[Tips GPSKU] Jangan Anggap Remeh! Berikut 6 Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak Panjang

GPSKU Jakarta, GPS Mobil — Retakan di kaca mobil bisa sangat cepat memburuk. Ini dapat merusak penampilan mobil dan menghalangi pandangan untuk mengemudi jika letak retakannya di kaca depan. Langkah awal dari cara memperbaiki kaca mobil retak panjang yang harus dilakukan adalah mencegah air atau kotoran masuk ke dalam retakan dengan menggunakan pita perekat bening. 

cara memperbaiki kaca mobil retak panjang
tips gpsku cara memperbaiki kaca mobil retak panjang

Meskipun ada tukang bengkel yang dapat memberikan layanan perbaikan retakan kaca mobil, banyak situasi dapat ditangani dengan cepat melalui pendekatan DIY. Untuk melakukannya yang dibutuhkan hanyalah bahan yang tepat dengan sedikit kesabaran. Di bawah ini merupakan daftar 6 strategi yang dapat membantu memperbaiki kaca mobil yang retak panjang.

1. Gunakan Glass Repair Kit

Untuk memperbaiki retakan sendiri, pergilah ke toko suku cadang mobil terdekat dan beli glass repair kit. Meskipun ada berbagai jenis kit, sebagian besar mengandung resin dan adaptor tertentu.  Lem akan masuk ke dalam retakan dan menutupinya dari komponen luar dan puing-puing.  Ini mengurangi resiko kerusakan pada kaca sekaligus mencegah penyebaran ekstra. Bor lubang kecil melalui lapisan atas kaca di salah satu ujung retakan, menggunakan mata bor berukuran 1/16 inci. Pada saat itu, paksa resin dari kit perbaikan masuk ke dalam retakan.

2. Rapatkan kembali retakan pada kaca mobil dengan Lem Super

Jika retakannya kecil, untuk memperbaikinya bisa dengan menggunakan lem cyanoacrylate standar, atau lebih dikenal sebagai Super Glue. Cara memperbaiki kaca mobil retak panjang menggunakan lem Super Glue ini adalah dengan memaksakannya masuk ke dalam celah. Setelah dikeringkan, ini akan membantu kedua sisi retakan tetap bersatu dan mengurangi penyebaran ekstra.

3. Isi Retakan dengan Resin

Pertama, semprotkan pembersih jendela pada handuk microfiber dan bersihkan jendela. Jangan semprotkan pembersih langsung pada retakan. Gunakan semprotan udara terkompresi untuk dapat membersihkan sisa-sisa pecahan kaca yang telah hancur. Atur injector resin di atas chip dan tekan ke bagian kaca yang diinginkan. Lalu masukkan resin ke dalamnya.

Baca Juga : Tips GPSKU – Kenapa Mobil Tidak Bisa Di Starter Yang Sering Terjadi

Memanfaatkan sinar matahari untuk mengeringkan resin. Setelah retakan terisi, kemungkinan akan ada divot kecil yang tersisa. Gulung resin ekstra atau resin “pengisi lubang” yang disediakan ke dalam divot. Gunakan silet untuk mengikis sisa resin dengan hati-hati. Terakhir,gunakan cat pit untuk lebih memperbaiki tampilan bekas retakan.

4. Cat Kuku untuk Perbaikan Sementara

Ada beberapa orang yang juga memanfaatkan cat kuku akrilik transparan sebagai solusi sementara. Pertama-tama, bersihkan kotoran yang ada di retakan kaca mobil. Lalu oleskan cat kuku yang banyak di dalam dan di luar retakan, dan zona luar tempat retakan bisa menyebar. Ini dapat membantu menahan kaca menyatu untuk jangka pendek. Setidaknya mengulur waktu untuk membawanya ke bengkel. Ingat, metode cat kuku dan Super Glue adalah solusi jangka pendek dan bersifat sementara.

5. Parkir mobil di tempat teduh

Panas pada musim kemarau dapat dengan cepat meningkatkan suhu di dalam mobil. Kondisi ini dapat memberikan tekanan kaca mobil. Selain itu, sebenarnya ada berbagai faktor yang juga dapat menyebabkan perluasan retakan, misalnya hujan lebat dan angin cuaca buruk, dan badai salju.  Dengan memarkir kendaraan di tempat teduh, hal itu akan menurunkan konsekuensi perubahan suhu serta berbagai faktor. Kapan pun situasinya memungkinkan, parkir di dalam garasi akan membantu mengurangi tekanan pada kaca mobil yang retak agar tidak semakin memburuk.

6. Dapatkan Saran dari Tukang Perbaikan Kaca Mobil

Untuk perbaikan retak panjang pada kaca mobil, tetap disarankan untuk mengobrol dengan tukang perbaikan kaca mobil. Hal itu dikarenakan para tukang tersebut memiliki informasi, alat, bahan, dan pengalaman yang diperlukan untuk membantu memperbaiki kaca mobil yang retak panjang. Selain itu, dengan membawanya ke professional mungkin juga bisa menjaga ukuran retakan agar terlihat lebih ramping dibandingkan dengan sebenarnya.

Demikianlah 6 cara memperbaiki kaca mobil retak panjang. Namun walau bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jaga jarak dengan kendaraan lain saat sedang parkir atau saat sedang di jalan. Jangan pernah meremehkan retakan sekecil apapun, termasuk jangan juga meremehkan keamanan kendaraan anda, pasang gps mobil solusi terbaik pengaman kendaraan saat ini . Segera atasi sebelum retakan pada kaca mobil semakin memburuk.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2021 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia