Cara Memasang Aki Motor Yang Benar

GPSKU – Mungkin sebagian dari Anda menggunakan sepeda motor untuk aktivitas sehari-hari. Bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi, menggunakan sepeda motor adalah solusi yang tepat untuk penggunaan sehari-hari. Kepraktisan sebuah sepeda motor menjadi keuntungan utama bagi penggunanya. maka dari itu, agar lebih meningkatkan efisiensi maka sobat peru mengetahui cara memasang aki motor dengan benar agar bisa dilakukan sendiri di rumah.

Namun, sebagian orang lupa untuk memeriksa aki atau aki sepeda motor, sementara yang lain bahkan tidak tahu di mana dan bagaimana cara membongkar atau memasang aki sepeda motor. Bagaimana cara memasang aki sepeda motor dengan benar? Ini bisa sulit bagi pemula. Padahal, baterai merupakan salah satu komponen mesin yang paling penting. Jika tidak ada baterai, mesin tidak dapat dihidupkan karena tidak ada catu daya.

Terutama saat menggunakan sepeda motor. Untuk menghindari masalah di bagian ini, baterai memerlukan perawatan dan pembersihan rutin. Cara memasang aki sepeda motor Jika aki tidak dapat digunakan, Anda harus melepas aki dan menggantinya dengan yang baru. Bagaimanapun, Anda perlu membuka aki mesin untuk memeriksanya. Idealnya, baterai akan bertahan hingga 3 tahun.

Namun, periode ini juga tergantung pada bagaimana mesin digunakan dan bagaimana baterai dirawat. Performa motor yang buruk menunjukkan bahwa baterai perlu segera diganti dengan yang baru. Sayangnya, bagi sebagian orang, mengganti baterai tidak semudah kedengarannya. Hal ini dapat menjadi kendala terutama bagi masyarakat umum yang belum memahami bagian dalam dan luar sepeda motor.

Cara Memasang Aki Motor Dengan Benar

Cara Memasang Aki Motor

Sekarang, pelajari cara memasang aki sepeda motor berikut dengan benar sehingga Anda dapat melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan mesin mati dan tidak menyentuh mesin, kemudian dengan hati-hati lepaskan kabel yang terhubung ke baterai.

Ingatlah bahwa kabel bermuatan negatif dipotong terlebih dahulu. Tidak sulit untuk mencabut kabelnya. Cukup buka tutup baterai lalu cabut kabelnya. Setelah melepaskan kabel, lanjutkan untuk melepas baterai. Air baterai tidak membahayakan kesehatan Anda, jadi berhati-hatilah saat melakukannya agar air baterai tidak tumpah atau mengenai kulit Anda.

Baca Juga Arti Tune Up Motor Dan Waktu Yang Tepat Untuk Melakukannya!

Pasang baterai baru

Kemudian lepaskan baterai lama dan masukkan yang baru. Sambungkan kembali kabel yang sebelumnya dilepas. Kabel negatif harus disambungkan terakhir. Setelah instalasi berhasil, Anda perlu menambahkan cairan anti korosi ke baterai baru. Hal ini untuk mencegah korosi pada tiang baterai.

Menghilangkan debu dan kotoran dari kabel baterai

Jangan lupa untuk memeriksa kebersihan kabel. Pastikan kabel bebas dari debu dan kotoran sehingga tidak mempengaruhi kinerja baterai.

Periksa Ulang Pemasangan

Terakhir, setelah memasang baterai di sepeda motor, Anda perlu memeriksanya kembali. Periksa regulator baterai dan pastikan tidak ada kerusakan di sini. Jika ditemukan kerusakan, harus segera diganti untuk menghindari pengaruh buruk pada mesin. Ada beberapa tanda yang perlu Anda pahami saat baterai perlu diganti.

Tanda yang paling jelas adalah ketika mesin tiba-tiba berhenti atau tidak hidup sama sekali. Pada saat memulai, sulit untuk menghidupkan mesin. Hal ini menandakan bahwa aki mesin tidak dapat lagi menyimpan listrik. Beberapa baterai telah kehilangan daya retak, sehingga sulit untuk menghidupkan mesin.

Nah, jika sudah mengetahui cara memasang aki motor yang bisa sobat lakukan di rumah, tinggal memasang gps motor pada kendaraan kesayangan sobat agar bisa menghindari dari curanmor yang kian marak saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lets Chat 24H
1