10 Manfaat GPS Tracker untuk Bisnis Alat Berat

Pemanfaatan GPS tracker tidak cuma sebatas untuk kendaraan pribadi dan bisnis. Teknologi ini ternyata juga sangat krusial bagi pelaku bisnis sewa alat berat. Memangnya, apa saja manfaat GPS tracker untuk bisnis alat berat?

Cari tahu beragam manfaat GPS tracker real time untuk alat berat ditinjau dari berbagai aspek seperti efisiensi, pengawasan, keamanan, hingga peningkatan kinerja di artikel ini.

1. Memonitor Lokasi Alat Berat

apa manfaat GPS tracker untuk bisnis alat berat

Mungkin Anda telah paham manfaat GPS tracker untuk bisnis sewa kendaraan umum. Tapi, sebagian besar orang mungkin belum tahu apa manfaat GPS tracker untuk bisnis alat berat.

Kegunaan utama alat ini adalah untuk pengecekan keberadaan alat berat secara langsung. Baik pemilik alat berat maupun manajer proyek bisa mencari tahu koordinat titik lokasi alat berat dengan akurat.

Hal ini tentu sangat berguna untuk mengoordinasikan pekerjaan di lapangan. Selain itu, pemilik bisa memastikan bahwa alat berat yang disewakan tetap digunakan di lokasi yang seharusnya.

Ini merupakan salah satu keunggulan GPS tracker real time untuk pengawasan. Pemilik tetap bisa mengawasi penggunaan alat berat kapanpun dan di manapun hanya dengan bantuan aplikasi.

2. Meningkatkan Keamanan

fungsi GPS tracker untuk alat berat

Fungsi GPS tracker untuk alat berat selain untuk pengawasan adalah sebagai upaya pengamanan. Alat ini akan mengirim notifikasi ketika alat berat berpindah lokasi dari yang telah ditentukan.

Dengan adanya pemberitahuan ini, pemilik bisa segera mengambil tindakan secepat mungkin untuk mengamankan alat tersebut sebelum mengalami kerusakan atau bahkan hilang.

GPS juga memudahkan pelacakan posisi terkini alat berat jika ada yang berusaha mencurinya. Selain itu, beberapa penyedia GPS tracker menawarkan fitur untuk mematikan mesin dari jarak jauh. Tentu saja fitur ini sangat berguna untuk mengantisipasi terjadinya pencurian atau penyalahgunaan.

3. Optimasi Rute ke Proyek

manfaat GPS tracker untuk bisnis alat berat

Saat mengirimkan alat berat ke lokasi proyek, GPS membantu untuk memilihkan rute yang paling efektif menuju lokasi tersebut. Teknologi ini juga selalu menginformasikan lalu lintas terkini sehingga Anda bisa memilih rute tercepat.

Dengan pemilihan rute yang paling efisien, alat berat bisa cepat sampai ke lokasi proyek. Selain itu, rute yang lebih pendek tentu bisa mengurangi biaya untuk bahan bakar truk pengangkut.

4. Pemantauan Penggunaan Bahan Bakar

manfaat GPS alat berat

Manfaat GPS alat berat selanjutnya adalah kemudahan dalam pemantauan konsumsi BBM. Banyak sekali provider GPS yang menawarkan integrasi GPS tracker dengan sensor bahan bakar.

Adapun fungsi dari sensor ini adalah untuk melacak penggunaan bahan bakar. Melalui GPS tracker, Anda bisa memperoleh laporan mengenai aktivitas pengisian bahan bakar seperti tanggal, waktu, volume sebelum dan sesudah penggunaan alat berat.

Data-data ini membantu Anda untuk mengidentifikasi adanya alat berat yang konsumsi bahan bakarnya tidak efisien. Mungkin saja alat berat tersebut memerlukan perawatan khusus. Dengan demikian, biaya operasional dapat berkurang melalui penghematan bahan bakar.

Selain itu, pemantauan penggunaan bahan bakar ini bisa mengantisipasi adanya penyalahgunaan alat berat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

5. Pemantauan Jam Kerja dan Perhitungan Biaya Sewa

manfaat GPS tracker untuk bisnis rental alat berat

Manfaat GPS tracker untuk bisnis rental alat berat adalah untuk memantau penggunaannya. Fungsi ini didukung oleh fitur hour meter yang dapat menghitung berapa lama penggunaan alat tersebut.

Pemantauan durasi penggunaan ini erat kaitannya dengan penentuan biaya sewa. Pasalnya, perhitungan tarif sewa alat berat berdasarkan jam penggunaannya. Dengan data yang akurat ini, perhitungan biaya sewa dapat menjadi lebih transparan sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Selain itu, fitur hour meter ini memudahkan pemilik untuk mengawasi operasional alat berat. Jadi, operator dan penyewa tidak bisa memanipulasi penggunaannya.

6. Menyediakan Data untuk Perbaikan dan Pemeliharaan

manfaat GPS tracker untuk bisnis alat berat

Data-data yang terekam oleh GPS tracker seperti waktu penggunaan dan konsumsi BBM dapat menjadi bahan untuk evaluasi dan perencanaan perbaikan.

Sebagai contoh, sebuah excavator harus di service setiap pemakaian 250 jam. Service ini meliputi penggantian oli dan elemen filter bahan bakar. Tanpa adanya integrasi GPS tracker dan hour meter, tentu pemilik kesulitan untuk mengetahui kapan jadwal service ini.

Perbaikan dan pemeliharaan secara berkala ini tidak hanya bisa memperpanjang masa pakai alat berat tetapi juga bisa mencegah downtime yang dapat mengganggu jadwal proyek.

7. Mengevaluasi Kinerja Operator

manfaat GPS tracker untuk pengusaha rental alat berat

Manfaat GPS tracker untuk pengusaha rental alat berat adalah untuk mengevaluasi kinerja operator. Teknologi GPS tracker menyediakan beragam data seperti waktu operasi dan juga pola penggunaan alat berat.

Sebagai pemilik, Anda bisa memanfaatkan data ini untuk mengevaluasi apakah operator telah bekerja sesuai dengan standar operasional.

Sebagai contoh, operator mungkin membiarkan mesin menyala ketika alat berat sedang dalam kondisi tidak digunakan. Hal ini bisa menjadi pemborosan bahan bakar dan mempercepat keausan komponen tertentu pada alat berat.

Dengan memantau penggunaan alat melalui GPS tracker, Anda bisa memberikan teguran pada operator, sehingga tidak akan lagi melakukan pola kerja yang kurang efisien.

8. Mengatur Batasan Daerah Melalui Geofence

manfaat GPS tracker untuk bisnis alat berat

Fitur geofence sangat berguna bagi pemilik bisnis sewa alat berat. Pasalnya, fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengaturan batasan wilayah operasional.

Jika alat berat keluar dari area yang sudah Anda tetapkan, sistem akan mengirimkan notifikasi atau peringatan pada Anda. Jadi, Anda bisa mengambil tindakan sesegera mungkin.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk memastikan bahwa alat berat hanya beroperasi di kawasan yang telah Anda tentukan atau sesuai dengan kesepakatan sewa.

9. Optimasi Penggunaan

manfaat GPS tracker untuk bisnis alat berat

Pemilik alat berat mungkin memiliki banyak alat berat yang sedang disewa di beberapa proyek. Dengan kemudahan mengakses lokasi dan waktu penggunaan, pemilik bisa membuat jadwal penyewaan menjadi lebih optimal.

Setiap alat berat yang telah menyelesaikan tugasnya bisa langsung disewakan ke orang lain. Dengan begitu, tidak ada alat yang menganggur dan pastinya Anda bisa meningkatkan pendapatan.

10. Mencegah Terjadinya Penyalahgunaan

manfaat GPS tracker untuk bisnis alat berat

Dengan memantau lokasi dan waktu penggunaan alat berat kapanpun dimanapun, Anda dapat mengidentifikasi adanya penyalahgunaan alat berat. Misalnya, Anda dapat mengetahui jika alat berat tersebut digunakan di luar jam kerja atau di lokasi yang berbeda dengan proyek yang telah disepakati.

Ketika Anda menemukan hal-hal yang mencurigakan, Anda bisa segera mengambil langkah untuk mengatasi masalah tersebut.

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, pemasangan GPS tracker pada alat berat tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga memberikan keamanan dan membantu pengelolaan.

Jadi, apakah Anda ingin memperoleh semua manfaat GPS tracker untuk bisnis alat berat Anda? Pastikan Anda memasang GPS tracker dengan fitur yang lengkap seperti hour meter, geofence, sensor tangki bahan bakar, dan status engine. Sehingga, Anda dapat mengakses data yang Anda perlukan secara real time.

Untuk itu, serahkan saja urusan ini pada GPSKU. Sebagai penyedia GPS alat berat terbaik, kami siap untuk memasang GPS tracker pada beragam jenis alat berat seperti Bulldozer, Excavator, Crane, Vibro Roller, dll. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut, segera kunjungi website resmi GPSKU sekarang juga!

Artikel terkait :

claim promo pengguna baru

Special PRICE!

CLAIM DISCOUNT NOW

Dapatkan promo special pembelian GPS Tracker untuk Pengguna Baru. Klik dibawah ini