[Tips GPSKU] Banyak Yang Tidak Tau, Begini Cara Cat Velg Mobil Yang Benar

GPSKU GPS mobil – Velg merupakan bagian penting dari sebuah mobil yang harus dirawat. Untuk dapat mempercantik tampilan velg, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengecatnya. Namun, sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui cara cat velg mobil yang benar. Untuk itu, berikut adalah informasinya.

1. Membersihkan Kotoran Yang Menempel

Sebelum melakukan pengecatan, pastikan terlebih dahulu velg yang akan dicat dalam keadaan yang bersih. Hal tersebut dikarenakan jika velg kotor, maka catnya tidak akan menempel secara sempurna.

tips gpsku mobil - Cara cat velg mobil
tips gpsku mobil – Cara cat velg mobil

Cara membersihkannya dapat menggunakan air sabun sampai benar-benar bersih. Jangan lupa membersihkan di bagian sela-sela palang dari velgnya karena bagian tersebut sering terlupakan. Setelah dibersihkan, tunggu velg dalam keadaan kering karena jika ada yang masih basah akan membuat velg belang-belang.

2. Menghilangkan Karat Pada Velg

Karat dapat mengganggu tampilan fisik dari velg. Adanya karat ini akan membuat proses pengecatan menjadi terganggu. Oleh sebab itu, wajib menghilangkannya secara maksimal. Cara yang digunakan untuk menghilangkannya yaitu dengan pengamplasan. Pengamplasan ini juga berguna untuk menghilangkan clear asli atau lapisan pernis.

3. Pendempulan

Cara cat velg mobil sering terlupakan oleh pelaku otomotif karena banyak yang mengira kalau cara ini tidak terlalu penting. Nyatanya proses pendempulan ini berguna untuk mendapatkan velg dalam kondisi yang utuh sehingga tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Dengan adanya proses pendempulan, velg yang dalam kondisi gompal dapat ditambal dengan baik sehingga kondisinya dapat utuh kembali. Pelaku otomotif harus jeli melihat bagian mana saja yang gompal sehingga semua permukaan velg dapat di dempul secara sempurna.

4. Pengecatan

Cat yang biasanya digunakan adalah untuk mengecat velg adalah warna silver ataupun hitam. Warna tersebut memang tergolong warna yang netral sehingga sering digunakan. Selain mempertimbangkan warna, kualitas dari catnya juga harus diperhatikan. Pilihlah cat yang berkualitas tinggi agar dapat menempel dengan sempurna dan juga tahan lama. Kunci dari proses pengecatan ini adalah dilakukan di ruangan yang tertutup agar tidak terkena udara luar dan debu yang beterbangan. Jika terkena debu, maka hasil cat akan berbintik karena debunya juga ikut terperangkap di dalam cat tersebut.

Baca Juga : [Tips GPSKU] Jangan Anggap Remeh! Berikut 6 Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak Panjang

5. Jangan Takut Belepotan

Pada proses pengecatan, jangan lupa velg diberi alas berupa koran ataupun kain agar tidak mengotori lantainya. Cara pengecatannya dilakukan dengan cara disemprot pada jarak 15 cm. Usahakan jangan terlalu jauh atau dekat karena akan mempengaruhi tingkat kemerataan catnya. Tidak perlu khawatir jika cat mengenai ban atau body karena cara mengelupasnya sangat mudah yaitu dilepas seperti melepas stiker. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pengecatan ini dapat dilakukan sampai 2 kali pengecatan. Mulailah secara bertahap sampai benar-benar rata kemudian barulah dilapisi lagi.

Jika ada cat yang melebar kemana-mana, tunggu saja sampai cat tersebut benar-benar kering dan proses pengecatan sudah selesai. Kemudian jika sudah, lepaskanlah secara perlahan cat yang melebar tersebut. Tentu saja cara ini sangat mudah karena cat yang sudah kering akan berubah menjadi karet sehingga mudah untuk melepaskannya.

6. Lapisi Dengan Clear Coat

Proses terakhir dari cara cat velg mobil yaitu dengan melapisi clear coat. Lapisan ini berguna untuk mengkilapkan warna velg dan juga melindungi dari kerusakan yang berasal dari luar. Lapisan ini juga dapat melindungi cat velg dari paparan sinar UV sehingga tidak merusak top coat-nya. Oleh karena itu pastikan melakukan proses ini dengan benar.

Itulah 6 cara cat velg mobil yang bisa diterapkan di rumah. Pastikan memilih cat yang berkualitas dan sesuai dengan warna kesukaan agar dapat menambah kecantikan velg dari mobilnya sehingga lebih enak dipandang. untuk produk gps mobil head unit dan navigasi rekemondeasi terbaik belanja online melalui gpsku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2021 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia