Penerapan Tehnologi GPS Terhadap Alat Bor Minyak PT. Pertamina EP

Alat Mesin Bor Minyak dengan Tehnologi Terbaru PT. Pertamina EP

Dilansir berita oleh liputan6.com , jakarta – Mengenai sistem baru operasional alat mesin bor minyak dengan komputerisasi atau di sebut rig cyber-55 yang dimiliki oleh PT. Pertaminan Drilling Service Indonesia ( PDSI ) berfungsi sebagai pencari minyak dan gas bumi atau disebut migas dilapangan jatisari – 9 kepunyaaan PT. Pertamina EP

Seorang Peoject Manager PDSI Jawa – Kasawan timur ( KTI )- Komedi berkata, rig tersebut merupakan satu dari 10 rig cyber yang dimiliki PDSI. Alat yang dibeli sejak 2011 semuanya tidak pernah berhenti menggarap berbagai proyek pencarian migas. Project Manager PDSI Jawa – Kawasan Timur Indonesia (KTI), Komedi mengatakan, rig tersebut merupakan satu dari 10 rig cyber yang dimiliki PDSI. Alat yang dibeli sejak 2011 semuanya tidak pernah berhenti menggarap berbagai proyek pencarian migas.

“Saat ini ada empat unit dioperasikan di Pulau Jawa, 3 untuk proyek Geothermal, dan tiga unit di Aceh,” kata ‎Komedi, di Jakarta, Jumat (2/2/2018).

Sebelumnya rig cyber juga pernah dioperasikan di Kalimantan baik untuk keperluan eksplorasi di lingkungan bisnis Pertamina maupun di Kontraktor Kontrak Kerja Sama lainnya (KKKS) yang ada di Indonesia.

Komedi menjelaskan, rig cyber merupakan alat bor yang dioperasikan dan dikontrol secara akurat dengan sistem komputer. Rig Cyber-55 berkekuatan 1.500 Horse Power (HP) dengan kode # RIG PDSI # 31.3/D1500-E dioperasikan di lapangan Jas-9 sejak 30 Desember 2017.

Rig buatan Amerika tersebut, menjadi primadona pengeboran, karena memiliki berbagai keunggulan. Antara lain pengoperasiannya menggunakan sistem layar sentuh ( touchscreen), sehingga satu monitor bisa mengontrol semua peralatan yang ada.

Selain itu, rig cyber juga bisa memberikan informasi berdasarkan aktivitas pengeboran yang dilakukan dengan sistem alarm dan warning.

“Rig cyber memiliki sistem pengaturan yang maksimal, cukup dioperasikan satu orang dengan dukungan 5 mesin genset berkekuatan 600 volt,” ujarnya.

Tehnologi GPS terhadap Alat Mesin Bor Minyak

alat mesin bor minyak pertamina

Penerapan Tehnologi berbasis GPS ( Global Positioning System ) yang terpasang di alat bor minyak pertamina ini sangat memudahkan PT. Pertamina EP untuk memantau kinerja dan aktivitas dari operasional pengeboran / Drilling minyak. Data yang diambil sangat cepat dan realtime. Saat Mesin Beroperasi bisa langsung diketahui waktu dan lokasi hanya melalui handphone, dan juga Ketika Mesin Alat Bor Minyak ini sedang Tidak Mengoperasionalkan mesin tersebut akan diketahui berapa lama sistem mesin berhenti.

Melalui Kerjasama dengan PT. GPSKU Karya Indonesia dalam perihal pembuatan aplikasi pertamina EP dan hardware product gps untuk alat mesin bor minyak supaya memudahkan pihak pertamina mengelola waktu, jam operasional dan maintenenance mesin tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.