Rem Mobil Blong Tidak Berfungsi, Jangan Panik!

GPSKU, Pernah mengalamai situasi tiba tiba Rem mobil tidak berfungsi ketka posisi kita sedang berkendara ? yang mana anda harus berhenti laju kendaraan namun tidak bisa karena Rem kendaraan Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya,

Situasi  ini menjadi panik dan binggung hal apa yang harus anda lakukan di saat konsisi rem blong. Disitulah betapa pentingnya fungsi rem pada kendaraan.

Maka dari itu system pengereman harus secara rutun anda perhatikan secara berkala agar selalu berfungsi dengan baik sebagaimna mestinya dan tidak membahayakansaat berkendara.

Apalagi Anda ingin berkendara jauh, pengecekan rem salah satu hal yang harus anda wajibkan untuk di cek kondisinya. Jika terlalu lalai dalam perawatan mobil itu sama saja kita membahayakan diri sendiri saat berkendara.

Langkah Pertama periksa ketebalan permukaan ban, cek Kondisi ketebalan lapisan permukaan ban sangat mempengaruhi hasil pengereman terutama di jalan licin dan basah apalagi pas kondisi hujan.

Periksa juga ketebalan ban secara berkala, yang mana  aktivitas pengereman harian dilakukan secara rutin oleh anda saat berkendara.

Saat berkendara pun, kurangi kecepatan saat hujan atau jalanan basah dan licib ini yang mana Hal ini dilakukan untuk menghindari penggunaan rem yang berlebihan.

Kondisi hujan atau jalan basah juga dapat menyebabkan kendaraan selip saat digunakan pada kecepatan tinggi. Jadi hindari mengerem terlalu keras di jalan yang menurun, selain ausnya kampas rem juga berbahaya.

Caranya adalah dengan menggunakan trik menurunkan gigi ke level rendah untuk memperlambat mobil dengan menurunkan transmisi.

Anda dapat menggunakan transmisi kecepatan rendah saat melintasi jalan menurun dan pemindahan gigi dilakukan sebelum turun.

Gunakan gigi 1 untuk mobil dengan transmisi manual dan L, 2 atau 3 untuk mobil dengan transmisi otomatis.

bagaimana jika kendaraan mengalami rem yang tidak bekerja normal di tengah jalan atau saat berkendara ? Jangan langsung panik Ada beberapa tips yang bisa dilakukan jika hal tersebut terjadi pada kendaraan anda:

Tips Mengatasi Rem Mobil Anda Tidak Berfungsi

rem mobil tidak berfungsi blong

1. Terus injak rem dan Tetap Tenang

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah terus memompa rem  dengan terus menerus, agar tekanan kembali seperti semula. Namun, jika rem terasa berat atau keras saat dipompa, mungkin ada kendala pada sistem rem

Segera memperlambat mobil dan menepi ke sisi jalan untuk memeriksa sistem rem. Namun dengan perhitungan yang tepat, jangan sampai berhenti di tempat yang membuat terganggu pengendara lain.

2. Menggunakan rem parkir Atau Rem tangan.

Jika Langkah pertama Gagal Langkah selanjutnya bisa anda Tarik rem parkir dengan hati-hati dan rasakan gigitan pada laju roda. Jika Anda merasa rem sudah memperlambat,

Tarik rem tangan dan lepaskan sampai mobil sudah berhenti.maha hal ini  Pengendara juga harus menyesuaikan tekanan rem agar tidak kehilangan kendali.

3. Menekan lampu hazard dan tombol klakson

Langkahpun harus anda lakukan sesering mungkin namun harus perhatikan Langkah-langkah cara pengereman di atas,

Lakukan untuk memberi sinyal dengan menekan tombol hazard agar pengemudi lain yang mengetahui bahwa rem mobil atau bagian lain dari kendaraan sedang bermasalah.

Pengendara lain pun bisa memberikan pertologan dan untuk menepihakn kendaraanya agar tidak terjadi tabrakan beruntun.

Baca Juga Aturan Bawa Sepeda di Mobil, Awas Kena Tilang!

4. Jangan langsung mematikan mesin

Langkah ini pun harus di perhatikan juga  yang mana Disarankan untuk tidak langsung mematikan mesin karena bisa menyulitkan mengatur dan mengontrol arah mobil karena pompa power steering akan mati dan setir akan terasa berat dan rem akan tidak bekerja secara normal

Pengendalian kendaraan pun tidak setabil membuat mobil akan terguling Ketika hal ini di lakukan. Di sebabkan susah dalam mengontrolnya.

5. Jangan menginjak pedal Gas

Langkah ini mungkin menjadi hal yang konyol bagi pengendara jika di lakukan,

Hindari menginjak pedal gas karena akan menambah kecepatan tinggi pada mobil yang memuat ada rugi dalam segala hal, jika salah dalam mengambil keputusan pada kondisi ini dibutuhkan rasa pengontrolan diri sendiri.

6. Menabrakan ke benda lunak

Langkah ini dapat dilakukan jika cara di atas gagal semua. Maka jalan satu-satunya menabrakan  mobil dengan ke sesuatu yang lunak (misalnya, gundukan tanah, tumpukan ban, atau pasir) dapat memperlambat atau menghentikan kendaraan.

Namun anda pun harus memperhatikan posisi mana yang harus di benturkan, supaya tidak terlalu parah dan merugikan diri sendiri.

7. Arahkan ke jalur evakuasi

Lihat di sekitar jalan jika terdapat jalur evakuasi maka Arahkan kendaraan ke jalur evakuasi jika rem tidak berfungsi normal

Arahkan ke jalur evakuasi biasanya berada di sisi kiri jalan biasanya ada terutama untuk jalan tol yang menurun tajam pada jalur kendaraan.

Bukan jalan tol saja melaikan di jalur-jalur yang terdapat turunan tajam biasanya terdapat jalur evakuasi maka arahkan kendaraan Jika terjadi kerusakan pada rem mobil,

8. Pemeriksaan rutin di bengkel resmi di seluruh Indonesia.

Maka dari itu fungsi pengereman itu merupakan hal yang sangat penting maka selalu di adakan Pengecekan untuk mengganti dan memperbaiki bagian-bagian yang tidak berfungsi dengan baik jika di temukan hal seperti itu.

Namun jika terjadi kerusakan pada rem saat berada di jalan, pengemudi dapat membawa kendaraannya ke bengkel resmi terdekat dengan menghubungi orang bengkel resmi dari kendaraan anda. Artikel tentang cara mengatasi rem mobil blong / tidak berfungsi bisa memudahkan anda tetep mengemudi dengan tenang, keep safety dalam berkendaraan. semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2021 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia