logo mobile 2024

Spesifikasi dan Harga Wuling Cloud EV 2024

Beberapa waktu lalu, Wuling memamerkan mobil listrik terbarunya: Cloud EV di IIMS. Sayangnya, pihak Wuling masih menyembunyikan dengan rapat berapa harga Wuling Cloud EV. Namun, beberapa orang memprediksi harganya berada di kisaran Rp450-500 juta. Belum termasuk dengan pajak dan lain-lain.

Menurut salah satu penjual Wuling, mobil tipe ini sudah mulai open prapesan dengan biaya pre-booking Rp10 juta. Jika sesuai rencana, Wuling Cloud EV akan meluncur resmi di pasaran pada pertengahan tahun.

Mobil Listrik Wuling Cloud EV

Mobil listrik Wuling Cloud EV

“Cloud” mobil listrik ternyaman dengan filosofi awan.

Hadirnya mobil listrik Cloud EV menambah deretan mobil listrik Wuling yang unik juga ikonik. Sesuai dengan namanya, “awan”, mobil ini mencoba merepresentasikan kelembutan awan di dalam kendaraannya.

Dian Asmahani selaku direktur pemasaran dan penjualan menyebutkan bahwa Cloud EV menerapkan desain medium hatchback. Dari sini menjadikan Cloud EV masuk ke segmen city hatchback, tetapi levelnya ada di atas Binguo EV.

Bukan hanya itu, Cloud EV juga cocok untuk kendaraan individu atau keluarga kecil untuk mobilitas harian. Hal ini karena dimensinya medium, tidak besar dan tidak kecil; sangat pas untuk menjelajahi perkotaan dengan lalu lintas padat. Masuk gang pun oke.

Menariknya, mobil ini mampu menempuh jarak 460-505 km.

Eksterior Wuling Cloud EV

Penampakan luarnya terkesan simple, tetapi tak meninggalkan kesan elegan dan modernitas mobil yang berkelas. Penampilannya ini terinspirasi dari bentuk awan (cloud shaped design) yang tak bertepi, tampak dinamis juga light pada saat bersamaan. Siluet melengkungnya tampak minimalis tanpa sudut tajam yang menonjolkan sisi ramah.

Kemudian, fascia depan terdapat lampu DRL horizontal dengan sein di masing-masing sisi juga LED projector headlamp untuk bagian bawah.

Di sisi samping, mengadaptasi desain aerodinamis. Di sisi ini, tersedia lekukan halus untuk lebih menonjolkan lampu depan dan belakang. Alhasil menciptakan estetika yang unik.

Sedangkan di bagian atap menggunakan desain atap mengambang atau floating roof.

Pada pintunya terlengkapi dengan multifunctional rearview mirror juga hidden inductive handles. Sedangkan pelek ban menggunakan bahan alloy berukuran 18 inci dengan desain unik terinspirasi dari bianglala.

Terakhir buritan mobil yang juga mengadopsi lampu LED. Posisinya horizontal dengan lampu belakang kombinasi high stop mount lamp juga built in antena.

Interior Wuling Cloud EV 

Sedangkan bagian dalamnya didominasi black pearl yang tampak berkelas dengan konsep home life space yang mengedepankan kenyamanan pengguna. Head unit-nya berukuran 15.6 inchi dengan MID 8.8 inchi beresolusi tinggi, sehingga sopir bisa memperoleh informasi lebih jelas di layar.

Sedangkan untuk joknya menggunakan kulit premium. Bagian dashboard, door trim, hingga konsol tengah juga berpadu dengan kulit berkualitas. Kemudinya juga tak ketinggalan dilapisi material premium. Sementara pengaturan tombol fungsi dalam kemudi sangat pas dan enak tanpa mengganggu aktivitas pengendalian mobil saat berkendara.

Pada bagian belakang, kabinnya cukup luas dengan jok sambung yang bisa ditempati oleh 3 penumpang. Keluasan kabin membuat penumpang bisa duduk dengan nyaman.

Selain itu, Wuling melengkapinya dengan 18 kompartemen penyimpanan dan bagasi deep sunk. Bagasi ini mampu menampung barang hingga 606 L. Jok belakang juga bisa Anda lipat untuk mendapatkan ruang lebih lega. Dengan jok terlipat, setidaknya ruang bagasi bertambah hingga volume maksimal di 1.707 L.

Fitur lain yang menjadi ciri khasnya adalah jok mobil yang berdesain Italian Bubble Sofa Style. Jok depan mampu bisa rebah maksimal, sedangkan jok belakang bisa rebah hingga 135⁰. Pengaturannya bahkan sudah elektrik. Hal ini memungkinkan penumpang istirahat dengan nyaman di dalam mobil. Dengan posisi rebah, kursi mobil tampak seperti sofa panjang.

Fitur-Fitur Canggih Wuling Cloud EV 

Sebagai produk terbaru, Cloud EV mengusung sejumlah fitur canggih. Di antaranya

  • Fitur Keamanan

Untuk menjamin keamanan penumpang, Wuling melengkapi unit kendaraan dengan central locking, power door lock, anti theft device, alarm mobil, juga engine immobilizer.

  • Fitur Kenyamanan dan Kemudahan

Sedangkan untuk kenyamanan dan kemudahan penumpang, Wuling membekali Cloud EV dengan AC, automatic climate control, pengatur kualitas udara, ventilasi AC belakang, pemanas, power outletsmart keyless entry and start/stop button, adaptive cruise control, power window depan dan belakang, lampu baca, vanity mirror, lampu untuk bagian bagasi, automatic head Lamps, memory seats, head-up display, dan pengisian daya nirkabel.

  • Fitur Keselamatan

Dari sisi keselamatan, Cloud EV sudah memiliki anti-lock braking system, brake assist, EBD (electronic brake distribution), kontrol traksi, airbagchild safety lockcrash sensor, vehicle stability control system, rear parking sensors, sistem ADAS (advanced driver assistance system) juga electric parking brake dan auto-hold.

Spesifikasi Wuling Cloud EV

spesifikasi Wuling Cloud EV

Dimensinya ada di 4.295 x 1.850 x 1.652 mm dengan jarak sumbu roda 2.700 mm. Dimensi ini jelas lebih pendek sedikit dari Toyota Avanza. Namun, sisi lebar dan tinggi nyaris sama. Untuk kapasitas, mobil ini maksimal 4 orang dewasa dan 5 orang kombinasi; dewasa juga anak.

Kemudian dari sisi baterai tersedia dua opsi baterai, yaitu 37.9 kWh dan 50.6 kWh. Baterai terbuat dari lithium iron phosphate atau LFP yang katanya memiliki daya tahan lebih kuat daripada lithiumion. Dari riset yang Wuling keluarkan, baterai ini sudah lolos 16 jenis tes. Termasuk di dalamnya goncangan, tabrakan atau benturan, perendaman air, bahkan hingga pembakaran menggunakan api.

Baterai bisa menggunakan dua mode pengisian daya, yakni slow charging atau pengisian cepat. Untuk fast charging, Anda bisa mengisi 30-80% dalam setengah jam. Tentunya, hal ini berpengaruh pada sumber output listrik. Setidaknya, Anda membutuhkan daya listrik minimal 1300 kWh.

Dengan jarak tempuh 460-505 km saat baterai terisi penuh tentu mobil ini cukup mampu mendukung mobilitas harian bahkan pulang pergi bekerja dalam kota.

Lebih jelas, berikut rangkumannya.

Dimensi4.295 x 1.850 x 1.652 mm
Kapasitas penumpang4 orang
BateraiLithium iron phosphate (LFP) 37.9 kWh atau 50.6 kWh
Mode pengisian dayaSlow dan fast charging
Bagasi606-1.707 L
Tenaga134 HP
Torsi200 Nm
Jarak tempuh460-505 km

Harga Mobil Listrik Wuling Cloud EV

Interior Wuling Cloud EV

Dari pihak Wuling belum menjanjikan harga mobil Cloud EV dengan pasti, tetapi mereka akan segera merilisnya. Prediksi di luaran, mobil ini menembus angka Rp450-500 jutaan. Hal ini karena Cloud EV memiliki tingkatan lebih tinggi dari Wuling Binguo EV.

Karena belum ada rilis resmi terkait mobil ini, informasinya pun belum selengkap mobil yang sudah rilis resmi. Sebutlah Wuling Air EV. Oleh karena itu, bagian fitur keamanan dan keselamatan maupun lainnya belum tersedia datanya lebih lanjut.

Namun, bagi Anda yang ingin memproteksi kendaraan Anda saat ini, ada pilihan GPSKU sebagai alat tracker kendaraan terbaik. Sambil menunggu peluncuran resmi dan harga Wuling Cloud EV, cek dulu GPSKU.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU