Mengenal Vespa Elettrica, dari Spesifikasi sampai Harga

Berbagai kota di seluruh dunia kini beralih ke solusi transportasi terbarukan. Sehubungan dengan ini, Vespa—merek ikonik di industri skuter—menawarkan produk terbarunya, Vespa Elettrica. Penasaran seperti apa spesifikasi dan harga Vespa Elettrica?

Dalam ulasan kali ini, tak ada satu pun yang terlewatkan. Anda akan mempelajari seluk beluk kendaraan canggih yang mengubah makna dari transportasi urban ini. Anda juga bisa cek harga Vespa Elettrica jika Anda kebetulan tertarik untuk berganti ke kendaraan yang lebih eco-friendly.

Spesifikasi Vespa Elettrica

spesifikasi Vespa Elettrica

Vespa Elettrica, la rivoluzione nella mobilità su due ruote (Vespa Elettrica, revolusi mobilitas roda dua)

– Vespa

Kental dengan tradisi namun terus melangkah ke masa depan, Vespa menyongsong revolusi berkendara elektrik dengan meluncurkan Vespa Elettrica—perpaduan harmonis antara desain yang tak lekang oleh waktu dan inovasi kontemporer.

Vespa Elettrica pertama kali diperkenalkan sebagai konsep di EICMA, pameran sepeda motor tahunan di Italia, pada tahun 2016.[1] Antusiasme terhadap Vespa listrik pun mencapai puncaknya ketika produsen skuter terkenal asal Italia ini memulai produksi resmi untuk model 2019.

Sejalan dengan estetika ikonik Vespa, Elettrica mempertahankan lini klasik dan nuansa elegan yang menggambarkan merek ini selama beberapa dekade. Selain itu, Elettrica pun mengintegrasikan teknologi listrik terdepan. Perpaduan antara tradisi dan modernitas ini menandai momen penting dalam evolusi transportasi urban.

Berikut adalah spesifikasi Vespa Elettrica:

Tenaga Maksimum 4 kW
Torsi 200 Nm
Tegangan Baterai 48 V/86 Ah
Kapasitas Baterai 4,2 kWh
Merek Baterai LG Chem
Masa Pakai Baterai 1.000 siklus (80% kapasitas residu)
Lama Pengisian Daya 4 jam
Kecepatan Maksimal 45 km/jam
Rem Depan 200 mm disc
Rem Belakang 140 mm drum
Ban Depan 110/70-12
Ban Belakang 120/70-12
Dimensi 1.870 mm x 735 mm x 1.150 mm
Bobot 130 kg

Kemudian, mari kita gali lebih dalam mengenai performa Vespa Elettrica Indonesia:

Tenaga dan Torsi

Elettrica dibekali dengan motor yang menghasilkan tenaga sebesar 4 kW, yang mana tergolong cukup bertenaga untuk sebuah skuter. Karena bertenaga listrik, skuter ini menghasilkan torsi yang kuat sebesar 200Nm. Mungkin terdengar sangat cepat, namun secara keseluruhan performanya masih terkendali.

Dibandingkan dengan skuter 50 cc lainnya, Elettrica sanggup berakselerasi dengan baik, hingga mencapai kecepatan 48,2 km per jam tanpa melambat, bahkan di tanjakan sekalipun.

Skuter ini memiliki mode Eco, yang membatasi kecepatan hingga 32,18 km per jam. Kelebihan lainnya yakni adanya fitur “Reverse” dapat menggerakkan Elettrica mundur dengan kecepatan yang relatif lambat, sehingga nyaman digunakan ketika Anda terjebak di tempat parkir yang sempit.

Baterai dan Pengisian Daya

Vespa Elettrica memiliki baterai yang cukup bertenaga. Berkapasitas 4,2 kWh, baterai ini termasuk besar untuk ukuran skuter. Yang bagus dari baterai ini adalah bahwa ia tidak menempati ruang di bawah jok, melainkan diselipkan di bagian lain.

Akan tetapi, Anda tidak dapat melepas baterainya untuk diisi ulang di dalam ruangan. Barangkali ini agak merepotkan apalagi kalau Anda tinggal di apartemen atau tidak memiliki tempat parkir outdoor. Sisi baiknya, kabel pengisian daya sudah terpasang dan tersimpan rapi di bawah jok.

Seperti kebanyakan skuter listrik lainnya, Vespa Elettrica dapat dicolokkan ke stop kontak tiga pin biasa. Jadi, pengisian daya bisa dilakukan di mana saja, meskipun agak lambat. Menurut Piaggio, butuh sekitar 4 jam untuk mengisi daya hingga penuh.

Kemudi, Suspensi, Rangka, dan Bobot

Dari segi desain, Elettrica merupakan skuter kecil dengan rangka baja yang tersembunyi di balik bodi luar, suspensi depan tetap, dan satu shock belakang yang bisa Anda kustom.

Jarak sumbu roda yang pendek memberikan kesan lincah, seperti skuter kecil lainnya. Sementara itu, ban Michelin-ny memiliki daya cengkeram memadai. Performa skuter ringan ini tidak akan membebani suspensi. Secara keseluruhan, Anda akan bisa mengendalikan Vespa Elettrica dengan baik.

Jika Anda khawatir soal bobotnya karena faktor baterai, jangan khawatir. Elettrica memiliki berat 135 kg—cuma 20 kg lebih berat dari Primavera 50 cc.

Kenyamanan

Kalau Anda merasa beberapa skuter kecil baru-baru ini terlalu “sesak” dari segi kenyamanan, cobalah Vespa. Desain klasiknya membuatnya lebih lapang. Selain itu, bagian pijakannya yang hampir rata memudahkan Anda untuk mengatur posisi kaki.

Penumpang bisa menikmati cukup ruang untuk duduk, pegangan yang kokoh, dan pijakan yang bisa dilipat. Namun, tergantung dari berat badan masing-masing, hal ini dapat memengaruhi performa skuter.

Harga Vespa Elettrica Indonesia

harga Vespa Elettrica Indonesia 

Harga Vespa Elettrica di Indonesia tergolong sangat mahal untuk ukuran motor listrik, yaitu dibandrol seharga Rp198.000.000,00. Malahan, nominal ini jauh lebih tinggi daripada harga Vespa matic rata-rata. Nyatanya, ada beragam pilihan harga Vespa Elettrica yang lebih terjangkau di pasaran namun menawarkan kinerja yang kurang lebih sama. Harga Vespa Elettrica juga bisa mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Meskipun begitu, apabila Anda termasuk individu yang mengutamakan kenyamanan dan kecanggihan dalam berkendara, Elettrica adalah pilihan bijak. Sebagaimana umumnya skuter listrik, harga Vespa Elettrica tergolong terjangkau untuk ukuran skuter matic.

Penutup

Meskipun daya tarik Vespa Elettrica ada pada desainnya yang inovatif namun harga Vespa Elettrica yang fantastis kemungkinan akan membuat calon pembeli tertentu sedikit keder. Sebagai alternatif, GPSKU, penyedia GPS tracker terdepan, menawarkan berbagai pilihan terjangkau yang cocok untuk aneka rentang budget.

GPSKU selalu punya solusi untuk setiap tingkatan ekonomi. Jadi, siapa saja bisa memperoleh proteksi maksimal saat berkendara tanpa harus mengorbankan kesejahteraan finansial mereka.

Dengan memilih GPS tracker dari GPSKU yang lebih bersahabat untuk dompet Anda, Anda pun bisa memaksimalkan keamanan kendaraan Anda tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk mengakomodasi harga Vespa Elettrica yang jelas-jelas merupakan model premium.

contact-us-donk