Kenali Cara Kerja GPS Mobil Yang Efisien

Bagi Anda yang suka melengkapi kendaraan pribadi dengan menggunakan alat pelacakan, maka seharusnya memahami sistem cara kerja GPS mobil. Hal ini sangat penting dilakukan agar setiap pengguna mampu menggunakan prosedur pelacakannya dengan benar dan maksimal.

Cara Kerja GPS Mobil serta Sistem Kerja Satelite GPS     

Dewasa ini terdapat banyak sekali jenis GPS untuk mobil yang harus Anda ketahui cara kerjanya secara detail. Salah satunya adalah produk dari GPSku pada website https://gpsku.co.id yang memiliki  kemampuan ampuh dan pastinya pelacakannya terjamin akurat.

cara kerja gps mobil

  1. Menggunakan Location Tracking untuk Melacak Secara Akurat

Jenis Jenis GPS yang digunakan pada mobil Anda selalu dilengkapi dengan fitur Location Tracking ada juga tape mobil yang sudah support dengan gps navigasi mobil, Hal tersebut berfungsi untuk melakukan pelacakan lokasi keberadaan mobil secara akurat dan akan sangat jelas ketika dilihat pada smartphone. ataupun di layar gps dashboard mobil berbasis android

Hal ini merupakan salah satu bagian dari cara kerja GPS mobil yang sangat penting. Jika alat dan fitur tersebut rusak, maka bisa dipastikan bahwasannya sinyal satelit tidak bisa ditangkap oleh perangkat Sementara lokasi pun bisa berubah-ubah tanpa sedikitpun sesuai dengan letak akuratnya.

Location Tracking sebagai kegunaan gps mobil paling utama yang digunakan untuk melacak tempat atau lokasi ini pun akan selalu aktif selama 24 non-stop. Data dan riwayat hasil pelacakan juga selalu dicadangkan setiap hari agar jika Anda ingin mencarinya kembali, maka selalu bisa diakses dengan mudah dan tepat.

  1. Selalu Memberikan Notifikasi Vehicle Report Secara Rutin

Cara kerja dari GPS mobil GPSku selanjutnya yang akan sangat bermanfaat yakni adanya layanan Vehicle Report. Hal ini mengindikasikan kelayakan dari perangkat Anda apakah dalam keadaan sehat atau harus dilakukan perbaikan secepatnya.

Lebih terfokus lagi, laporan yang dihasilkan juga selalu terjadwal secara rutin dan bisa disetting sendiri oleh penggunanya. Notifikasi akan diberikan dalam bentuk dering atau model lain sesuai keinginan pengguna secara pribadi.

Misalkan saja contoh yang akan dilaporkan oleh sistem Vehicle Report ini yakni keadaan AKI mobil serta pemantauan konsumsi bahan bakarnya. Hal itu sangat urgen untuk diperhatikan setiap saat agar tidak terjadi kemogokan kendaraan.

  1. Meningkatkan Keamanan Pengemudi

Sistem kerja yang disukai oleh mayoritas pengguna selain keakuratan pelacakan adalah layanan peningkatan keamanan pengemudi mobil. Hal ini sangat berguna bagi para penyewa kendaraan pribadi maupun charter dalam rangka melacak kondisi driver mereka.

Layanan Driver Performance ini akan mengunci kendaraan Anda dan melindunginya dari perbuatan jahat orang-orang tidak bertanggunggjawab seperti halnya pencuri. Ia langsung melaporkan kejadian negatif apapun kepada pemiliki kendali GPS mobil.

Dengan memanfaatkan fitur dari GPSku yang satu ini, maka Anda tidak akan khawatir lagi jika kendaraan disewakan atau dipinjam orang lain. Semua kejadian bisa terekam pada folder database di dalamnya sehingga dapat dilihat atau dilacak di kemudian hari.

  1. GPS Mendukung Layanan Integrated Server

GPSku merupakan GPS mobil yang mendukung layanan Integrated Server. Maksudnya adalah semua perangkat di dalamnya akan menjalankan sistem kerja terintegrasi dengan aplikasi lain, baik itu hasil dari pengembangan sendiri maupun metode API.

Nah, dengan adanya integrasi tersebut maka pengecekan tentang lokasi mobil dan apa saja yang terjadi di dalamnya bisa dilakukan dengan lebih mudah. Pengguna pun juga dapat menambahkan sendiri fitur-fitur baru di dalam GPSku.

Di samping itu, jika terdapat salah satu dari layanan GPS mobil yang tidak berfungsi secara maksimal, maka Anda bisa menggantikannya menggunakan aplikasi pribadi yang telah diintegrasikan dengan perangkat tersebut secara berkala. Tentunya hal ini membuat aktifitas semakin efektif.

  1. Kerja GPS Mobil Harus Selalu Terhubung dengan Jaringan Internet

Sistem kerja dari GPS mobil yang Anda gunakan harus selalu terintegrasi dengan jaringan internet, baik itu WiFi maupun kuota paket data. Hal ini berfungsi untuk menangkap sinyal satelit guna menampilkan semua akses lokasi ketika kendaraan sedang berjalan kemanapun.

Oleh sebab itu, maka sediakanlah jaringan internet yang bandwith datanya besar supaya pelacakan lokasi yang dilakukan oleh GPS mobil selalu lancar dan akurat, walaupun ketika berkunjung ke lokasi-lokasi terpencil seperti halnya perkampungan, pegunungan dan juga hutan.

Jika Anda menggunakan layanan data kuota internet, maka ceklah setiap saat ketersediaan kuotanya agar tidak kehabisan ketika sedang dalam perjalanan jauh karena hal tersebut dapat berbahaya dan bisa menyesatkan perjalanan para penumpang kendaraan.

  1. Pemunculan Data Hasil Pelacakan Dilakukan Secara Sistematis

Saat melakukan proses pemunculan data yang akan dilacak oleh GPS mobil, maka GPSku selalu melakukannya secara sistematis dan berurutan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kekeliruan data atau pun error mendadak ketika sedang dalam perjalanan.

Di samping itu, pelacakan yang sistematis ini juga akan menguntungkan Anda karena bisa dipahami dengan mudah. Imbas positif dari hal tersebut nantinya dapat memberikan kesempatan kepada para pengguna agar bisa melakukan perbaikan sendiri ketika terjadi masalah.

Adapun cara kerja dari sistem pelacakan ini jika dirinci secara detail yakni sebagai berikut:

  • Pertama, alat GPS akan menerima informasi tentang koordinat bumi terlebih dahulu minimal dari tiga buah sumber satelit.
  • Setelah itu, alat GPS akan mengirimkannya ke server operator melalui ketersediaan tower-tower seluler.
  • Lalu, semua posisi dari kendaraan akan diproses terlebih dahulu oleh server agar bisa mengirimkan keberadaan lokasi dan sebagainya.
  • Terakhir, data posisi kendaraan yang dilacak menggunakan GPS mobil akan bisa dilihat di berbagai macam browser, baik itu melalui dekstop maupun alat mobile seperti halnya smartphone.
  1. Perjalanan Lebih Aman dengan Fitur Lacak, Sadap dan Matikan

Jika Anda selalu merasa khawatir dan ketakutan ketika melakukan perjalanan di malam hari karena adanya begal maupun penjahat, maka mulai dari sekarang jangan risau lagi karena sudah terdapat fitur lacak, sadap dan matikan dari aplikasi GPS mobil.

Hal ini dibuat untuk mengatasi kejahatan-kejahatan dalam perjalanan yang seringkali terjadi pada masyarakat, khususnya ketika malam hari atau di tempat sepi. Cara kerja gps mobil paling canggih perangkatnya cepat dan mudah dipahami oleh pengguna.

Anda pun bisa melacak mobil secara langsung dan mematikan operasionalnya keseluruhan dari smartphone yang letaknya sangat jauh dari jangkauan ketika kendaraan dibawa kabur oleh pencuri. Tentunya, ini mengurangi resiko kecelakaan dan kerugian besar.

Hal-hal yang Mempengaruhi Kinerja GPS Mobil

Jika Anda menemukan GPS mobil yang kinerjanya tidak bisa maksimal, maka jangan bersedih terlebih dahulu. Atasilah masalah tersebut dengan melakukan observasi terhadap beberapa penunjang utama yang menentukan cara kerjanya, apakah dalam keadaan baik atau buruk.

  1. Kuat dan Lemahnya Sinyal Satelit

Karena segala informasi yang akan diproses oleh GPS mobil berasal dari sistem tracker satelit, maka baik buruk kinerjanya pun juga selalu bergantung pada hal tersebut. Dalam hal ini, sinyal menjadi salah satu penentu utama bagaimana cara kerjanya berlangsung.

Adapun hal-hal yang bisa mempengaruhi kekuatan sinyal GPS satelit mobil tersebut adalah sebagai berikut:

  • Keberadaan lokasi apakah di desa atau kota besar
  • Terletak di antara gedung-gedung tinggi pencakar langit atau tidak
  • Keadaan kaca mobil yang bisa menghalangi sinyal satelit masuk

Nah, jika Anda sudah mengetahui bahwa satelit merupakan faktor utama penetu kinerja GPS, maka berusahalah sebaik mungkin agar bisa selalu merawatnya dengan melakukan berbagai cara.

  1. Kondisi Geografis

Kondisi geografis dimana mobil sedang berada juga akan mempengaruhi cara kerja sebuah frekuensi GPS. Hal ini berhubungan erat dengan keberadaan tower dan kekuatan server seluler tertentu untuk menghubungkan alat dengan satelit.

Jika Anda dan mobil berada pada lokasi yang terpencil dan jauh dari pemukiman penduduk, maka bisa jadi bahwa ketersediaan tower seluler sangat minim. Selanjutnya, hal itu pasti berpengaruh terhadap kelancaran GPS dalam menerima serta mengirimkan data.

Maka dari itu, Anda jangan cepat panik ketika GPS yang terhubung dengan smartphone tiba-tiba berhenti seketika dan tidak berfungsi lagi. Bisa jadi, masalah tersebut terjadi akibat lokasi kendaraan berada pada luar jangkauan.

  1. Kesalahan Orbital Satelit dalam Melaporkan Lokasi

Terkadang, lokasi yang dilaporkan oleh GPS mobil juga tidak akurat sesuai dengan keadaan posisi kendaraan sebenarnya. Usut punya usut, tenyata hal itu bisa terjadi akibat adanya kesalahan orbital satelit dalam melaporkan lokasi.

Kesalahan orbital tersebut maksudnya adalah kekeliruan dari satelit dalam melacak lokasi kendaraan Anda. Biasanya, fenomena itu bisa terjadi karena saking banyaknya jumlah data yang masuk dan dilaporkan oleh GPS.

Permasalahannya bisa jadi dalam bentuk tertukarnya data yang terkirim maupun kesalahan sinyal yang terus bertubi-tubi terjadi tanpa segera ada solusi. Selanjutnya, jika kejadian tersebut dibiarkan, maka juga bisa merusak perangkat GPS Anda perlahan-lahan tanpa ada gejala sedikit pun.

  1. Jumlah Satelit

Jumlah satelit yang berada pada daerah lokasi mobil juga berpengaruh terhadap kecepatan kerja GPS. Semakin jumlahnya banyak, maka kecepatannya dari sistem kerja satelite galileo akan makin baik dan data hasil pelacakannya juga sangat akurat serta bisa dipertanggunggjawabkan secara penuh.

Pada tempat-tempat yang padat penduduk dan dipenuhi oleh gedung-gedung tinggi, biasanya jumlah satelit semkin banyak sehingga pelacakan GPS akan berjalan dengan sangat lancar ketika kendaraan Anda sedang berada di sana.

Sebaliknya, ketika kendaraan terkait berada pada sekitaran sawah atau lahan kosong yang luas dan tidak ada satu pun tower di sana, maka bisa dipastikan bahwa kinerja dari GPS terhambat secara bertubi-tubi karena keterbatasan jumlah satelit normal.

  1. Geometri Satelit

Terakhir, faktor yang menentukan cepat atau lambatnya kinerja dari GPS mobil adalah keadaan dari geometri satelit di sekitar lokasi. Ini merupakan unsur yang sangat penting karena jika bentuk geometrinya tidak beraturan, maka kecepatan pengiriman datanya pun lambat.

Sebaliknya, jika bentuk dari geometri satelit teratur dan berputar bulat, maka kecepatan pengiriman data dari server dan juga GPS pun akan lebih cepat terutama dengan dukungan dari perangkat gps hp yang sudah support dengan prinsip kerja glonass Keakuratannya juga lebih bisa dipertanggungjawabkan secara penuh.

Geometri dari satelit yang tidak teratur ini sulit untuk diatasi oleh manusia. Ia hanya dapat kembali normal jika keadaan alam mendukung dan dalam kondisi baik. Maka dalam hal ini Anda disarankan agar melakukan pengoptimalan sinyal saja sebaik mungkin, chip memory sistem gps terdapat informasi yang terkandung dalam gps yaitu  latitude dan longitudinal sebagai gps coordinates – long lat, utm, dms

Demikian ulasan lengkap mengenai cara memakai gps di mobil yang wajib dipahami oleh masing-masing pengguna. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi para pembaca dimanapun berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.