Macam-Macam GPS Mobil, Navigasi hingga Lacak Mobil Hilang

GPS tracker merupakan solusi dalam mencegah aksi pencurian terhadap kendaraan seperti mobil. Pemasangan perangkat ini bertujuan demi mengantisipasi tindak kriminal tersebut. Nah, apa saja macam-macam gps mobil? Simak ulasannya lewat artikel berikut ini.

Pengertian GPS

pengertian gps mobil

Apa itu GPS mobil? Ini merupakan perangkat yang berguna untuk memantau sekaligus melacak keberadaan lokasi objek tertentu. Salah satu penggunaan yang paling umum untuk peranti ini adalah pada unit roda empat.

Macam-Macam GPS Mobil

jenis-jenis gps mobil

Ada beberapa jenis peranti ini yang tersedia. Mulai dari yang berukuran kecil, hingga GPS mobil tercanggih masa kini yang bisa Anda koneksikan dengan ponsel.

Keberadaan GPS mobil penting untuk menjaga unit Anda dari potensi tindak kejahatan. Sistemnya pun cukup praktis. Anda bisa menelusuri keberadaan unit Anda, dan menghubungkan sistemnya pada ponsel.

Namun, secara umum ada tiga jenis yang ada, yakni peranti plug-in atau tersambung, beroperasi dengan kabel atau menggunakan baterai portabel. Nah, umumnya setiap peranti tersebut sudah dapat terkoneksi dengan ponsel untuk dapat memberikan informasi.

Kemudian, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi yang ada pada ponsel untuk mendapatkan data penelusuran secara jarak jauh. Bahkan, ada fungsi lainnya yang dapat Anda manfaatkan, misalnya GPS yang bisa mematikan mesin mobil.

1. Tersambung

Inilah perangkat yang terkoneksi ke port kendaraan. Sebagai informasi, sejak era 90an, semua unit roda empat di Amerika Serikat wajib menyediakan port untuk peranti ini. Sehingga, dapat menyambungkan peranti ke mekanisme tersebut demi mendapatkan informasi berdasarkan data sensor kendaraan.

Kendati lokasinya berbeda, namun umumnya letak GPS mobil bisa Anda temukan di bawah titik kemudi.

Contoh jenis pelacak ini adalah Optimus Plug-in GPS Tracker. Harganya di kisaran Rp400 ribu hingga 500 ribu belum termasuk ongkos kirim.

2. Berkabel

Peranti ini memiliki kabel yang terkoneksi dengan kendaraan secara langsung. Ini dapat berguna ketika unit roda empat tidak memiliki mekanisme port, misalnya karena jenis roda empat lama atau standar tidak kompatibel.

Jika Anda ingin memiliki peranti yang tersembunyi, maka jenis ini bisa menjadi pilihan. Karena bisa Anda sembunyikan dan tidak berpengaruh terhadap fungsinya. Umumnya akan berada di bawah posisi dashboard.

Selama pemasangannya benar, maka tidak akan berdampak pada fitur utama penelusuran. Sehingga memberikan kebebasan kepada penggunanya lebih luas.

Pemilik usaha atau armada roda empat umumnya menggunakan unit peranti ini untuk kebutuhan melacak unit kerja mereka. Selain itu, dalam penggunaan untuk individu, peranti ini bisa menjadi alternatif untuk proteksi terhadap unit roda empat.

Contoh produknya adalah Seeworld s102a, dengan kisaran harga Rp370 ribu belum termasuk ongkos kirim.

3. Bertenaga Baterai Portabel

Peranti ini dapat Anda gunakan tanpa bergantung dengan energi dari unit roda empat Anda. Sebab, menggunakan sumber daya dari baterai. Hanya saja, harus diakui bahwa penggunaan peranti ini memiliki umur simpan yang terbatas.

Jika Anda ingin menghemat kekuatan dayanya, tidak perlu khawatir. Sebab, peranti akan mengirimkan data secukupnya sehingga tidak akan menguras daya. Contoh produknya adalah S11 Mini, dengan kisaran banderol Rp370 ribu belum termasuk biaya pengiriman.

Fungsi GPS Mobil

fungsi gps mobil

Setelah mengerti jenis-jenis umum GPS tracker portable, saatnya Anda memahami apa saja kegunaan GPS mobil yang akan Anda dapatkan dari peranti penelusuran tersebut.

1. Antisipasi Pencurian

Fungsi dari alat ini adalah untuk meningkatkan keamanan pada unit roda empat Anda dari potensi pencurian. Setidaknya, jika situasi terburuk terjadi aksi kejahatan, maka peranti ini akan membantu Anda menelusuri keberadaan mobil Anda.

Beberapa fitur bahkan bisa mematikan mesin dari jarak jauh.

2. Melihat Riwayat Perjalanan

Peranti ini juga bisa menyimpan riwayat aktivitas perjalanan Anda. Di sini, Anda bisa memperoleh data lengkap dalam periode waktu tertentu. Anda bisa melihat lokasi, jam keberangkatan atau tiba di lokasi tertentu. Semua data tersebut akan ada pada sistem tersimpan dan bisa Anda akses kapan saja.

3. Sadap Pembicaraan

Salah satu fitur yang bisa Anda gunakan adalah perekaman semua percakapan di dalam mobil. Jika terjadi adanya pencurian terhadap unit Anda, maka Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk memperoleh titik keberadaannya. Kemudian, penggunaan perekam ini bisa Anda gunakan untuk mengetahui segala percakapannya. Dengan begitu, Anda akan memiliki alat bukti tanda kriminalitas.

4. Deteksi Kantor Polisi Paling Dekat

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan perangkat ini untuk navigasi sekaligus proteksi terhadap diri Anda selama perjalanan. Misalnya, ketika terjadi hal yang tidak Anda inginkan, atau aksi kriminalitas, Anda bisa menekan tombol tertentu untuk mencari kantor polisi atau fasilitas umum lainnya.

Anda bisa menggunakannya lewat aplikasi yang terkoneksi dengan ponsel. ​​​Kemudian, Anda bisa mendapatkan rute terdekat.

Cara Kerja GPS Mobil

cara kerja gps

Ide dasar atau cara kerja GPS mobil adalah memanfaatkan jaringan satelit untuk menelusuri keberadaan unit roda empat. Yakni, menggunakan sistem trilateration. Titik keberadaan akan dikirim lewat sinyal GPRS melalui menara operator.

Kemudian, pada server, informasi tersebut akan diproses agar tampil lewat peramban, aplikasi baik ponsel hingga gawai lainnya. Setelah itu, Anda bisa mendapatkan data yang Anda inginkan.

Peranti ini berguna sebagai alat untuk deteksi keberadaan unit roda empat. Semua fungsi yang ada di dalamnya bermanfaat untuk memberikan proteksi jika sewaktu-waktu terjadi aksi kriminalitas. Misalnya pencurian atau penyalahgunaan terhadap unit tersebut.

Dengan segala fungsi yang ada di, maka penggunaan peranti ini tidak bisa Anda anggap enteng. Ada baiknya Anda segera melengkapi unit Anda dengan alat ini demi menjaga keamanan.

Itulah informasi tentang macam-macam gps mobil. Pastikan keamanan unit roda empat Anda tetap terjaga dengan mengunakan GPS terbaik dari GPSKU.

Tersedia berbagai jenis pelacak dengan harga terjangkau, server terbaik hingga pemasangan teknisi handal. Segera hubungi Customer Care 24 jam atau via email di hello@gpsku.co.id untuk informasi lebih lanjut.

contact-us-donk