Cari Tahu Sistem GPS Tracker yang Banyak Berikan Kemudahan

Sistem GPS Tracker – Global Positioning System  atau biasa disebut dengan GPS adalah sebuah sistem navigasi yang menggunakan sistem satelit 24 jam. Dulunya, sistem ini dipakai untuk keperluan mililter namun sekarang ini penggunaannya sudah cukup meluas termasuk pengguna sipil. Ya, manfaat dari GPS tracker ini sendiri bertujuan untuk mengetahui lokasi kenderaan baik itu motor maupun mobil. Selain itu, sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang terus bertambah membuat ada beberapa fitur yang diselipkan. Namun yang pasti, semuanya dirancang untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Untuk sistem GPS tracker ini ditempatkan pada kenderaan – dalam hal ini hampir semua jenis kenderaan bisa menggunakannya- yang nantinya diakses melalui handphone atau PC.  Sistem pelacakan GPS ini sendiri menggunakan jaringan Sistem Satelit Navigasi Global (GNSS). Yaiu, jaringan yang  menggabungkan berbagai satelit dengan mengandalkan sinyal gelombang mikro yang dikirim ke perangkat GPS untuk memberikan informasi tentang lokasi, kecepatan kendaraan, waktu dan arah. Jadi, sistem pelacakan GPS berpotensi memberikan data navigasi waktu secara real termasuk riwayat perjalanan kenderaan tersebut.

Baca juga Biaya Bulanan GPS Tracker yang Perlu Diketahui Agar Tak Salah Pilih

GPS menyediakan sinyal satelit khusus, yang nantinya diproses oleh penerima. Penerima GPS ini tidak hanya melacak lokasi yang tepat tetapi juga dapat menghitung kecepatan dan waktu. Posisi tersebut bahkan dapat dihitung dalam tampilan tiga dimensi dengan bantuan empat sinyal satelit GPS.

Sistem pelacakan GPS dapat bekerja dengan berbagai cara. Dari perspektif komersial, perangkat GPS umumnya digunakan untuk mencatat posisi kendaraan saat melakukan perjalanan. Beberapa sistem akan menyimpan data dalam sistem pelacakan GPS itu sendiri atau biasa disebut dengan pelacakan pasif. Sebaliknya, pelacakan secara aktif yaitu mengirim informasi ke database atau sistem terpusat melalui modem di dalam unit sistem GPS secara teratur.

Adapun sistem pelacakan GPS pasif akan memantau lokasi serta menyimpan datanya pada perjalanan berdasarkan jenis peristiwa tertentu. Jadi, misalnya, jenis sistem GPS ini dapat mencatat data seperti lokasi perjalanan perangkat dalam 12 jam terakhir. Data yang disimpan pada sistem pelacakan GPS semacam ini biasanya disimpan dalam memori internal atau pada kartu memori, yang kemudian dapat diunduh ke komputer dimana nantinya si pemilik kenderaan bisa menganalisanya secara berulang. Namun, ada juga dalam beberapa kasus, data dikirim secara otomatis untuk diunduh secara nirkabel pada titik atau waktu yang sudah ditentukan.

Kemudian, sistem pelacakan GPS aktif juga atau biasa disebut dengan sistem waktu real dikarenakan memang pengiriman data dilakukan secara otomatis. Sistem ini sangat direkomendasikan karena metode pelacakannya bisa dilakukan secara tepat dan cepat dalam hitungan detik.

Pentingnya sistem GPS bagi kehidupan

Dengan fitur yang terus diupgrade sesuai dengan kebutuhan yang semakin meningkat membuat GPS tracker ini sangatlah penting.  Mengetahui keberadaan kenderaan hingga kondisi mobil maupun motor pun mudah diketahui tanpa mengalami kesulitan. Navigasi serta mengetahui track dari setiap aktivitas dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan menggunakan GPS tracker.

Itulah penjelasan singkat mengenai sistem dari GPS tracker itu sendiri dimana manfaatnya begitu besar khususnya bagi si pemilik kenderaan. Kita ambil contoh kecil saja, saat parkir kenderaan di sebuah mall besar dengan area parkir yang begitu luas. Terkadang kita sendiri tidak ingat dimana posisi terakhir. Nah, disinilah peran GPS tracker yang sangat membantu Anda untuk mengetahui posisi mobil yang bisa saja ditandai dengan alarm berbunyi. Jadi, jangan ragu untuk segera menggunakan GPS yang hadir dengan beragam spesifikasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2021 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia