Penyebab Rem Mobil Bunyi Decit Saat Diinjak

GPSKU – Sistem pengereman menjadikan komponen penting pada sebuah kendaraan, terkadang pedal rem bunyi saat di injak menghasilakan bunyi cit cit atau ngik yang pasti menggangu pengemudi.

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada sistem pengereman ialah munculnya bunyi decit Ketika sesaat melakukan pengereman, apabila sudah terjadi hal demikian maka segera untuk mencari tahu penyebabnya.

Namun perlu diketahui, rem mobil yang menimbulkan bunyi berdecit tak selalu mengindikasikan adanya kerusakaan pada sistem pengereman mobil.

Nah.. Ada sejumlah faktor atau penyebab yang membuat sistem rem berbunyi. Apa saja?

3 Penyebab Rem Mobil Berbunyi Krek Saat Di Injak

penyebab rem mobil bunyi saat di injak

1. Komponen rem kotor

Letaknya yang di bawah, membuat sistem rem pada roda mobil mudah dihinggapi kotoran. Jadi, bukan tidak mungkin ada kerikil halus atau lumpur yang menempel.

Pada sistem rem teromol, kondisi ini sangat berpotensi besar menimbulkan suara berdecit saat pengendara melakukan pengereman. Namun, hal ini bisa saja terjadi pada sistem rem cakram.

Untuk mengatasinya, komponen rem pada tiap roda perlu dibersihkan hingga kampas rem dan dinding teromol.

Cara membersihkannya pun mudah, bisa gunakan lap ditambah kuas. Agar hasil pembersihan maksimal, bisa disemprot dengan bantuan angin dari mesin kompresor.

2. Kampas rem aus

Suara berdecit juga bisa disebabkan karena kampas rem sudah aus atau habis. Gesekan antara logam kampas rem dengan cakram atau tromol, membuat suara berdecit muncul setiap kali melakukan pengereman.

Pada kondisi ini, ada baiknya segera untuk mengganti kampas rem. Tujuannya agar gesekannya tak sampai merusak permukaan cakram ataupun teromol rem.

Baca Juga Tips Aman Melewati Genangan Air Banjir

3. Permukaan cakram tidak rata

Hal lain yang harus menjadi perhatian adalah mengecek permukaan cakram rem. Bisa jadi, munculnya suara berdecit tersebut diakibatkan karena permukaan cakram rem tidak rata.

Penyebab permukaan cakram tidak rata biasanya dikarenakan kampas rem yang tidak pernah diganti.

Sebenarnya, ada solusi mengembalikan permukaan cakram seperti semula dengan cara diratakan kembali dengan proses bubut.

Tapi apabila kondisi permukaan cakram rem sudah benar-benar tipis, mau tidak mau Anda harus menggantinya. Disarankan, penggantian cakram rem dilakukan sepasang karena ketebalannya harus seimbang antara roda sisi kiri dan kanan.

Beberapa penyebab terjadinya suara decitan pada rem di atas dapat menjadi referensi anda Ketika mengalami hal serupa.

Segera perikas apabila rem mobil bunyi ngik muncul yang timbul pada rem, demi keselamatan anda Ketika sedang dalam perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2022 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia