu tantangan tersendiri bagi setiap orang. Berbagai masalah bisa saja terjadi, yang jika tidak hati hati justru menimbulkan bahaya yang cukup besar. Untuk itu, sebagai pengendara motor, ada baiknya lebih memperhatikan keselamatan namun bukan berarti harus menghentikan segala aktifitas. Apa saja yang perlu dilakukan saat mengendarai motor khususnya di musim hujan? Berikut ini ulasannya.

Merencanakan rute perjalanan

Menentukan rute yang akan dilewati adalah solusi terbaik apalagi saat Anda mengunjungi daerah yang jarang atau bahkan belum pernah dikunjungi. Saat tersesat, bisa saja Anda merasa bingung sehingga memicu pecahnya konsentrasi. Terlebih ketika sedang hujan dimana jarak pandang yang buruk menuntut pengendara harus ekstra hati-hati.

Guna mencegah hal ini, ada baiknya merencanakan rute perjalanan dengan teliti dan detail. Kenali daerah mana yang berpotensi banjir, agar tidak mengambil resiko terhambat di tengah perjalanan. Usahakan, agar Anda menghafalkan beberapa titik penting seperti  SPBU, tambal ban, rest area, atau lokasi-lokasi untuk berteduh.

Periksa Lampu Kendaraan

Pastikan untuk memeriksa lampu kendaraan secara berkala. Lampu berperan penting agar Anda bisa melihat dengan jarak pandang terbatas. Jangan lupa, nyalakanlah lampu utama entah itu siang ataupun malam hari. Jangan gunakan lampu darurat selama dalam perjalanan kecuali memang Anda membutuhkannya.

Baca juga Tips Berkendara dengan Aman yang Wajib Diketahui

Periksa Komponen

Jika Anda ingin bepergian, maka pastikan untuk memerhatikan kondisi dari komponen utama kendaraan. Apakah semua komponen tersebut dalam keadaan baik atau sebaliknya. Biasanya, musim hujan maka kendaraan akan bekerja lebih keras lagi sehingga perlu dilakukan perawatan secara ekstra.

Periksa Tekanan Udara Ban

Kondisi tekanan udara di dalam ban harus diperhatikan secara saksama. Tekanan udara yang cukup serta alur ban yang baik meminimalkan risiko kendaraan melayang di atas air (aquaplaning). Untuk itu, periksa kondisi ban kendaraan secara rutin paling tidak seminggu sekali.

Menyiapkan Jas Hujan

Berkendara dengan motor menuntut Anda harus siap dengan segala kondisi cuaca. Tentunya Anda tidak menginginkan baju, celana, atau tas kamu basah karena guyuran air hujan kan? Oleh karenanya, penting untuk selalu menyiapkan jas hujan sebagai antisipasi. Namun, pemilihan jas hujan harus benar-benar diperhatikan demi kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Berkendara dengan Kecepatan yang Normal

Guyuran hujan tentunya membuat kondisi jalan menjadi licin. Oleh karena itu, kamu harus berkendara dengan ekstra hati-hati. Kurangi kecepatan dalam berkendara saat hujan untuk meminimalkan risiko ban tergelincir (selip). Mengemudikan kendaraan dalam kondisi kecepatan yang rendah atau normal akan menjaga daya cengkeram ban karena alur ban sering bersentuhan langsung dengan aspal.

Menjaga Jarak Aman

Jangan abaikan masalah ini yaitu menjaga jarak dengan aman dengan pengendara lain. Biasanya, saat musim hujan maka arak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh dibandingkan saat jalanan dalam kondisi kering.

Itulah beberapa tips berkendara saat hujan mengendarai kendaraan terlebih di musim hujan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Dan satu lagi, siapkan alat pelacak motor atau GPS Tracker yang berfungsi memudahkan Anda untuk mengetahui rute mana yang sebaiknya dilalui secara real time. Adapun alat ini tidak hanya berfungsi sebagai pelacak motor, namun fitur yang ada pada alat ini juga memudahkan setiap pengendara.

Dimana mendapatkan GPS Tracker motor yang terbaik? GPSKu, adalah salah satu layanan penyedia alat pelacak yang berpengalaman dan terbaik. Anda cukup menghubungi nomor yang tertera pada website, maka admin akan merespon Anda selama 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2021 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia