Penyebab Mesin Motor Matic Mati Mendadak

Mesin matic mati mendadak – Motor matic kerap terjadi permasalah yang serius misal mesin motor mati secara mendadak Ketika berada dijalan raya. Tentunya banyak faktor yang menjadi pemicu kejadian itu terjadi lalu apa saja penyebabnya.

Hal tersebut tentunya dapat membayakan pengemudi dan pengemudi yang lain ketika berada di jalan raya, beberapa penyebab masalahnya akan di ulas pada artikel ini.

5 Penyebab mesin motor matic mati mendadak

penyebab mesin motor matic mati mendadak

1. Karburator Terkena Air

Pemicu awal yang bisa jadi terjadi merupakan sebab karburator motor terkena air. Terlebih dikala masa hujan semacam dikala ini, kerap sekali karburator kemasukan air.

Air dapat masuk lewat antara ikatan gas yang karetnya telah mulai getas. Alhasil air masuk dalam zona karburator. Salah satu metode buat menanggulangi perihal ini merupakan menghasilkan air yang masuk terlebih dulu.

Triknya ialah dengan menutup kran bensin yang membidik ke karburator. Kemudian kendorkan baut yang terdapat pada pembuangan bensin. Hingga dengan cara otomatis air bakal keluar dengan sisa bensin yang terdapat di tong. Bila bila dirasa air yang masuk sudah keluar seluruh, kencangkan kembali baut semacam awal.

2. Kompresi Bocor

Pemicu lain mengapa motor matic tiba tiba mati merupakan sebab kompresi bocor. Permasalahan ini dapat saja terjadi tidak cuma pada motor tipe matic. Tetapi pula pada sepeda motor yang lain.

Kebocoran kompresi terjadi dampak terdapatnya rongga antara piston serta bilik silinder, ataupun dapat pula sebab melemahnya ring piston pada motor.

Gejala lain yang menyebabkan kebocoran kompresi merupakan sebab terdapatnya kotoran pada bahan bakar.

Nah, sering- kali banyak orang hirau dengan perihal ini serta menyepelehkan tipe materi bakar yang digunakan. Nyatanya mutu bahan bakar yang kurang baik amat beresiko untuk kesehatan mesin motor.

Baca Juga Membersihkan Noda di Jok Berbahan Beludru

3. Terdapatnya Overheat Pada Mesin

Mesin yang hadapi overheat pula dapat jadi salah satu pemicu motor mati tiba- tiba. Overheat pada mesin dapat disebabkan oleh perputaran oli di dalam mesin tidak mudah ataupun tersendat.

Mesin motor overheat pula dapat diakibatkan sebab radiator tidak berperan dengan bagus. Perihal ini kerap terjadi pada motor matic berkapasitas 125 cc ke atas.

4. Tersumbatnya Tutup Tangki

Perihal ini kerap kali dikira sepele, tetapi tampaknya sebab perihal kecil inilah dapat dapat motor kesayangan mati di jalur. Jadi mulai saat ini, cobalah buat mencermati lubang kecil yang terdapat pada tutup tong.

Ada pula guna dari lubang lubang itu merupakan selaku ventilator. Bila ada lubangnya kesumbat, hingga bisa menimbulkan perputaran udara hilang.

Akhirnya gerakan bahan bakar tidak bisa sempurna. Alhasil dapat menimbulkan motor mati tiba- tiba. Oleh karena itu, seringlah buat mengecek bagian kecil ini tiap kali membuka tong, serta lekas bilas bila ada lubang yang tersendat.

5. Tidak Berfungsinya Bagian Pengapian

Pemicu terakhir yang dapat jadi pemicu motor macet merupakan sistem pengapian yang tidak beroperasi. Bagian ini mempunyai guna membakar uap bahan bakar yang masuk dalam zona pembakaran. Area inilah motor mendapatkan tenaga buat bergerak.

Tetapi bila sistem pengapian tidak beroperasi, pasti dapat digambarkan motor tidak mendapatkan cara pembakaran serta berdampak motor tidak bisa menyala.

Ada pula sistem ini sendiri terdiri dari sebagian bagian. Mulai dari CDI, busi, sepul sampai koil. Masing masing bagian itu wajib diusut saksama buat mengenali kerusakan yang terdapat.

Perlu diingat bahwa motor matic kapan dan dimana saja bisa mati secara tiba – tiba jika terjadi hal seperti di rincikan di atas.

Setelah mengetahui penyebab matinya motor matic secara mendadak maka sobat GPSKU bisa lebih mempersiapkan motor maticnya dengan teliti dan melakukan perawatan dengan seksama dan untuk keamanan jangan di anggap enteng ya selalu pakai gps tracker motor untuk memastikan motor tetap dalam pengawasan.

Tips terakhir ialah denga rutin untuk men service motor di bengkel terpercaya per enam bulan sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2021 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia