Kenapa Mobil Tidak Bisa Di Starter Yang Sering Terjadi

Merawat mobil sangatlah penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya tidak bisa di starter. Ada beberapa alasan kenapa mobil tidak bisa di starter, baik itu dari masalah mesin hingga human error. Masalah tersebut harus segera diselesaikan karena nantinya bisa mempengaruhi kondisi mobil itu sendiri.

kenapa mobil tidak bisa di starter
kenapa mobil tidak bisa di starter

1. Dinamo Ampere Rusak

Dinamo ampere atau alternator merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada mobil. Komponen ini memiliki fungsi untuk mengalirkan listrik ke aki.

Apabila kondisi dinamo sudah mulai rusak atau bahkan rusak parah, maka mobil tidak bisa menyala. Sekalipun kondisi aki dalam keadaan prima.

Pada dasarnya dinamo ini tidak mudah rusak dan biasanya akan mulai tidak beres ketika usia mobil diatas 5 tahun lebih.

Namun alangkah baiknya untuk tetap melakukan pengecekan secara berkala minimal sebulan sekali untuk mengecek kondisinya. Tentunya pengecekkan ini harus dilakukan oleh orang profesional dan tidak bisa sendiri.

Baca Juga : GPS Tracker Terbaik Untuk Mobil Dinas

2. Kondisi Busi Kotor

Komponen selanjutnya yang menyebabkan mobil tidak bisa di starter adalah busi. Jika busi bermasalah atau kondisinya terlalu banyak kotoran yang menempel, maka mobil tidak bisa dinyalakan.

Kondisi seperti ini terjadi jika pemilik mobil jarang melakukan servis rutin dan sering menggunakannya setiap hari dalam jangka waktu lama.

Solusi dari permasalahan ini adalah mau tidak mau busi tersebut harus dibersihkan. Namun pembersihan busi membutuhkan pembersih khusus.

Berbeda kondisinya jika busi tersebut ternyata memang sudah tidak layak pakai, maka mau tidak mau harus diganti dengan yang baru. Proses penggantian ini harus dilakukan di tempat servis.

3. Aki Hilang Daya

Aki merupakan salah satu komponen yang akan menerima aliran dari dinamo mobil agar bisa dinyalakan.

Namun apabila kondisi aki ternyata kehilangan daya, inilah yang menjadi penyebab kenapa mobil tidak bisa di starter.

Kondisi seperti ini tidak boleh dipaksakan jika memang yang bermasalah adalah aki mobil.

Ini karena apabila terlalu dipaksakan, nantinya akan menimbulkan masalah pada komponen mobil lainnya.

Salah satu cara untuk memastikannya adalah dengan membawanya ke tempat servis mobil untuk di cek secara keseluruhan. Apabila ternyata komponen aki perlu diganti, maka harus segera diganti saat itu juga.

4. Koil Terlalu Panas

Koil merupakan komponen yang berbentuk seperti kabel yang berfungsi untuk menggandakan tegangan listrik. Komponen inilah yang akan menyalurkan aliran listrik ke aki dalam jumlah yang besar agar mobil dapat distarter.

Kondisi koil yang terlalu panas bisa menyebabkan aliran listrik tidak dapat tersalurkan dengan baik.

Koil yang terlalu panas menjadi salah satu indikasi bahwa komponen ini sudah tidak layak digunakan. Jika belum sempat untuk mengganti, maka harus menunggu sampai kondisinya dingin dan baru bisa dinyalakan.

Setelah bisa dinyalakan, sebaiknya segera dibawa ke tempat service untuk dicek dan diganti jika memang diperlukan.

5. Kehabisan Bahan Bakar

Terakhir dari alasan mobil tidak bisa di starter adalah kehabisan bahan bakar. Kondisi seperti ini merupakan salah satu human error yang seringkali lupa untuk memperhatikannya.

Jika bar bahan bakar sudah mulai menipis, alangkah baiknya untuk segera diisi sampai penuh. Apabila terlambat mengisinya dan dipaksa dinyalakan, maka tetap tidak bisa menyala dan bisa membuat komponen lain rusak. S

angat penting untuk memperhatikan bar bahan bakar agar mobil tidak berhenti di jalan.

Itulah beberapa alasan kenapa mobil tidak bisa di starter, mulai dari masalah yang sederhana hingga masalah yang kompleks sekalipun. Dari sini sangat penting untuk melakukan servis secara berkala dan menyeluruh untuk terhindar dari kerusakan mesin lainnya. 

Untuk pemasangan gps tracker mobil bisa langsung menghubungi contact center GPSKu

Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2021 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia