Arti Tune Up Motor Dan Waktu Yang Tepat Untuk Melakukannya!

GPSKU – Tuning sepeda motor adalah salah satu tugas perawatan rutin yang harus dilakukan setiap pemilik. kendaraan, yang disetel secara teratur, dilengkapi dengan mesin yang berfungsi optimal. Sehingga Anda dapat berkendara dengan nyaman dalam kehidupan sehari-hari Anda. dengan mengetahui arti tune up motor maka sobat akan lebih mampu menjaga kesehatan motor serta performa nya agar selalu berada pada kondisi prima.

Namun, banyak pengemudi motor yang tidak mengetahui arti dan konsep dari engine tuning itu sendiri. Konsumen juga tidak tahu banyak tentang cara menyetel kendaraan yang benar. Pada tahun, istilah “penyetelan mesin” mengacu pada proses mengembalikan performa mesin ke nilai standar. Hal ini penting untuk kendaraan yang sering digunakan setiap hari atau biasa disebut dengan commuting.

Pengertian Arti Tune Up Motor Dan Cara serta Kapan Waktu Untuk Melakukan Tune Up!

arti tune up motor

Arti Tune Up

Mesin yang digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari tentunya akan mengalami beberapa kerusakan komponen. Mesin adalah komponen yang fungsinya dibatasi oleh berbagai komponen. Di luar mesin, filter udara seringkali bermasalah dalam penggunaan kendaraan sehari-hari.

dan filter udara yang kotor akan sangat berdampak pada performa dan kinerja mesin motor. Jika Anda tidak melakukan penyesuaian halus, filter akan menjadi kotor dan kinerjanya akan berbeda. Filter udara tidak hanya akan diganti jika sudah terlalu kotor, namun penyetelan juga akan mengganti oli mesin yang telah mengurangi kapasitas pelumasan mesin.

Cara Tune Up Motor Dengan Benar

Setidaknya ada tiga area yang perlu dipertimbangkan saat menyetel mesin: Mesin, sasis, transmisi. Di area mesin, hal pertama yang harus diperiksa adalah kualitas oli. Selanjutnya, periksa busi dan filter udara. Kemudian periksa filter bahan bakar dan karburator.

Membersihkan injektor dan menyetel katup merupakan proses penting dalam mesin injeksi. Di area sasis, Anda perlu memeriksa kemudi motor dan menyesuaikan rantai roda. Kemudian periksa ban dan roda dan periksa bantalan rem. Selanjutnya, periksa jumlah minyak rem dan rol untuk mesin otomatis.

Selain itu, Anda juga harus memeriksa oli gardan motor matic. Cara menyetel mesin yang ketiga adalah di area girboks. Pada bagian ini Anda perlu memeriksa tegangan baterai dan tegangan pengisian mesin. Tak hanya itu, sirkuit pengapian mesin serta lampu dan klakson juga perlu diperiksa di sektor transmisi ini.

Baca Juga Kelemahan Motor Listrik Gesits G1 Buatan Indonesia

Waktu terbaik untuk melakukan tune up

Perlu Anda ketahui bahwa pemungutan suara ini tidak boleh dilakukan tanpa direncanakan. Disarankan untuk menyetel mesin pada waktu yang tepat dan untuk hasil yang maksimal.

Waktu yang tepat untuk penyetelan ini kira-kira setiap 3 bulan, atau setiap kali sepeda motor mencapai interval 2.000 km. Interval ini untuk mereka yang sering bepergian di jalan berdebu. Untuk kecepatan rendah dan kecepatan jarang digunakan di daerah berdebu sekitar 3.000-4.000 km.

lalu, waktu untuk melakukan tune up tidak serta merta bergantung pada jarak tempuh, Jika Anda memiliki masalah dengan mesin Anda, Anda dapat segera menyesuaikannya. Misalnya, jika Anda melihat penurunan performa mesin, atau jika mesin lambat.

Jika konsumsi bahan bakar boros dan asap hitam keluar dari knalpot, Anda harus segera menyetelnya. Selain itu, mesin yang sulit dihidupkan di pagi hari merupakan tanda bahwa sudah waktunya untuk melakukan penyesuaian.

Fitur lainnya adalah sulitnya perpindahan gigi dan getaran mesin yang tinggi. Namun, disarankan untuk mencegah hal ini terjadi dalam satu kali penyetelan, karena dapat merusak bagian-bagian mesin. jika setelah mengerti arti tune up motor maka selebihnya dengan mengamankan motor anda dari maling dengan cara memasang gps motor yang bisa sobat pantau dari smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lets Chat 24H
1