Tips Mengendarai Motor Matic Saat Turunan

Mengendarai Motor Matic Di Turunan – Melewati turunan menggunakan motor matic harus memiliki teknik yang berbeda dari motor manual lho, sebab motor matic hanya mengandalkan rem tangan saja untuk bantuan pengurangan kecepatan. Nah banyak yang kurang memahami teknik mengendarai motor matic saat turunan yang berakibat bisa nyungsep sampai terjadinya kecelakaan.

Cara rem motor yang benar khususnya matic ketika melewati turunan adalah dengan tetpa siapa rem depan dan belakang menggunakan empat jari, artinya perkuat rem tangan depan namun jangan sampai tarikan habis karena akan mengganggu kestabilan laju motor.

Intinya, jangan panik ketika melewati turunan ya sob, cara menghilangkan rasa takut bawa motor adalah dengan tetap tenang, turunkan gas dan atur rem sebaik mungkin. Untuk lebih memahami tips aman mengendarai motor matic ketika di jalan turunan yuk simak penjelasan dibawah ini.

5 Tips Cara Mengendarai Motor Matic Saat turunan Dan Mengerem

tips mengendarai motor matic rem cakram turunan

1. Jangan kosongkan gas.

Karena motor matic itu sistem persneling-nya otomatis, jadi sangat tidak dianjurkan buat langsung mengosongkan gas saat melewati jalan turunan. Pasalnya, kalau kamu mengosongkan persneling sampai kosong bisa jadi laju motor matic tidak terkendali.

Jadi, kalau kamu pas melewati jalur turunan terutama turunan tajam maka kurangi saja laju gas mu tapi jangan sampai kosong ya! Yah, minimal kosongkan gas hingga kecepatan 5-10km/jam lah.

2. Selalu posisikan keempat jari di masing-masing handlerem.

Nah, kalau gas motor matic-mu sudah diatur dalam kecepatan sedang maka saatnya kamu memosisikan keempat jari di masing-masing handle rem. Ingat, saat mengerem di jalanan yang turun memang keempat jarimu (kelingking, jari manis, jari tengah, dan jari telunjuk) wajib siaga di handle rem.

Sementara itu, jari jempol wajib siap di grip gas untuk mengatur laju gas motor matic-mu. Cengkram handle rem seperlu dan secukupnya, jangan terlalu dalam supaya rem tidak terlalu mencengkram yang malah membuat motor kehilangan kestabilan.

3. Prioritaskan pakai rem depan ketimbang rem belakang.

Jadi, saat melewati jalanan yang turun usahakan untuk menekan handle rem depan lebih keras ketimbang rem belakang. Pasalnya, rem depan itu dapat menahan daya dorong motor ke depan yang notabene lebih besar dayanya saat di jalan turunan.

Lantas apakah rem belakang gak berfugsi saat melewati jalan turunan tajam? Jawabannya tentu tidak, rem belakang tetap berfungsi kok saat melewati jalan turunan tapi sebagai penyeimbang saja.

Baca Juga Tips Cara Merawat Keyless Motor Matic 2021

4. Jangan lepas pegangan rem sebelum melewati jalan turunan.

Biasanya sih, banyak orang gak sabar terus-terusa mengerem ketika melewati jalan turunan. Namun ternyata, hal ini berbahaya lho!

Pasalnya, melepas rem di saat belum selesai melewati jalan turunan dapat mengakibatkan laju motor jadi tak terkendali. Sehingga, sangat berisiko bikin kamu gak bisa mengendalikan motor dengan baik dan kalau sial bisa jadi hal-hal yang tak diinginkan (seperti jatuh atau menabrak kendaraan di depan) terjadi.

5. Pakai kaki kanan untuk menyeimbangkan, tapi…

Kamu juga bisa menggunakan kaki kanan untuk menyeimbangkan motor saat melewati jalan turunan yang tajam. Tips ini juga bisa dilakukan saat kamu melewati jalan turunan tajam yang sedang padat kendaraan.

Jadi saat padat kendaraan, kaki kanan bisa dimanfaatkan untuk menopang motor yang harus sering berhenti. Biar kamu lebih siap dan gak cepat capek sih!

Jadi, lakukan tips diatas ketika sobat mengendarai motor matic dan melewati turunana, jangan tergesa-gesa ya jangan juga naikan gas karena khwatir kestabilan motor tidak dapat terjaga.

Sumber : IDNTimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2022 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia