Cara Pemasangan Relay Klakson Motor Dengan Benar Cek Disini!

GPSKU – Saat sekarang ini sudah menjadi standar ganda bahwa mobil harus dilengkapi dengan klakson, Klakson sangat berguna sebagai sinyal akustik dari satu pengendara ke pengendara lainnya. intip pemasangan relay klakson motor dibawah ini ya sob.

Apakah itu Memberi sinyal bahaya, meminta jalan, dan menyapa. Mekanisme klakson tidak sesederhana itu. Komponen ini sebenarnya tidak membutuhkan banyak tenaga untuk menghasilkan suara.

Biasanya, model tunggal dengan arus 1,5 amp (A) dan tegangan 12 volt (V) diberi nilai 18 watt (W). Klakson mobil mengkonsumsi arus 4,8A atau daya 57,6W dalam kondisi standar pabrik. Masalah umum dengan klakson adalah bahwa mereka tidak dapat memasok arus yang cukup untuk mempengaruhi sakelar. Tidak ada suara saat listrik dimatikan. Itu disebut kerusakan. Saat Anda menekan sakelar, klakson menyala dan kontak logam menyala dan aus. Kerusakan dapat melelehkan rumah sakelar dan merusak lampu.

Di sisi lain, jika kinerjanya tidak memadai atau tidak memadai, komponen listrik lainnya seperti lampu dan klakson akan terpengaruh. Motor biasanya memerlukan komponen tambahan, atau relai, untuk mencapai kinerja yang sesuai.

Cara Pemasangan Relay Klakson Motor Yang Benar Dan fungsi Relay

pemasangan relay klakson motor

Sebelum mempelajari cara memasang, pelajari fungsi relai klakson. Relai berfungsi baik sebagai sakelar sambungan maupun sebagai pemutus untuk beban arus tinggi. Tentunya jika menggunakan relay tidak perlu membuat kabel switch yang lebih besar, karena kabel yang lebih kecil sudah cukup.

Jika Anda ingin memasang relay pada kendaraan Anda, ada banyak jenis di pasaran saat ini. Namun demikian, banyak yang sekarang asli dan palsu, jadi berhati-hatilah saat memilih relai. Mendapatkan relay di pasar itu mudah.

Anda dapat membeli relai dari rumah Anda di bengkel setempat atau di pasar online. Tapi yang benar-benar perlu Anda perhatikan adalah pemasangan relai klakson yang benar.

Banyak merek relay klakson yang dijual dipasaran Indonesia diantaranya Hella, Fiam, Bosch, PIAA, Wolo, Hadley dan Fer. Anda juga dapat memilih merek yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Semua merek di pasaran berkualitas tinggi. Namun, kebanyakan orang lebih memilih relay merek Bosch atau Hella, yang dikenal dengan klakson berkualitas tinggi. Anda dapat mengatasi klakson pabrik standar dengan menggunakan relay.

Pada berbagai kasus klakson yang satu ini sering tidak terdengar nyaring atau sering bass. Apa sebenarnya cara mudah dan akurat untuk memasang relai klakson di Sebelum menggali lebih dalam, ada baiknya terlebih dahulu menyiapkan perangkat pendukung untuk instalasi yang bersih. Sekali lagi Anda perlu tahu itu! Pemasangan relai klakson harus dilakukan pada sistem positif dan negatif.

Baca Juga 6 Penyebab Klakson Motor Mati

Komponen yang diperlukan tersedia dengan pemasangan relai klakson

Pertama, pastikan beberapa komponen tersedia. Jika Anda ingin memasang relai klakson ke kendaraan. Cara mudahnya adalah dengan menyiapkan soket relay. Itu bisa dari merek apa saja yang tersedia.

Anda juga perlu menyediakan terminal koneksi relai. Misalnya, relai merek Bosch memiliki braket 4 kaki dan 5 kaki. Komponen lain yang harus ada adalah kotak sekring dan terminal steker yang sesuai dengan beban kendaraan saat ini. Ingatlah untuk menyediakan kabel serat optik berdiameter 5mm yang tebal dengan terminal cincin 10mm.

Apa yang perlu Anda ketahui sebelum memasang relai klakson Anda perlu mengetahui sebelum memasang relai klakson. Menyampaikan sistem kelistrikan melalui tegangan positif dan negatif. Untuk sistem negatif, biasanya dilengkapi dengan dua kabel. Kabel

plus memiliki dua kabel. Satu terhubung ke sakelar kontrol dan yang lainnya terhubung ke kasing motor atau ground. Sistem kelistrikan relai membutuhkan tegangan positif dan negatif. Untuk sistem negatif dua kabel normal, gunakan satu kabel untuk sakelar kontrol dan kabel lainnya untuk badan motor atau arde.

Sistem negatif

-Perhatikan nomor relai 30 untuk Baterai Plus, asalkan kabelnya tebal dan harus langsung dari baterai.

-Selanjutnya, sambungkan pin relai ke-87 ke klakson plus “kawat tebal atau sedang”.

-Transfer nomor pin 85 ke salah satu kabel klakson “A”.

-Selanjutnya, transfer pin nomor 86 ke kabel klakson “B”.

Kabel dari kaki 85 dan 86 dapat dipasang terlepas dari polaritasnya. Pada umumnya beberapa merk relay yang ada seringkali memiliki posisi kaki relay yang berbeda. Harap dicatat nomor kaki sebelum pemasangan.

Sistem positif

– Mulai dengan penginstal sistem positif, nomor relai 30 ke baterai positif. Prasyaratnya adalah kabelnya tebal dan lurus dari baterai.

-Plus klakson

“kabel tebal atau sedang” dari relai pada tahap berikutnya nomor 87.

-Selanjutnya, sambungkan pin relay nomor 85 ke salah satu kabel klakson “A”.

-Terakhir, sambungkan pin relai nomor 86 ke salah satu kabel klakson “B”.

Pengkabelan dari kaki 85 dan 86 dapat menjadi polaritas pertama. Beberapa merk relay yang ada memiliki posisi kaki relay yang berbeda-beda, jadi sebaiknya perhatikan juga nomor kaki sebelum memasang. Hati-hati saat memasang relai.

Selalu perhatikan ujung kabel dan kencangkan di tempatnya. pada intinya jangan sampai salah memasang kabel ya sob, karena dapat menjalar kerusakan pada komponen lainnya juga. jangan lupa untuk selalu memasang gps motor agar motor kesayangan anda selalu aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2022 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia