logo mobile 2024

9 Keunggulan GPS Tracker Real Time Untuk Bisnis & Pribadi

Penggunaan GPS tracker untuk kendaraan pribadi maupun bisnis, kini menjadi suatu hal yang lumrah. Teknologi ini fungsinya lebih dari sekadar alat pantau lokasi. Lantas, apa saja keunggulan GPS tracker real time?

Untuk memahami apa keunggulan GPS tracker real time, simak penjelasan dari berbagai aspek berikut.

1. Pemantauan Lokasi secara Langsung dan Akurat

seseorang sedang memantau lokasi dengan GPS

Fungsi GPS tracker real time yang paling utama adalah untuk memonitor lokasi kendaraan kapanpun dan dimanapun secara presisi. Dengan bantuan sinyal satelit, Anda dapat mengetahui titik koordinat lokasi kendaraan tersebut real time.

Untuk penggunaan mobil pribadi, ini berguna saat Anda meminjamkan mobil Anda ke orang lain. Anda dapat melacak posisi mobil dan memantau pergerakannya melalui perangkat Anda.

Sementara itu, dalam dunia bisnis seperti perusahaan logistik atau persewaan kendaraan, GPS menjadi komponen wajib yang harus terpasang pada armada. Pemilik armada bisa selalu memantau apakah armada tersebut dibawa ke lokasi yang seharusnya.

Selain itu, Anda dapat memastikan bahwa pengiriman logistik berjalan tepat waktu dan sesuai rencana. Sehingga, Anda bisa mengoptimalkan waktu dan biaya operasional

2. Memberikan Notifikasi Jadwal Service

manfaat GPS tracker real time

Manfaat GPS tracker real time selanjutnya adalah kemampuan untuk memberikan notifikasi mengenai jadwal service kendaraan. Pasalnya, GPS terintegrasi dengan beragam alat seperti sensor kecepatan, hour meter, hingga sensor bahan bakar.

Manfaat sensor kecepatan dan sensor tangki bahan bakar sudah tak perlu Anda ragukan lagi. Sensor-sensor ini akan merekam kondisi kendaraan Anda, sehingga Anda dapat melakukan evaluasi dan analisis dengan seksama.

Misalnya, kendaraan tersebut sering dipacu dalam kecepatan tinggi dan sering melakukan pengereman. Tentunya, kendaraan ini memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kondisi rem tetap prima.

3. Mengantisipasi Pencurian

keunggulan GPS tracker real time untuk keamanan

Keunggulan GPS tracker real time untuk keamanan adalah untuk mengurangi risiko pencurian. Fitur pelacakan langsung ini memungkinkan Anda mengetahui lokasi kendaraan yang dipinjam maupun disewa.

Saat kendaraan dicuri, pihak berwenang pun bisa melacak posisi kendaraan untuk tindakan yang lebih lanjut. Sayangnya, kelemahan GPS tracker adalah pada sinyal. Jika kendaraan tersebut berada pada kawasan dengan sinyal yang buruk, pelacakan pasti akan terkendala.

Meskipun begitu, kini banyak penyedia GPS yang menawarkan beragam fitur tambahan seperti alarm keamanan, geofence, alat sadap suara, hingga kemampuan untuk mematikan mesin jarak jauh.

4. Merekam Riwayat Perjalanan

keunggulan GPS tracker real time untuk kendaraan pribadi

Keunggulan GPS tracker real time untuk kendaraan pribadi maupun bisnis adalah kemampuannya merekam history perjalanan. Informasi tersebut meliputi rute yang dilalui, waktu tempuh, dan kecepatan kendaraan.

Data ini sangatlah berguna untuk analisis dan evaluasi. Perusahaan bisa mengidentifikasi pola perjalanan dan perilaku pengemudi.

Selain itu, data tersebut juga bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan rute dan waktu tempuh. Sehingga, optimasi ini bisa berdampak positif pada biaya operasional.

Sebagai contoh, saat Anda memeriksa rute sebelumnya yang sering macet, sehingga waktu tempuh lebih lama, Anda bisa menyarankan alternatif rute lain untuk perjalanan berikutnya. Sehingga, perjalanan lebih lancar dan cepat sampai tujuan.

5. Memonitor Kendaraan Apakah Menyimpang dari Rute

keunggulan GPS tracker real time untuk bisnis

Yang ini merupakan keunggulan GPS tracker real time untuk bisnis khususnya pengusaha rental kendaraan dan penyedia transportasi seperti taksi atau ojek online.

Dengan adanya fitur geofence, Anda dapat memonitor apakah armada melaju pada rute yang telah ditentukan. Jika armada tersebut keluar rute atau dibawa ke daerah lain, sistem akan mengirimkan notifikasi kepada Anda.

Tentu saja fitur ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyalahgunaan kendaraan dan meningkatkan keamanan. Rute yang dilalui kendaraan tersebut juga akan terekam semua, sehingga Anda bisa melakukan evaluasi terhadap kinerja pengemudi.

6. Memantau Perilaku Pengemudi

software GPS tracker real time

Software GPS tracker real time juga berguna untuk mengevaluasi perilaku pengemudi. Anda bisa mengetahui apakah pengemudi ugal-ugalan dengan cara melihat data kecepatan dan juga pengereman kendaraan.

Pemantauan ini bisa mengurangi risiko kecelakaan akibat kebiasaan buruk pengemudi. Selain itu, monitoring perilaku saat mengemudi juga berguna untuk mencegah adanya kerusakan komponen tertentu pada kendaraan.

Misalnya saja, pengemudi yang sering memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi dan melakukan pengereman mendadak pasti membuat rem cepat aus. Oleh sebab itu, untuk menghindari kerusakan yang lebih parah atau kecelakaan, Anda harus melakukan perawatan secara berkala.

7. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

keunggulan GPS tracker real time

Penggunaan GPS tracker juga dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja. Misalnya, saat ada kemacetan pengemudi bisa menghindarinya dengan cara memilih rute tercepat.

Selain bisa menghemat waktu perjalanan, biaya bahan bakar pasti juga akan berkurang. Di bidang logistik atau ekspedisi, GPS tracker juga bisa meningkatkan produktivitas pekerja.

Sistem ini dapat membantu Anda untuk mengatur pengiriman barang agar lebih efisien. Saat waktu pengiriman bisa dioptimalkan, otomatis jumlah pengiriman dapat ditingkatkan.

Tidak hanya itu, GPS juga dapat terintegrasi dengan sensor bahan bakar. Sensor ini memudahkan Anda menganalisa konsumsi bahan bakar. Jika ternyata penggunaan BBM terlalu boros, Anda bisa memikirkan strategi yang tepat untuk menghemat konsumsi BBM.

8. Analisis Data untuk Perbaikan dan Perawatan Kendaraan

keunggulan GPS tracker real time

Kondisi kendaraan sangat dipengaruhi oleh perilaku pengemudi dan juga jarak yang telah ditempuh. Umumnya, kendaraan perlu di service secara berkala setiap menempuh 10.000 km.

Tapi, untuk kendaraan dengan intensitas penggunaan yang tinggi seperti rental, taksi, atau ojek onlineservice perlu dilakukan setiap 5.000 km. Data jarak tempuh ini bisa Anda peroleh dari GPS tracker. Jadi, Anda bisa tahu kapan harus melakukan penggantian oli mesin dan service rutin lainnya.

Selain itu, perilaku pengemudi yang tidak semestinya juga membuat kondisi kendaraan bisa menjadi cepat rusak. Data mengenai perilaku pengemudi ini bisa Anda jadikan acuan untuk melakukan perawatan komponen tertentu pada mobil.

Sehingga, Anda dapat memastikan bahwa kendaraan selalu dalam kondisi yang optimal.

9. Memantau Waktu Pemakaian

keunggulan GPS tracker real time

Bagi pemilik bisnis alat berat, pemasangan GPS tracker sangat bermanfaat untuk memonitor waktu pemakaian alat tersebut. GPS bisa terintegrasi dengan hour meter, sehingga Anda bisa memantau durasi penggunaan alat tersebut.

Dengan pemantauan langsung, tidak akan ada penyalahgunaan seperti manipulasi waktu penggunaan. Data-data seperti jam kerja dan konsumsi bahan bakar semuanya tercatat secara sistematis, sehingga meminimalisir penyelewengan.

Selain itu, data pemakaian ini bisa membantu Anda mengatur jadwal perawatan alat berat. Misalnya, Anda bisa mengetahui jadwal penggantian oli hidraulik setelah 2000 jam penggunaan.

GPS tracker real time memang menawarkan beragam manfaat baik untuk kendaraan pribadi maupun untuk bisnis. Dari pemantauan lokasi hingga analisis data untuk perbaikan, teknologi ini mampu meningkatkan keamanan dan efisiensi biaya operasional.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk merasakan beragam keunggulan GPS tracker real time? Serahkan saja urusan ini pada GPSKU. Sebagai penyedia GPS tracker terbaik, kami siap membantu Anda dalam pemasangan GPS untuk kendaraan pribadi, rental, transportasi umum, hingga alat berat.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai detail produk, fitur, dan penawaran uji coba gratis, segera kunjungi website resmi GPSKU sekarang juga!

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU