logo mobile 2024

Kisaran Pajak Motor Scoopy 2023 Terbaru

Pajak Motor Scoopy – Jika Anda adalah pemilik Honda Scoopy, baik Scoopy karbu maupun Scoopy FI Injeksi ISP terbaru, membayar pajak adalah salah satu kewajiban yang harus dipenuhi. Namun, berapa pajak Scoopy yang harus dibayar? Bagaimana cara mengecek pajak Scoopy secara akurat? Apa saja daftar pajak Scoopy lengkap tahun 2023? Berapa biaya ganti plat 5 tahunan Scoopy? Bagaimana cara bayar pajak motor melalui Samsat/Indomaret/ATM? Artikel ini akan membahas semua informasi yang perlu Anda ketahui tentang pajak motor Scoopy.

Dasar Pengenaan Pajak Scoopy

pajak motor scoopy tahun 2023

Pajak adalah salah satu sumber pendapatan negara dan daerah, yang besaran tarifnya sudah diatur menurut undang-undang. Hal ini tercantum dalam undang-undang nomor 28 tahun 2009, tentang penerimaan pajak retribusi daerah. Besarnya harga pajak motor adalah 2% dari nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) untuk kepemilikan motor pertama, dan 2,5% untuk kepemilikan motor kedua, 3% untuk kepemilikan motor ke-3, dan tambahan sebesar 0,5% untuk kepemilikan Motor selanjutnya.

Kenaikan pajak ini disebut pajak progresif. Jadi apabila dalam satu kartu keluarga milik Anda terdapat kepemilikan lebih dari 1 motor, maka motor kedua memiliki pajak yang lebih tinggi dulu kembali 0,5% dari motor pertama. Catatan: pajak progresif ini hanya berlaku di daerah Jakarta, jika Anda diluar Jakarta kemungkinan besar Anda tidak akan terkena pajak progresif.

Cek Pajak Scoopy Akurat Secara Online

Untuk mengecek pajak kendaraan Anda secara akurat, langsung dari database Samsat, Anda bisa menggunakan aplikasi cek pajak kendaraan online [1]. Setelah Anda download dan download aplikasinya, Anda tinggal masukan saja data kendaraan Anda, dan pajak Anda akan keluar.

Daftar Pajak Scoopy Lengkap 2023

cara bayar pajak motor scoopy

Berikut ini adalah daftar pajak Scoopy lengkap, sudah termasuk model terbaru yaitu versi Scoopy sporty, fashion, stylish dan prestige. Daftar pajaknya sudah kami urutkan berdasarkan tahun, pajak ini bisa saja berbeda dengan pajak asli yang harus Anda bayarkan karena perbedaan tarif pajak di beberapa daerah berbeda. Untuk cek pajak akurat, Anda bisa menggunakan aplikasi cek pajak kendaraan online.

Tipe ScoopyTahunPajak
NEW SCOOPY SPORTY AT2023Rp 300.000
NEW SCOOPY SPORTY AT2022Rp 294.000
ALL NEW SCOOPY STYLISH AT2021Rp 298.000
NEW SCOOPY SPORTY AT2021Rp 292.000
ALL NEW SCOOPY STYLISH AT2020Rp 282.000
NEW SCOOPY SPORTY AT2020Rp 270.000
ALL NEW SCOOPY STYLISH AT2019Rp 278.000
HONDA SCOOPY ESP AT2015Rp 112.000

Detail Biaya Ganti Plat 5 Tahunan Scoopy

Biaya Penerbitan STNK2023Rp 100.000
Biaya Pengesahan STNK2023Rp 25.000
Biaya Penerbitan STCK2023Rp 25.000
Biaya Penerbitan TNKB2023Rp 60.000
Biaya SWDKLJJ2023Rp 36.000
Total Biaya untuk Ganti Plat2023Rp. 245.000

Denda Pajak Scoopy

Jika Anda terlambat membayar pajak motor Scoopy, maka Anda akan dikenakan denda. Besarnya denda pajak motor Scoopy adalah 2% per bulan dari besarnya pajak yang harus dibayar

Cara Bayar Pajak Motor Melalui Samsat/Indomaret/ATM

cek pajak motor scoopy

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membayar pajak motor Scoopy, antara lain melalui Samsat, Indomaret, dan ATM. Berikut caranya :

Membayar pajak motor Scoopy kini bisa dilakukan dengan berbagai cara yang mudah dan praktis. Dengan opsi pembayaran melalui Samsat, Indomaret, dan ATM, proses membayar pajak menjadi lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kesibukan Anda. Artikel ini akan membahas secara lengkap cara membayar pajak motor Scoopy melalui berbagai metode tersebut.

Pembayaran Pajak Motor Scoopy Melalui Samsat

Langkah-Langkah Pembayaran di Samsat

  • Kunjungi kantor Samsat terdekat dengan membawa dokumen yang diperlukan seperti STNK dan KTP.
  • Isi formulir pembayaran pajak yang disediakan.
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan nominal pajak yang tertera.

Keuntungan Pembayaran di Samsat

Membayar langsung di Samsat memberikan kepastian dan keamanan transaksi, serta Anda bisa langsung mendapatkan stiker pajak dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret

Tahapan Pembayaran Pajak di Indomaret

  • Kunjungi gerai Indomaret yang menyediakan layanan pembayaran pajak motor.
  • Berikan informasi nomor polisi motor Scoopy Anda kepada kasir.
  • Bayar nominal pajak yang ditagihkan serta biaya administrasi.

Manfaat Membayar di Indomaret

Membayar pajak motor di Indomaret sangat praktis dan bisa dilakukan sambil berbelanja kebutuhan sehari-hari. Layanan ini juga tersedia hampir di seluruh area, membuatnya mudah diakses.

Pembayaran Pajak Motor Scoopy Melalui ATM

Langkah Mudah Bayar Pajak di ATM

  • Gunakan mesin ATM bank yang Anda gunakan.
  • Cari opsi pembayaran pajak kendaraan.
  •  Ikuti instruksi untuk memasukkan detail seperti nomor polisi dan tahun pajak.
  • Lakukan pembayaran dan simpan bukti transaksi.

Kelebihan Pembayaran Via ATM

Membayar pajak motor Scoopy melalui ATM memberikan kenyamanan karena Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Selain itu, prosesnya cepat dan Anda tidak perlu antri.

Kini tidak lagi menjadi kegiatan yang merepotkan. Dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia, seperti langsung di Samsat, melalui Indomaret, atau via ATM, Anda memiliki fleksibilitas untuk memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk selalu membayar pajak motor Anda tepat waktu untuk menghindari denda dan menjaga motor Scoopy Anda tetap legal di jalan.

F.A.Q

Q: Apakah saya bisa membayar pajak motor Scoopy di semua gerai Indomaret? A: Ya, hampir semua gerai Indomaret menyediakan layanan pembayaran pajak motor, termasuk untuk motor Scoopy.

Q: Apakah membayar pajak motor melalui ATM memerlukan biaya tambahan? A: Biasanya ada biaya administrasi yang dikenakan saat membayar pajak motor melalui ATM, namun jumlahnya relatif kecil.

Q: Bagaimana jika saya kehilangan bukti pembayaran pajak dari ATM? A: Anda harus segera melaporkannya ke bank Anda untuk mendapatkan bukti pembayaran pengganti atau melakukan pengecekan melalui customer service bank tersebut.

Q: Apakah pembayaran pajak motor Scoopy di Samsat bisa dilakukan secara online? A: Beberapa wilayah sudah menyediakan layanan pembayaran pajak online. Anda bisa memeriksanya di situs web Samsat wilayah Anda.

Q: Berapa lama proses pembayaran pajak motor di Indomaret? A: Prosesnya cepat, biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit selama sistem pembayaran berfungsi dengan baik.

itulah daftar biaya pajak motor scoopy tahun 2023, ada juga biaya pajak dari tahun 2014 hingga 2022. Saat ini sangat mudah untuk membayar pajak motor baik secara online maupun offline, datanglah ke samsat ataupun indomeret terdekat di kota anda. Jangan sampe telat lagi ya

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU