logo mobile 2024

Alat Berat Breaker: Fungsi, Komponen, dan Cara Kerja

Setiap proyek konstruksi pasti memerlukan alat berat breaker untuk proses pemecahan batu maupun material keras lainnya. Lebih dari itu, hydraulic breaker juga seringkali dimanfaatkan sebagai alat berat tambang.

Dengan kekuatan yang besar, alat ini tentu banyak menarik perhatian. Bagi yang penasaran dengan apa sebenarnya alat berat ini, apa saja kegunaan dan komponennya beserta bagaimana cara kerjanya, simaklah pemaparan di bawah ini.

Mengenal Alat Berat Hydraulic Breaker

alat berat breaker adalah

Secara umum, alat berat breaker adalah mesin hidraulik yang berperan sebagai penghancur atau pemecah material keras. Sepintas, bentuk alat ini serupa dengan alat berat beko yang memiliki roda rantai besi dan lengan.

Letak perbedaannya adalah pada ujung lengannya. Lengan breaker ujungnya berbentuk mirip paku yang digerakkan oleh mekanisme hidraulik sehingga dapat menghantam batu, aspal, beton, serta material keras lainnya.

Dengan hantaman berulang, paku raksasa tersebut akan mampu menghancurkan semua jenis material. Karena kemampuan luar biasa inilah, alat berat breaker pemecah batu ini pemanfaatannya tidak hanya di sektor konstruksi tapi juga di bidang tambang.

Fungsi Alat Berat Breaker

fungsi alat berat breaker

Aplikasi hydraulic breaker ini bisa Anda temukan di beragam proyek seperti pembongkaran jalan dan bangunan, penambangan, dan lainnya. Mekanisme hidraulik dalam alat ini mampu menghasilkan kekuatan hantaman yang presisi sehingga proses pemecahan berlangsung efektif.

Inilah kegunaan breaker dalam beragam proyek.

  • Membuat Lubang pada Tanah

Melubangi tanah dengan cara manual pasti memerlukan tenaga dan waktu. Apalagi jika kondisi tanah sangat keras dan berbatu. Untuk itu, pelaksana proyek memanfaatkan alat breaker.

Dalam hal ini, kegunaan breaker mirip seperti alat berat bore pile. Ujung breaker mampu menembus tanah untuk menciptakan lubang. Lubang ini biasanya dipergunakan untuk menancapkan tiang pancang dalam pembangunan pondasi.

  • Pembongkaran Jalan

Saat jalan sudah rusak parah, proses penambalan pasti sudah tidak efektif lagi. Oleh sebab itu, baik aspal ataupun beton harus dibongkar total kemudian dibangun yang baru.

Proses bongkar ini akan melibatkan hydraulic alat berat breaker agar bisa berlangsung cepat.

  • Pembongkaran Bangunan

Hydraulic breaker juga bermanfaat untuk penghancuran bangunan terbengkalai. Alat ini efektif untuk menghancurkan dinding, lantai, hingga pondasi bangunan lama.

Setelah penghancuran struktur dan pembersihan, area tersebut siap untuk pembangunan struktur baru.

  • Pemecahan Batu

Saat penggalian tanah untuk saluran air atau pondasi, seringkali ditemukan batu yang keras. Dalam kasus ini, penggunaan breaker sangat bermanfaat untuk menghancurkan batu tersebut.

  • Penambangan

Selain di sektor konstruksi, breaker juga bermanfaat di bidang tambang. Biasanya penambang memanfaatkan alat ini untuk menambang batu andesit, marmer, batuan kapur, hingga nikel.

Komponen Hydraulic Breaker

komponen alat berat breaker

Ada dua jenis hydraulic breaker. Yang pertama adalah handheld breaker yang berukuran kecil dan penggunaannya dengan cara dipegang langsung oleh operator. Sementara itu, ada juga hydraulic breaker berukuran besar yang dipasang pada bagian arm excavator.

Spesifikasi alat berat breaker dan kekuatannya tentu saja berbeda. Penggunaan breaker mini biasanya untuk perbaikan jalan atau proyek kecil. Sedangkan untuk mega proyek konstruksi dan tambang pastinya menggunakan excavator breaker dengan tenaga yang lebih besar.

Berikut adalah komponen breaker excavator:

Kabin

Ini merupakan ruang kendali di mana operator mengoperasikan breaker. Melalui ruangan ini, operator dapat menggerakkan roda rantai excavator breaker dan juga mengendalikan hydraulic breaker untuk penghancuran material.

Mesin

Pada bagian belakang ruang kendali breaker terdapat mesin. Dalam komponen ini terdapat mesin penggerak roda dan juga pompa hidraulik penggerak lengan serta breaker.

Track

Roda penggerak excavator breaker ini berupa rantai baja mirip sekali dengan penggerak pada tank. Bagian rod aini terdiri dari beberapa bagian yang meliputi:

  • Track shoes: rantai besi yang berputar dan bersentuhan dengan permukaan tanah.
  • Track frame: Batangan besi yang berperan sebagai rangka roda.
  • Idler: Roda gigi bagian depan yang fungsinya untuk mengubah arah berputarnya track.
  • Final Drive: roda gigi sebagai penggerak track shoes.

Swing Drive

Komponen ini letaknya di bawah kabin. Kegunaan dari swing drive ini adalah untuk memutar badan excavator breaker. Dengan kemampuan berputar 360o, breaker dapat bekerja secara efisien karena tidak perlu berpindah tempat untuk menghancurkan material yang berada di sekitarnya.

Boom

Ibarat manusia, excavator breaker punya lengan atas dan lengan bawah. Bagian lengan atas ini namanya Boom. Komponen ini menghubungkan badan excavator breaker dan arm. Kegunaannya adalah untuk meningkatkan jangkauan breaker.

Arm

Komponen ini berada di antara boom dan hydraulic breaker. Bagian ini dapat menekuk dan berayun, sehingga breaker dapat menjangkau material yang diinginkan.

Hydraulic Breaker

Komponen ini memiliki ujung mirip paku dan dapat bergerak menghantam material secara continue. Breaker memanfaatkan sistem hidraulik sebagai mekanisme penggeraknya.

Cara Kerja Hydraulic Breaker

cara kerja alat berat breaker

Meskipun terlihat mudah, penggunaan hydraulic breaker harus dilakukan oleh operator yang berpengalaman. Uniknya, breaker ini dapat Anda operasikan dalam posisi vertikal maupun horizontal.

Adapun cara mengoperasikan alat ini adalah dengan memposisikan ujung breaker secara tegak lurus dengan material yang ingin Anda hancurkan.

Saat hydraulic breaker diaktifkan, fluida akan mengalir ke silinder hydraulic dan menggerakkan paku atau pemukul dengan kecepatan tertentu. Paku raksasa tersebut akan menghantam material keras sehingga dapat hancur lebur.

Dengan kemampuan menghancurkan batu, beton, dan material keras lainnya, tidak mengherankan kalau aplikasi hydraulic breaker bisa Anda temukan di berbagai sektor termasuk konstruksi serta tambang.

Alat ini menawarkan performa yang tinggi dan efisiensi waktu sehingga proyek dapat berjalan lebih cepat.

Nah, kalau Anda merupakan penyedia sewa alat berat breaker, pastikan untuk melakukan pemasangan GPS tracker di alat tersebut. Dengan begitu, Anda bisa leluasa memantau lokasi dan juga durasi penggunaan alat berat ini.

Untuk pemasangan GPS yang akurat dan fitur lengkap pada alat berat breaker, serahkan urusan ini pada GPSKU. Segera kunjungi website GPSKU untuk informasi lebih lanjut mengenai GPS tracker.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU