logo mobile 2024

7 Manfaat GPS Tracker untuk Kapal

Pada transportasi laut, kemajuan teknologi telah mengubah cara kapal beroperasi. Salah satu teknologi yang terbukti sangat berguna adalah GPS tracker. Manfaat GPS tracker untuk kapal berguna dalam optimasi rute hingga manajemen kapal yang lebih baik.

Masih banyak lagi manfaat GPS tracker untuk kapal ini yang perlu Anda ketahui. Yuk, kita bahas selengkapnya di bawah ini!

Pengertian GPS Kapal

Pengertian GPS kapal

GPS kapal merujuk pada teknologi Global Positioning System (GPS) yang digunakan khususnya untuk kapal laut. GPS adalah sistem navigasi satelit yang menyediakan informasi posisi secara akurat di seluruh dunia dengan menggunakan sinyal dari beberapa satelit GPS.

Cara Kerja GPS di Kapal

cara kerja GPS di kapal

Berikut ini cara menggunakan GPS di kapal:

1. Sinyal Satelit

GPS kapal menerima sinyal dari setidaknya empat satelit GPS yang berbeda untuk menentukan posisi kapal secara akurat di permukaan bumi. Setiap satelit GPS mengirimkan sinyal waktu dan data yang memungkinkan GPS kapal untuk menghitung jarak dari satelit tersebut.

2. Trilaterasi

Dengan menggunakan sinyal dari empat satelit atau lebih, GPS kapal dapat melakukan trilaterasi. Trilaterasi adalah proses matematika yang menggunakan waktu perjalanan sinyal dari satelit untuk menentukan posisi yang tepat di permukaan bumi.

3. Penerima GPS

Kapal laut dilengkapi dengan penerima GPS yang menerima sinyal dari satelit GPS. Penerima ini kemudian menghitung posisi kapal berdasarkan sinyal yang diterima.

Apa Manfaat GPS untuk Kapal Laut?

apa manfaat GPS untuk kapal laut?

Berikut adalah beberapa manfaat dan Fungsi GPS di kapal:

1. Navigasi yang Lebih Baik dan Optimalisasi Rute

Inti dari setiap pelayaran yang sukses adalah navigasi yang efisien. GPS tracker melengkapi kapal dengan data posisi real-time. Keunggulan GPS tracker real time memungkinkan navigasi yang presisi, bahkan di sudut lautan yang paling terpencil.

Dengan memanfaatkan sinyal satelit, pelacak ini memberikan informasi akurat tentang lokasi, kecepatan, dan arah kapal. Sehingga memungkinkan kapten untuk merencanakan rute yang paling optimal.

Dengan perangkat lunak pemetaan canggih, perusahaan pelayaran dapat menganalisis data historis dan pola cuaca untuk mengoptimalkan rute, meminimalkan konsumsi bahan bakar, dan mengurangi waktu perjalanan.

2. Peningkatan Manajemen Armada dan Pelacakan Aset

Bagi perusahaan pelayaran, mengawasi armada kapal yang tersebar di wilayah maritim yang luas bisa menjadi tugas yang berat. GPS tracker menawarkan solusi komprehensif dengan memungkinkan pelacakan dan manajemen armada secara real-time.

Dengan memasang pelacak di setiap kapal, perusahaan mendapatkan visibilitas ke seluruh armada mereka, memantau pergerakan, metrik kinerja, dan status operasional dari jarak jauh.

Tingkat pengawasan ini meningkatkan efisiensi operasional, memungkinkan perawatan proaktif dan intervensi tepat waktu jika terjadi keadaan darurat.

3. Peningkatan Keselamatan dan Keamanan

Keselamatan adalah yang terpenting dalam operasi maritim, di mana bahkan insiden kecil pun dapat menimbulkan konsekuensi yang fatal. Sama seperti manfaat GPS tracker untuk bus, alat ini memainkan peran penting dalam meningkatkan keselamatan maritim dengan menyediakan pemantauan konstan dan sistem peringatan.

Jika terjadi keadaan darurat seperti tabrakan, kandas, atau ancaman pembajakan, pelacak dapat mengirimkan sinyal bahaya dengan informasi lokasi yang tepat. Ini memungkinkan tanggapan cepat dari pihak berwenang dan kapal terdekat.

Selain itu, kemampuan geo-fencing memungkinkan perusahaan untuk menentukan batas virtual untuk kapal mereka. Hal ini memicu alarm jika kapal menyimpang dari rute yang ditentukan atau memasuki area terlarang.

4. Kepatuhan dan Persyaratan Regulasi

Industri maritim beroperasi dalam jaringan peraturan dan standar kepatuhan yang kompleks. Tujuannya untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan perlindungan lingkungan. GPS tracker membantu perusahaan pelayaran dalam memenuhi persyaratan ketat ini dengan menyediakan data akurat untuk tujuan pelaporan dan audit.

Dari kepatuhan terhadap konvensi internasional seperti SOLAS (Safety of Life at Sea) hingga kepatuhan dengan peraturan regional tentang emisi dan pembuangan, data yang dilacak GPS menawarkan bukti tak terbantahkan tentang kepatuhan regulasi.

5. Pengurangan Premi Asuransi dan Mitigasi Risiko

Dalam industri yang rentan terhadap risiko bawaan, premi asuransi merupakan biaya operasional yang signifikan bagi perusahaan pelayaran. GPS tracker berfungsi sebagai alat mitigasi risiko, menawarkan kepada perusahaan asuransi wawasan real-time tentang operasi kapal dan tindakan keselamatan.

Dengan menunjukkan manajemen risiko proaktif melalui adopsi teknologi pelacakan GPS, perusahaan dapat bernegosiasi premi asuransi yang lebih rendah dan persyaratan yang menguntungkan.

Selain itu, dalam kasus kecelakaan atau perselisihan yang tidak menguntungkan, data yang dilacak GPS berfungsi sebagai bukti obyektif untuk klaim asuransi dan proses hukum, mempercepat penyelesaian dan meminimalkan kerugian finansial.

6. Dampak Lingkungan

Mengurangi konsumsi bahan bakar tidak hanya menghemat uang tetapi juga mengurangi jejak karbon kapal. GPS tracker membantu kapal bernavigasi lebih efisien, yang pada gilirannya mengurangi emisi dan meminimalkan dampak lingkungan. Ini menjadi semakin penting karena industri maritim menghadapi tekanan untuk mengadopsi praktik yang lebih berkelanjutan.

Penggunaan bahan bakar fosil oleh kapal laut adalah sumber utama emisi karbon dioksida (CO2), yang berkontribusi terhadap perubahan iklim global. Secara global, kapal-kapal laut menghasilkan sekitar 2-3% dari total emisi gas rumah kaca. Hal ini membuatnya menjadi bagian penting dari upaya mitigasi untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

7. Manajemen dan Kesejahteraan Awak Kapal

Awak kapal adalah tulang punggung dari setiap operasi maritim. Keselamatan dan kesejahteraan mereka tidak hanya berpengaruh pada produktivitas, tetapi juga merupakan kewajiban moral dan hukum bagi perusahaan pelayaran.

Dalam kondisi kerja yang keras di lautan, di mana mereka mungkin harus menghadapi cuaca buruk, cuaca ekstrem, dan bahaya alam lainnya, pemantauan yang tepat terhadap awak kapal sangat penting.

Perjalanan jauh sering kali memerlukan waktu yang lama dan dapat menyebabkan kelelahan pada awak kapal. Dalam situasi seperti ini, GPS tracker dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang durasi perjalanan dan kondisi lingkungan sepanjang jalur pelayaran.

Informasi ini memungkinkan manajer armada untuk mengatur jadwal perjalanan yang lebih manusiawi, meminimalkan tekanan pada awak kapal, dan mengurangi risiko kecelakaan atau insiden yang dapat membahayakan keselamatan mereka.

Dalam kondisi darurat medis di tengah lautan, GPS tracker dapat membantu dalam memanggil bantuan medis dengan cepat. Misalnya, jika seorang awak kapal mengalami cedera atau sakit, sistem GPS tracker dapat memberikan lokasi yang akurat kepada pihak berwenang atau kapal penyelamat untuk intervensi medis segera.

Penggunaan GPS tracker mewakili perubahan paradigma dalam operasi maritim, mengantarkan era efisiensi, keselamatan, dan keberlanjutan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dari mengoptimalkan navigasi dan manajemen armada hingga meningkatkan keselamatan dan kepatuhan regulasi, manfaat GPS tracker untuk kapal sangatlah penting.

Saat industri maritim menyambut inovasi teknologi, teknologi pelacakan GPS muncul sebagai landasan kemajuan, memberdayakan perusahaan untuk menjelajahi lautan dengan penuh keyakinan dan ketahanan.

Gunakan solusi pelacakan GPS mutakhir dari GPSKU untuk membuka potensi penuh armada Anda. Integrasikan pelacak canggih kami dengan mulus ke dalam operasi maritim Anda dan buka dunia penuh kemungkinan.

Pastikan presisi, efisiensi, dan keamanan di setiap pelayaran dengan GPSKU. Kunjungi beranda kami diGPSKU untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU