Cara Merawat Kendaraan Mobil, Tanpa Ke Bengkel

Merawat kendaraan mobil ternyata bisa dilakukan dengan sendiri loh, di artikal ini kami akan meberikan tips apa saja yang bisa kalian lakukan untuk merawat kendaraan mobil agar setiap komponen pada kendaraan berkerja dengan baik dan juga untuk memastikan tidak ada kompinen yang perlu di ganti atau yang harus di ganti.

Perawatan memang sebaiknya di lakukan oleh ahlinya seperti di bengkel, namun untuk perawatan sederhana pemilik kendaraan bisa melakukanya sendiri di rumat ketika sedang libur kerja atau free aktifitas lalinya untuk mengisi waktu yang kosong.

Manfaat dari hal ini sangat banyak ketika kita bisa merawat mobil yang kita miliki, selain mengetahui kondisi mobil yang kalian sering rasakan ketika membawa mobil sendiri apakah nyaman atau tidak dan bisa mengetahui kondisi mobil.

Perawatan mobil yang bisa dilakukan di waktu libur kerja

perawatan kendaraan tanpa ke bengkel

Cek Air Radiator

Air Radiator merupakan salah satu cara untuk merawat kendaraan, karena radiator merupakan alat vital dar pada kendaraan, maka dari itu cek lah air pada radiator mobil, jika airnya berkurang kalian bisa isikan kembali,

Sebab jika air radiator menurun makan mesin kendaraan akan panas, fungsi dari air radiator ini adalah untuk mendingin kan atau menetralisir terjadinya over heat pada mesin, karena mesin terlalu panas.

Maka dari itu pengontrolan Air radiator sangat penting yang bisa kalian lakukan sendiri tanpa perlu ke bengkel, jika kita selalu mengontrol maka tidak akan terjadinya kerusakan yang lebih parah, maanfaat lainya membuat mobil tetap sempurna.

Periksa Volume Oli mobil

Pengecekan Oli mobil pun, sangat mudah dan bisa kalian lakukan sendiri. Kenapa oli kendaraan 1 bulan sekali harus dipriksa karen untuk memastikan volume oli apaka setabil atau tidak sesuai rekomendasi dari pabrik mobil kalian masing-masing yakni tidak berkurang ataupun kelebihan

Adapun cara pengecekan kalian bisa cek menggunakan dipstick atau setik pengukur pada volime yang biasanya terdapat pada mesin kendaraan sehinga kalian bisa mengetahui ketinggian dari oleh  yang terdapat pada mesin mobil kalian.

Sebab jika oli kendaraan kalian terlalu banyak maka akan menimbulakan gelembung udara yang mengakibatkan kemampuan oli dalam melumasi serta mengurangi kerja pompa oli dalam mendistribusikan pelumas

Sedangkan jika kekuranagn oli pada mesin kan menimbulkan suara mesin yang brisik dan kasar ketika dibawa jalan, karena gesekan mesin yang tidak terpelumas tidak merata dan mengalkibatkan bisa turun mesin.

Baca Juga Pajak Alphard, Tahun 2005 – 2021 Ganti STNK

Cek Air Wiper

Air wiper memang tidak mengakibatkan kerusakan pada mesin, namun air wiiper juga sangat penting bagi keselamatan kalian saat berkendara maka dari itu kaliam bisa mengecek tangki wiper pada mobil kalian apakah habis atau tidak,

Meski terbilang simpel air ini sangat membatu kalian dalam kondisi hujan yang mana air huja bisa mengakibatkan kaca menjadi kotor dari biasanya ataupun saat kondisi kaca mobil kalian tertempel debu,

Gunanya air wiper ini untuk membersihkan kaca mobil dari hal apa saja yang menempel pada mobil yang membuat jarak pandang pengendara terganggu.

Cek Minyak Rem Mobil

Rem merupakan komponen yang paling penting pada kendaraan, sebab fungsi dari rem sendri untuk mengontrol kecepatan saat berkendara selain gas mobil,

Maka kalian bisa lakukan pengecekan minyak Rem pada mobil masing-masing, karen mengontrol kondisi minyak rem merupakan salah satu merawat kendaraan.

Karena agar pengereman tetap optimal, maka dilakukanlah pengecekan minyak rem untuk memastikan ketinggian minyak rem yang berada pada batas normal sesuai ketentuan kapasita minyak rem pada kendaraan kalian masing-masing.

Jika minyak rem berkurang maka kalian harus lakukan penambahan sebelum terjadi ream blong yang berakibat vatal keselamatan.

Kondisi Ban Mobil

Perlu kalian priksa juga kondisi ban mobil, sebab konsisi fisik mobil akan akan mengakibatkan mobil tergelincir  karena mengalami aquaplaning,

Aquaplaning adalah suatu kehilangan kendali pada daya cengkram ban mobil ke aspal yang mengakibatkan tergelincirnya kendaraan yang menimbulkan kecelakaan.

Selain itu kalian bisa cek juga tekanan agin dan alur ban, dan memastikan udata sudah setandar.

Yang mana hal ini bisa kalian cek sendiri tanpa perlu repot-repot ke bengkel, dan menunggu giliran untuk di cek kendaraan, semua ini bisa kalian lakukan sendiri.

Itulah  informasi yang kami berikan kepada kalian sobat GPSKU mengenai cara merawat kendaraan mobil sendiri, untuk menjaga kendaraan kalian tetap aman pakailah gps mobil dan nyaman ketika di gunakan, ketika kendaraan aman berkendaraan pun tidak takut terjadi hal yang tidak di inginkan, seperti kecelakaan, ban mobil pecah, rem blong, atau hal lainya yang merugikan kalian sendiri, maka rawatlah kendaraan kalian dengan baik dan selalu cek kondisi mobil kalian masing-masing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2021 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia