logo mobile 2024

7 Tips Meningkatkan Pengamanan Motor Sewaan

Serunya naik motor sewaan tidak usah diragukan lagi, apalagi di tempat wisata atau di kota besar. Tapi, Anda perlu tahu tips untuk meningkatkan pengamanan motor sewaan agar rasa was-was motor dicuri tidak mengganggu kesenangan jalan-jalan.

Motor sewaan ini memang sering jadi incaran maling karena lebih gampang dibawa kabur dan dijual lagi. Namun, tenang saja, buat Anda yang suka jalan-jalan pakai motor sewaan! Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan biar motor sewaan kamu lebih aman dan liburan jadi lebih tenang.

Yuk, simak tipsnya berikut ini!

1. Pilih Rental Motor yang Terpercaya

pilih rental motor yang terpercaya

Memilih rental motor yang tepat merupakan langkah awal yang penting. Pastikan Anda memilih rental motor yang memiliki reputasi baik dan terbukti dalam menjaga keamanan motor sewanya.

Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Riset dan Baca Review: Cari informasi tentang bisnis rental motor di daerah Anda. Baca review online dari pelanggan sebelumnya untuk mengetahui pengalaman mereka dalam hal keamanan.
  • Cek Website Rental: Kunjungi website rental motor dan perhatikan fitur keamanan yang mereka tawarkan. Carilah rental motor yang menyediakan gembok cakram, rantai alarm, dan tempat parkir aman.
  • Ajukan Pertanyaan: Jangan ragu untuk bertanya kepada rental motor tentang prosedur keamanan mereka. Tanyakan bagaimana mereka mengamankan motor saat tidak disewa, dan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan motor selama disewa.

2. Hindari Tempat Sepi Saat Parkir Kendaraan

hindari tempat sepi saat parkir kendaraan

Mencari tempat parkir yang aman adalah kunci penting dalam menjaga keamanan motor sewaan. Hindari memarkir motor di tempat sepi dan terpencil.

Tips memilih tempat parkir:

  • Parkir di Tempat Terang: Carilah tempat parkir yang terang dan ramai, seperti di area publik atau dekat toko-toko.
  • Manfaatkan CCTV: Jika memungkinkan, parkirlah di tempat yang memiliki CCTV. Hal ini dapat membantu Anda melacak motor jika terjadi pencurian.
  • Tanya Warga Sekitar: Jika ragu tentang keamanan tempat parkir, tanyalah kepada warga sekitar atau petugas keamanan setempat.
  • Gunakan Parkiran Berbayar: Pertimbangkan untuk menggunakan parkiran berbayar yang diawasi oleh petugas keamanan.

3. Gunakan Gembok Cakram dan Rantai Alarm

Gunakan gembok cakram dan rantai alarm

Jangan hanya mengandalkan gembok bawaan rental motor. Investasikan dalam gembok cakram atau rantai alarm yang kuat dan tahan cuaca. Gembok cakram adalah cara ekonomis untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra pada motor Anda. Harganya relatif murah, ringan, dan mudah digunakan.

Teknik Mengunci yang Tepat:

  • Gunakan Gembok Motor Paling Aman: Pilihlah gembok cakram atau rantai alarm yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti baja keras.
  • Kunci ke Rangka Motor: Saat mengunci motor, selalu lilitkan gembok ke rangka motor (bukan hanya ke jari-jarinya) dan kaitkan ke tiang lampu atau tempat parkir motor yang kokoh.
  • Kombinasikan Gembok: Gunakan kombinasi gembok cakram dan rantai alarm untuk memberikan perlindungan ganda.

Keuntungan Gembok Cakram:

  • Mengunci Cakram Rem: Gembok cakram mengunci cakram rem motor, sehingga motor tidak dapat digeser oleh maling.
  • Mudah Digunakan: Gembok cakram mudah dipasang dan dilepas, sehingga Anda tidak perlu repot setiap kali ingin menggunakan motor.
  • Harga Terjangkau: Gembok cakram tersedia dengan harga yang terjangkau, sehingga Anda dapat meningkatkan keamanan motor tanpa mengeluarkan banyak biaya.

4. Sewa Motor yang Memiliki Alarm

sewa motor yang memiliki alarm

Banyak rental motor yang menyediakan motor dengan alarm. Jika motor yang Anda sewa tidak dilengkapi alarm motor anti maling, tanyakan kepada rental motor apakah Anda dapat menambahkannya.

Manfaat Alarm Motor:

  • Mencegah Pencurian: Alarm yang nyaring dapat membuat maling berpikir dua kali sebelum mencuri motor Anda.
  • Mempermudah Pencarian: Jika motor Anda dicuri, alarm yang aktif dapat membantu Anda menemukannya dengan lebih mudah.
  • Memberikan Perasaan Aman: Alarm motor dapat memberikan Anda ketenangan pikiran saat meninggalkan motor Anda.

5. Jaga Barang Bawaan

jaga barang bawaan

Meninggalkan barang berharga di motor yang ditinggal bagaikan mengundang maling untuk beraksi. Helm dan tas yang tergeletak di atas jok atau stang motor menjadi target empuk bagi mereka.

Oleh karena itu, penting untuk selalu waspada dan menjaga barang bawaan Anda dengan cermat. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  • Simpan Helm dan Tas di Tempat Aman

Saat parkir motor, jangan tinggalkan helm dan tas di atas jok atau stang motor. Simpanlah helm dan tas di dalam bagasi motor, jika memungkinkan. Namun, jika Anda merasa ragu untuk meninggalkan helm dan tas di motor, bawalah helm dan tas Anda ke dalam tempat tujuan Anda. Hal ini merupakan cara yang paling aman untuk menjaga keamanan barang bawaan Anda.

  • Jangan Tinggalkan Barang Berharga Lainnya

Selain helm dan tas, hindari juga meninggalkan barang berharga lainnya di dalam motor, seperti laptop, dompet, atau smartphone. Bawa barang-barang tersebut bersama Anda untuk menghindari risiko pencurian.

6. Dokumentasikan Kondisi Motor

dokumentasikan kondisi motor

Sebelum memulai perjalanan, luangkan waktu untuk memotret dan merekam video kondisi motor secara detail. Perhatikan terutama jika ada baret, penyok, atau kerusakan lain.

Langkah ini mungkin tampak sederhana, namun manfaatnya sangatlah besar dalam melindungi Anda dari kesalahpahaman dan membantu proses investigasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Apa saja yang Anda Dokumentasikan?

Berikut beberapa hal yang perlu Anda dokumentasikan:

  • Detail Eksterior: Ambil foto dan video dari berbagai sudut, termasuk bagian depan, samping, belakang, dan atas motor. Perhatikan kondisi cat, stiker, lampu, kaca spion, ban, dan pelek.
  • Detail Interior: Dokumentasikan kondisi speedometer, stang, jok, dan komponen lain di dalam motor.
  • Kerusakan: Perhatikan dan dokumentasikan secara detail jika ada baret, penyok, lecet, atau kerusakan lain pada motor.
  • Kondisi Odometer: Catat angka pada odometer untuk mengetahui jarak tempuh awal motor.

Manfaat Dokumentasi

Dengan Anda mendokumentasikannya, maka ada sejumlah manfaat yang akan Anda rasakan seperti:

  • Hindari Kesalahpahaman dengan Rental Motor

Dokumentasi kondisi motor sebelum dan sesudah sewa dapat menjadi bukti nyata jika terjadi perselisihan dengan pihak rental motor terkait kerusakan atau kehilangan. Ini membantu Anda terhindar dari tuduhan yang tidak berdasar dan memastikan proses sewa yang adil dan transparan.

  • Mempermudah Proses Klaim Asuransi

Jika Anda memiliki asuransi untuk motor sewaan, dokumentasi kondisi motor dapat membantu mempermudah proses klaim jika terjadi kerusakan atau kehilangan. Bukti visual ini dapat mempercepat proses verifikasi dan memperlancar klaim Anda.

  • Bukti Kuat dalam Kasus Pencurian

Dokumentasi kondisi motor menjadi bukti penting dalam proses pelaporan dan investigasi jika motor dicuri. Foto dan video yang detail dapat membantu pihak berwenang mengidentifikasi motor Anda dengan mudah dan meningkatkan peluang untuk menemukannya kembali.

  • Bukti Kecelakaan

Dokumentasi kondisi motor sebelum dan sesudah kecelakaan dapat menjadi bukti penting untuk proses klaim asuransi atau penyelesaian kasus hukum. Bukti visual ini dapat memperkuat pernyataan Anda dan membantu menentukan pihak yang bertanggung jawab atas kerusakan.

7. Lacak Motor dengan GPS Tracker

lacak motor dengan GPS Tracker

Untuk memberikan rasa aman yang lebih, pemilik rental motor dapat mempertimbangkan untuk memasang GPS tracker pada motor sewaan.

Manfaat GPS Tracker untuk Bisnis Sewa Motor

  • Pelacakan Real-Time: Keunggulan GPS tracker real time memungkinkan Anda melacak lokasi motor secara langsung, sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah jika terjadi pencurian.
  • Pencegahan Pencurian: Alarm GPS tracker dapat memberikan peringatan saat motor dicuri, sehingga Anda dapat segera mengambil tindakan.
  • Pemantauan Perjalanan: Anda dapat memantau perjalanan motor dan melihat data seperti kecepatan, jarak tempuh, dan lokasi parkir.

Dengan mengikuti 7 tips meningkatkan pengamanan motor sewaan di atas, Anda dapat meningkatkan keamanan motor sewaan Anda dan menikmati perjalanan yang lebih tenang dan aman. Ingatlah bahwa persiapan yang matang dan kewaspadaan adalah kunci utama dalam menjaga keamanan motor Anda.

Ingin belajar lebih lanjut tentang GPS tracker dan keamanan motor? Kunjungi website GPSKU, penyedia layanan GPS tracker terdepan di Indonesia.

Baca juga

claim promo pengguna baru
CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU