logo mobile 2024

Apa itu GPS Mobil? Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Penggunaan

Dalam era mobilitas modern, teknologi GPS (Global Positioning System) telah menjadi penunjang tak tergantikan bagi pemilik kendaraan. Namun, apakah Anda sudah mengetahui apa itu GPS mobil? Bahkan lebih dari sekadar melacak lokasi, tentu ada kegunaan lain yang sangat bermanfaat.

Ada berbagai macam gps mobil dengan berbagai fitur. Oleh karena itu, mari kita eksplorasi lebih dalam mengenai GPS mobil, fungsinya, serta cara kerja dan penggunaannya sebelum memilih GPS mobil paling tepat untuk Anda.

Apa itu GPS Mobil?

pengertian gps mobil

GPS tracker adalah perangkat portabel yang digunakan oleh seseorang pemilik kendaraan untuk memantau dan melacak kendaraan bermotor. Karena itu, GPS dapat melakukan pelacakan secara real-time.

Oleh karena itu, hanya dengan memiliki alat tersebut seseorang bisa menerima data lokasi kendaraan secara instan. Akan tetapi, bukan itu saja. Misalnya, GPS juga bisa mencatat data kecepatan, merekam jarak tempuh, dan mematikan kendaraan dari jarak jauh sehingga mengurangi risiko pencurian.

Ringkasnya, pelacakan GPS mengandalkan jaringan satelit untuk menentukan lokasi perangkat. Kemudian, pengguna bisa mengendalikan GPS tersebut melalui smartphone dengan efisien.

Fungsi GPS Mobil

fungsi gps mobil

Faktanya, fungsi GPS mobil tidak terbatas pada menunjukkan lokasi saja, tetapi juga memungkinkan untuk:

1. Rute Optimal

Pertama-tama, GPS membantu Anda menemukan rute tercepat atau paling efisien untuk mencapai tujuan Anda. Kemudian, dengan menggunakan pelacakan lokasi, GPS juga bisa memperkirakan pilihan rute yang akan menghindarkan Anda dari kemacetan.

2. Keamanan dalam Bisnis

Memang, pencurian menjadi ancaman bagi para pemilik bisnis, misalnya rental mobil. Untuk alasan ini, dalam kasus darurat, GPS memungkinkan pihak berwenang untuk melacak dan menemukan kendaraan dengan cepat.

3. Pemantauan Bisnis

Bermanfaat bagi bisnis logistik dengan banyak armada kendaraan. Karena dapat memantau pergerakan dan penggunaan kendaraan secara real-time.

Anda tidak perlu repot untuk melacak armada kendaraan Anda satu demi satu. Karena, kendaraan dapat dipantau dalam satu aplikasi saja. Di samping itu, harga gps tracker mobil pun murah sehingga dapat dijangkau oleh pebisnis dengan armada berjumlah banyak.

4. Batasan Wilayah Gerak

Selanjutnya, fitur yang sangat berguna untuk pemilik kendaraan. Dan lagi, bagi pemilik bisnis dengan memanfaatkan armada kendaraan dalam jumlah banyak. Kemudian, pemilik dapat mengatur pilihan batasan area kendaraan.
Sehingga, pemilik kendaraan bisa memantau secara real-time untuk melihat jalur yang menyimpang dari batasan wilayah pada kendaraan.

5. Manajemen Waktu

Kemudian, GPS memungkinkan pemantauan waktu perjalanan, memungkinkan efisiensi yang lebih tinggi dalam perencanaan rute.

Misalnya, dengan menghindari high-traffic route, Anda bukan hanya menghemat waktu, akan tetapi juga mendapatkan perjalanan yang menyenangkan.

6. Penanda Lokasi

Anda bisa menentukan titik lokasi yang sering Anda kunjungi secara mudah. Sehingga, Anda bisa memantau kendaraan pada poin-poin yang sudah di tentukan dengan membuat POI.

7. Kendali Keamanan Penuh

Selanjutnya, selain fungsi-fungsi yang berkaitan dengan pelacakan lokasi, GPS yang berkualitas tinggi juga memiliki fungsi dalam kendali keamanan kendaraan Anda.

Contohnya, Anda dapat mematikan mesin dengan kejauhan, membunyikan alarm saat terjadi upaya pelepasan GPS secara paksa, menyalakan alarm SOS, alarm kebocoran bahan bakar, atau alarm untuk peringatan melibatkan perilaku driver.

Kemudian, ada juga fungsi alarm pengingat terkait masa berlaku surat izin mengemudi (SIM), informasi batas waktu STNK, dan KIR. Menarik, bukan? Ada berbagai kegunaan gps mobil yang bisa Anda eksplorasi.

Cara Kerja GPS Mobil

cara kerja gps mobil

Cara kerja GPS tracker adalah dengan menerima sinyal dari beberapa satelit di orbit bumi. Kemudian, setiap satelit mengirimkan informasi secara real-time meliputi informasi waktu dan posisi kendaraan.

Lebih lanjut, sistem dalam GPS kemudian memproses sinyal dari satelit-satelit tersebut dan menggunakan informasi waktu untuk menentukan jarak dan posisi relatif terhadap setiap satelit.

Kemudian, dengan informasi dari beberapa satelit, GPS dapat menentukan posisi akurat kendaraan Anda.

Cara Penggunaan GPS Mobil

Mari kita bahas step-by-step cara penggunaan gps mobil, mulai dari mengakses aplikasi, mengaktifkan, serta menonaktifkan GPS.

1. Monitor Kendaraan Dalam Satu Aplikasi

Saat ini terdapat inovasi yang sangat memudahkan pengguna GPS yaitu dengan meng-install aplikasi gps tracker di smartphone untuk mengakses seluruh fitur yang terdapat di aplikasi GPS.

Pertama-tama, Anda perlu pergi ke PlayStore atau App Store untuk mengunduh aplikasi berikut ini.

aplikasi gpsku

2. Mengakses Fitur-Fitur

Selanjutnya, Anda bisa langsung mengakses fitur-fitur yang ada seperti tracker, report, playback, geofence, alarm, maupun payment. Kemudian, Anda hanya perlu menekan tombol sesuai dengan fitur yang ingin Anda pakai.

Mari kita bahas satu persatu!

  • Tracker

fitur tracker gpsku

Pertama, laman fitur tracker. Anda bisa meregistrasi seluruh kendaraan yang terpasang perangkat GPS. Kemudian, fitur tersebut bisa mendeteksi kendaraan yang sedang melakukan perjalanan (Online) dan tidak melakukan perjalanan (Offline).

Lalu, saat membuka laman kendaraan Online, Anda bisa melihat detail kendaraan tersebut mulai dari nomor ponsel pengendara, koordinat, kecepatan, catatan waktu parkir, status pintu (terbuka/tertutup), odometer, dan alamat tujuan.

Dalam fitur tersebut, Anda juga bisa menggunakan playback untuk menunjukkan history perjalanan. Terdapat catatan di mana pengemudi parkir atau berhenti untuk beristirahat. Tentunya, Anda juga dapat mengamati pilihan rute perjalanan.

  • Report

fitur report gpsku

Hampir sama dengan fitur tracker, terdapat fitur report untuk merekam catatan perjalanan kendaraan. Hasil dari fitur ini, Anda bisa mendapatkan data mengenai durasi kerja kendaraan secara terperinci.

Bahkan lebih dari sekadar ruta, terdapat data riwayat parkir, penggunaan alarm, odometer, mileage, fuel monitor, POI, hingga driving behavior.

Oleh karena itu, Anda bisa menganalisis bagaimana meningkatkan efektivitas penggunaan kendaraan.

  • Geofence

fitur geofence gpsku

Kemmudian, fitur yang memungkinkan Anda untuk membatasi gerak kendaraan agar tidak keluar dari jalur yang pemilik tentukan. Sehingga, Anda bisa mengurangi risiko kendaraan dicuri, atau waktu tempuh perjalanan yang lama.

Alhasil, dengan fitur geofence dapat Anda lakukan dengan membuat area poligon, poliline dan radius. Kemudian, area berbentuk poligon, poliline, atau radius tersebut menjadi batasan wilayah yang bisa dilalui kendaraan.

  • Alarm

alarm gpsku

Selanjutnya, fitur alarm gps mobil yang memungkinkan Anda untuk melihat berbagai macam pemberitahuan mulai dari yang sederhana seperti informasi pintu terbuka, hingga saat mesin ON atau OFF.

Di samping itu ada pemberitahuan saat aki perlu ganti, masuk area geofence, info SOS, melebihi kecepatan, info odometer, ganti oli, gas mendadak, rem mendadak, hingga ketika terjadi kecelakaan.

  • Setting

setting aplikasi gpsku

Akhirnya, pada fitur setting, Anda bisa mencatat POI (Point of Interest) atau titik-titik lokasi yang sering Anda kunjungi. Kemudian, Anda bisa memilih titik sesuai dengan tampilan di dalam peta sebagai tujuan perjalanan.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur pemberitahuan apabila ada kendaraan yang sedang dalam proses maintenance seperti ganti oli, perawatan teratur, dan sebagainya.

  • Penggunaan Fitur Lain

fitur-fitur aplikasi gpsku

Fitur lain yang ada di dalam aplikasi yaitu laman transaksi pembayaran untuk terus menggunakan layanan GPS. Kemudian, terdapat fitur chat untuk menghubungi customer service apabila mengalami kendala.

Cara Mengaktifkan GPS

cara mengaktifkan gps

Cara mengaktifkan GPS mobil adalah dengan menyambungkan perangkat GPS ke aplikasi yang sudah Anda install.
Akan tetapi, pemasangan GPS akan dilakukan oleh teknisi jasa pasang gps mobil sehingga Anda hanya perlu mengaksesnya melalui aplikasi setelah terpasang. Anda perlu mendaftarkan nomor polisi dari kendaraan yang telah terpasang GPS.

Kemudian, pengguna dapat mengatur agar kendaraan tersebut tersambung dengan akun yang login di aplikasi. Dengan demikian GPS sudah otomatis aktif dan kendaraan dapat Anda pantau secara tepat waktu.

Cara Menonaktifkan GPS

cara menonaktifkan gps

Meskipun GPS memberikan banyak manfaat, ada situasi di mana Anda mungkin perlu mematikannya. Tenang saja, cara mematikan gps tracker tidaklah sulit. Yaitu, melalui menu pengaturan di perangkat GPS dengan tombol ON dan OFF.

Anda juga bisa menonaktifkan GPS dengan melalui aplikasi. Namun, saat power GPS tersebut off atau saat pembayaran belum lunas setelah jatuh tempo, maka GPS akan nonaktif secara otomatis.

GPS mobil adalah teknologi yang mempermudah navigasi dan pengelolaan kendaraan. Dengan memahami cara kerja gps dan penggunaannya, Anda dapat memaksimalkan manfaat dari sistem navigasi ini.

Setelah memahami apa itu GPS mobil, temukan GPS yang tepat untuk kendaraan Anda. Pastikan untuk pasang GPS mobil dengan benar dengan bantuan profesional untuk hasil terbaik hanya di GPSKU.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU