Part Motor Wajib Dicek Saat Musim Hujan

GPSKU – Motor memiliki komponen penting yang harus di perhatikan ekstra, terutama Ketika musim hujan telah tiba, karna motor kena air hujan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen penting pada motor.

Masa penghujan memanglah setiap tahun sering ada, oleh sebab itu kala mulai merambah masa itu, pengendara musti berikan perhatian lebih kepada sebagian komponen sepeda motor.

Air hujan serta jalanan yang berair nyatanya bisa menimbulkan bagian pada sepeda motor rawan aus, sebab isi pada air hujan berbaur pula dengan elemen lain, semacam pasir ataupun lumpur.

Selanjutnya kami merangkup sebagian bagian sepeda motor yang harus giat diperiksa dan dicoba pemeliharaan lebih kala masa hujan tiba.

4 Komponen motor yang harus di perhatikan ketika musim hujan

Cek Komponen Motor Ini Ketika Musim Hujan Tiba

1. Kampas rem

Tidak hanya kaitan motor, bagian lain yang rawan aus dikala terkena hujan merupakan kampas rem.

Air hujan bersama elemen kecil semacam pasir hendak masuk lewat antara yang terdapat pada kampas rem, serta kesimpulannya hendak memunculkan suara berdecit.

Dan di pastikan akan mengganggu ketika keluarnya suara bising tersebut, dan akan berakibat fatal juga pada sistem pengereman yang kinerjanya tidak maksimal.

Ancaman amat sangat kan. Bila didiamkan, bukan saja kampas rem hendak cepat cacat, bagian lain semacam piringan cakram, ataupun tromol hendak terkikis.

Oleh sebab itu, konsumen sepeda motor diharapkan buat memecahkan cakra buat diperiksa bagian kampas remnya, tidak hanya diperiksa sekaligus dibersihkan biar sistem pengereman prima kembali.

Baca Juga 5 Cara Mudah Mencuci Mobil Sendiri 

2. Rantai motor

rantai motor banjir

Pada sepeda motor rantai merupakan bagian yang bekerja buat menuangkan daya yang berawal dari mesin, mengarah ke roda.

Bagian itu mayoritas dibuat dari besi baja, serta esoknya hendak memutar gir yang pula berbahan yang sama.

Dalam situasi normal, kaitan serta gir butuh dilumasi biar gesekan itu lebih sedikit serta tidak bising.

Kala masa hujan tiba, kedua bagian itu kerap sekali terhampar air hujan berbaur elemen lain semacam pasir serta lumpur.

Dampak yang ditimbulkan merupakan, kaitan serta gir hendak karatan, pelumas yang melekat pada bagian itu pula hendak berbaur pasir serta lumpur.

Selesai pada tingkatan friksi yang sangat besar kemudian terjadi aus.

Buat menjaga bagian ini juru mudi hendaknya melaksanakan pembersihan rantai serta gir, kemudian bagian itu dilumasi kembali biar gesekannya sedikit, serta era pakainya lebih lama.

3. Mesin motor

Walaupun dilindungi oleh bagian lain, nyatanya bagian mesin pula rawan terkena air hujan selanjutnya lumpurnya.

Dan ketika mesin sudah mulai dingin, sesaat setelah di guyur hujan maka luaran mesin motor harus segera di bersihkan tepatnya ketika mesin motor sudah tidak panas alias dingin.

Kala mesin bertugas, hendak menghasilkan panas, kemudian air hujan serta lumpur bakal melekat mendadak.

Ini disebabkan karena panasnya mesin motor apabila terkena air hujan maka akan langsung menguap dan berasap.

Bila perihal itu terjadi, otomatis pendinginan mesin bakal tersendat sebab ditutupi oleh lapisan lumpur.

Bila juru mudi terdesak melampaui banjir, lihat pula bagian dalam mesin. Takutnya air masuk kedalam mesin lewat seal- seal penutup bagian mesin yang telah aus dimakan umur.

Oli mesin yang bercampur air, hendak nampak bercorak abu- abu, serta wajib segera ditukar. Seal pula butuh ditukar supaya proteksi mesin maksimum.

4. Busi

Untuk pemilik sepeda motor bergaya naked ataupun bebek, tidak hanya mesin, bagian busi pula terbuka. Kala hujan, bagian itu pasti hendak terkena air serta lumpur.

Busi sejatinya memiliki kedudukan buat menghantarkan arus listrik yang diganti jadi api buat pembakaran mesin.

Bila terkena air, mungkin motor bakal mati, namun dapat jadi justru berpotensi korsleting sebab terdapat arus yang bocor.

Senantiasa cek tutup busi apakah terdapat kelonggaran celah ataupun keadaannya masih rapat.

Bagi para pemilik kendaraan bermotor, musim penghujan menjadi sedikit menjadi hambatan mulai dari perawatan luar dan dalam motor lebih ekstra.

Namun merawat motor kesayangan sudah menjadi tanggung jawab, dengan memperhatikan komponen penting pada motor saat musim hujan melanda akan mengurangi resiko motor bermasalah seperti motor mogok dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2021 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia