Kenali Jenis Alat Berat Agar Tidak Menimbulkan Kerusakan Saat Digunakan

GPS Tracker – Di dunia konstruksi, yang namanya alat berat menjadi satu bagian yang tidak bisa dipisahkan. Adapun kegunaan dari alat berat ini sendiri adalah mengerjakan pekerjaan konstruksi yang tidak bisa dikerjakan oleh manusia atau memang untuk mempercepat proses pengerjaan yang ada. Dengan demikian, waktu yang dicapai bisa menjadi lebih mudah terwujud dan waktunya pun lebih singkat.

Hanya saja, jika penggunaan alat berat tidak pada tempatnya maka bisa menimbulkan masalah. Salah satunya adalah rendahnya tingkat produksi atau proses pembangunan yang tidak sesuai dengan jadwal. Akibatnya, akan muncul kerugian besar dikarenakan banyak hal seperti kerusakan yang terjadi pada alat berat itu sendiri. Untuk itu, sangatlah penting memahami cara penggunaan alat berat agar tidak menimbulkan masalah kedepannya.

Dozer atau Loder

Dozer atau Loder yaitu sebuah  alat yang sering digunakan untuk proyek konstruksi yang lebih spesifikasinya adalah mengerjakan material hasil penggalian Pada bagian dozer ada yang disebut dengan bucket sehingga alat ini juga disebut front end dozer. Ada 2 jenis tipe dozer yaitu menggunakan roda kelabang atau biasa disebut dengan Crawler Tractor Dozer dan Buldozer yang menggunakan roda karet atau disebut dengan Wheel Tractor Dozer.

Baca juga Jangan Sembarangan Parkir Kalau Tidak Mau Alami Ini

Excavator

Untuk menggunakan alat ini memang sebaiknya mempertimbangkan kondisi lapangan yang ada. Hal ini penting agar alat berat ini tidak mengalami kerusakan dikarenakan digunakan pada lahan yang tidak sesuai.

Alat Pengangkut atau truk

Adapun fungsi dari alat pengangkut ini yaitu untuk mengangkut material seperti pasir, tanah, hingga batuan. Untuk memilih jenis truk yang digunakan memang sebaiknya disesuaikan dengan kondisi lapangan atau jenis material yang akan dibawa. Biasanya, jenis truk yang dipilih disesuaikan dengan kapasitas alat gali yang nantinya akan dimasukkan ke dalam truk. Jangan sampai memilih truk yang terlalu besar padahal kapasitasnya tidak terlalu banyak untuk diangkut. Yang ada malahan kerugian dari segi biaya.

Crane

Salah satu jenis alat berat yang biasa digunakan adalah crane yang mengangkat bahan material yang nantinya akan dipindahkan serta menurunkan sesuai dengan lokasi yang diinginkan. Ada beberapa tipe yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi proyek yang akan dikerjakan.

Motor Grader

Motor grader adalah alat berat yang umum dipakai untuk membuat tanah menjadi rata. Selain itu kegunaan motor grader juga dipakai untuk meratakan tanah, memotong bentuk tanah, membentuk tanah serta membuat saluran.

Demikianlah jenis alat berat yang umum digunakan pada satu proyek. Seperti yang dijelaskan diawal artikel bahwa sangatlah penting memahami kegunaan dari masing masing alat tersebut agar tak salah dalam penggunaannya. Oh ya, ada satu alat yang bisa melakukan pengecekan secara detail untuk memastikan apakah alat tersebut benar dipakai sesuai dengan SOP.

Adapun alat yang dimaksud adalah GPS Tracker alat berat yang memiliki fitur cukup beragam. Mulai dari melacak keberadaan alat berat, kinerja supir yang menggerakan mesin hingga waktu pengerjaan apakah sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Sistem yang digunakan nantinya bisa dilihat dari smartphne yang sudah diinstal sebelumnya dan enaknya, data tersebut bisa diakses kapan saja.

Untuk mendapatkan GPS Tracker ini Anda bisa membeli di GPSKu yaitu sebuah perusahaan yang menyediakan alat terbaik untuk melacak semua kendaraan. Mulai dari mobil, motor dan alat berat dengan harga terjangkau. Untuk servernya sendiri GPSKu menggunakan server sendiri sehingga data dapat langsung diakses kapan saja tanpa membutuhkan delay yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2021 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia