Tips Saat Perawatan Alat Berat Agar Mesin Selalu Optimal

Perawatan alat berat pada umumnya sama seperti Anda merawat motor ataupun mobil. Jika tidak dilakukan secara disiplin dan teratur, maka sudah pasti kinerjanya tidak optimal. Sebagai pengguna alat berat yang ada di Indonesia mungkin saat membeli alat berat yang akan Anda gunakan pasti disesuaikan dengan kebutuhan.

Apakah untuk pertambangan, perkebunan, industri dan lain sebagainya. Sudah pasti, hal ini berkaitan dengan spare part alat berat yang digunakan haruslah benar benar berkualitas tinggi. Nah, untuk menghindari kerusakan yang cepat maka mau tidak mau Anda harus merawatnya secara berkala.

Untuk Anda yang berprofesi sebagai mekanik alat berat, paham betul mengenai pentingnya perawatan ini.  Karena hal ini merupakan tugas serta tanggung jawab seorang mekanik alat berat. Tapi, bagi Anda yang masih terhitung pemula maka berikut ini beberapa tips yang harus dilakukan.

Tips Perawatan Mesin Alat Berat

Tips Saat Perawatan Alat Berat Agar Mesin Selalu Optimal

Mencek Alat Berat Anda sebelum dioperasikan

Satu hal yang cukup penting adalah sebelum mengoperasikan alat berat, maka sebaiknya harus dilakukan pengecekan. Salah satunya adalah bahan bakar apakah masih terisi penuh atau sudah habis. Karena jika Anda tidak mengeceknya, dan alat langsung digunakan maka bisa saja pekerjaan mengalami penundaan akibat bahan bakar habis.

Melakukan Pemeriksaan dan perawatan harian

Pemeriksaan dan Perawatan harian ini dilakukan dengan tujuan agar alat berat Anda selalu dalam keadaan baik. Waktu yang tepat untuk memeriksanya adalah pada pagi hari sebelum mengoperasikan alat berat. Selain itu, sangatlah penting untuk membersihkan alat berat setelah selesai digunakan.

Melakukan Perawatan Berkala

Selain merawat alat berat secara harian, perawatan secara berkala juga harus dilakukan. Hal ini berdasarkan dari jam kerja dari alat berat tersebut. Biasanya, saat melakukan perawatan secara berkala ada beberapa hal yang perlu diperiksa seperti kondisi unit, mengganti pelumas, dan mengganti suku cadang alat berat.

Menjadwalkan Overhaul

Hal ini dilakukan untuk merekondisi mesin atau komponen alat berat agar kembali ke kondisi standar sesuai dengan standar pabrik. Dan Anda harus secara rutin menjadwalkan overhaul ini supaya tidak terjadi kerusakan

Baca juga Cara Menggunakan GPS Tracker Saat Data Tidak Akurat

Condition Base Maintenance

Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi unit seperti semula (standar), hal yang bisa dilakukan yaitu pekerjaan service seperti : PPM dan PPU yang hasil pengukurannya disesuaikan dengan standar terbaru (service news dan modification program

Itulah beberapa tips tentang apa saja yang perlu dilakukan selama perawatan alat berat agar mesin tetap bekerja secara optimal. Dan yang penting, segala pekerjaan bisa dikerjakan sesuai dengan deadline dan mencegah dari hal yang buruk sekalipun seperti kerusakan misalnya.

Berbicara soal perawatan tentu berkaitan dengan kondisi alat berat yang dimiliki. Artinya, perawatan bisa dilakukan secara maksimal jika didukung oleh data yang kuat. Nah, untuk memudahkan Anda mendapatkan apa saja yang perlu diperbaiki maka menggunakan alat pelacak atau GPS tracker adalah solusinya.

Loh, bukannya alat ini berfungsi untuk mengetahui posisi atau keberadaan kendaraan? Faktanya memang iya, namun tidak sedikit perusahaan penyedia alat pelacak ini terus berusaha menambahkan beberapa fitur menarik. GPSKu, sebagai perusahaan penyedia alat pelacak terus berusaha memberikan yang terbaik.

Hal ini bisa dilihat dari fitur yang terus kami tambahkan mulai dari melacak keberadaan kendaraan, mengetahui suhu didalam mobil, mengetahui perilaku supir hingga mendapatkan data seputar spare part. Dengan demikian, Anda tidak pusing atau bingung untuk melakukan perawatan alat berat baik secara harian maupun berkala,

Tertarik untuk memasang GPS Tracker alat berat? Segera hubungi customer service di nomor yang tertera pada website, dan kami siap memasang kapan dan dimana saja di seluruh kota di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2021 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia