Tips Merawat Mobil Matic Yang Benar

GPSKU – Memiliki mobil matic bukan hanya memudahkan anda dalam mengemudi Ketika di jalan, namun juga perlu pengetahuan tentang cara merawat mobil matic agar mobil sobat GPSKU di rumah tetap awet dan memiliki performa yang baik seperti baru.

Melakukan perawatan mobil matic dengan menjaga perseneling mobil matic agar tetap empuk dan tidak keras, akan memberikan kenyamanan Ketika memindahkan perseneling dan perjalanan pun akan terasa nyaman, mendapati semua komponen mobil matic sesuai dengan performa terbaiknya menjadi keharusan bagi pemilik kendaraan.

5 Tips Cara Merawat Mobil Matic Agar Selalu Awet

tips merawat mobil transmisi matic

1. Gunakan Gigi Dengan Benar

Pemakaian gigi ataupun transmisi yang pas, pula diucap selaku salah satu metode menjaga mobil matic yang betul. Di mari artinya merupakan wajib memakai gigi cocok dengan situasi dikala berkendara.

Misalnya, dikala mobil lagi di parkir. Hendaknya, maanfaatkan gigi‘ P’ nama lain parking, serta janganlah sekali- kali memindahkannya ke bentuk transmisi‘ D’ ataupun drive, kemudian memadamkan kendaraan dengan cara menuntut.

Sebab perihal itu malah membuat bagian gigi serta kopling mobil matic cepat hadapi kehancuran. Ilustrasi yang lain merupakan dikala situasi macet. Di suasana ini, dapat memindahkan bentuk transmisi ke‘ N’ ataupun neutral sambil mengangkut rem tangan.

Amat tidak direkomendasikan buat alihkan gigi ke‘ P’, melainkan memanglah dalam kondisi menyudahi ataupun parkir.

2. Rutin Ganti Oli Transmisi

Kunci penting dari metode menjaga mobil matic yang betul dapat dikatakan terdapat pada sistem transmisinya. Terlebih sehabis kita ketahui bila transmisi amat rentan hadapi kerusakan.

Oleh karenanya, pada bagian ini betul- betul wajib mencermati penjaannya. Salah satu kunci yang enggak bisa diabaikan merupakan pergantian oli transmisi.

Penukaran oli ini dapat dicoba bersumber pada kalkulasi jarak tempuh mobil. Idealnya, dikala mobil telah menggapai jarak tempuh minimun 25 ribu kilometer serta maksimum 50 ribu km.

Maanfaatkan oli bermutu bagus, serta sehabis mengubahnya juga kalian senantiasa wajib memeriksa situasi oli dari dipstick, dengan menaruh mobil di jalanan yang datar. Bila daya muat oli terletak di garis wajarnya, itu berarti situasi oli transmisi dalam kondisi bagus. Tetapi berlainan perihalnya bila daya muat oli terletak di garis terendah, yang maksudnya ada kebocoran di dalam serta wajib segera di tangani.

3. Ganti Oli Mesin Dengan cara Berkala

Bukan hanya menyoal transmisinya saja, oli mesin juga memerlukan cermati, paling utama bila mau mempraktikkan metode menjaga mobil matic yang betul.

Pelumas mesin dapat perbarui tiap mobil telah menempuh jarak 80 ribu sampai 100 ribu km. Ingat, maanfaatkan senantiasa oli spesial mesin mobil matic, supaya performanya terus menjadi maksimum serta aman kala dikendarai.

Baca Juga Tanda Kerusakan Pada Transmisi Mobil Matic

4. Jangan Tancap Gas Tiba- tiba

Metode menjaga mobil matic yang betul selanjutnya sedang berkaitan dengan sistem transmisinya. Sehabis mobil sedia dipakai, upayakan buat tidak langsung masuk gas seketika ataupun mendalam.

Alasannya, Kerutinan yang satu ini malah akan berefek pada katup solenoidnya. Lambat laun katup akan mengalami kerusakan ketika proses tidak sempurna dari hasil proses perubahan oli ke konverter torsi.

5. Uji Jalan

Arti dari percobaan jalur disini merupakan mengemudikan mobil semacam lazim kurang lebih tiap sebagian bulan sekali. Metode menjaga mobil matic yang satu ini pula tidak takluk berarti buat dicoba, untuk mengetahui suara ataupun guncangan tidak alami, dikala kalian memindahkan tuas persnelingnya.

Menjadi keharusan bagi anda pemilik mobil matic untuk melakukan perawatan secara rutin minimal 6 bulan sekali, melakukan pergantian oli sesuai dengan pemakaian menjadi salah satu Langkah untuk merawat mobil matic anda agar selalu baik dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2022 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia