Supply Chain Control Tower : Apa itu, Tipe, Cara Membangun

Salah satu tantangan dalam dunia bisnis adalah pengelolaan distribusi untuk memastikan pengiriman produk tepat waktu, meminimalkan biaya sembari menjaga kualitas. Salah satu cara untuk menghadapi tantangan tersebut adalah penerapan supply chain control terpusat.

Inilah langkah untuk memantau dan mengelola seluruh aspek rantai pasokan secara terpusat. Simak artikel di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Apa Itu Supply Chain Control Tower

Supply Chain Control 

Perangkat ini bukanlah kontrol biasa yang memberikan visibilitas hanya kepada mitra dagang langsung. Supply chain management dapat memantau, mengelola dan mengendalikan keputusan serta pelaksanaan di seluruh fungsi perusahaan.

Sistem ini menggunakan kecerdasan buatan dan berfungsi sebagai sistem untuk keterlibatan seluruh mitra dagang. Kemudian mengatur perusahaan, orang dan berbagai hal untuk bekerja sama secara real-time guna melayani konsumen.

Perangkat ini menawarkan visibilitas end-to-end dan real-time di seluruh jaringan organisasi atau supply chain termasuk pemasok, produsen, dan mitra bisnis. Hal ini memungkinkan organisasi untuk mengelola apa yang tidak dapat mereka lihat, merencanakan variasi tak terbatas yang tidak diketahui, dan memitigasi gangguan dan risiko sebelum menjadi masalah.

Data adalah sumber penting. Sistem ini mengumpulkan data terkini dalam jumlah besar dari seluruh rantai pasokan untuk memberikan pandangan dalam rantai pasokan secara real-time.

Sistem dalam manajemen distribusi adalah platform terpusat yang memberikan visibilitas menyeluruh dari seluruh rantai pasokan, memungkinkan bisnis untuk membuat keputusan yang tepat dan mengambil tindakan perbaikan dengan cepat.

Tipe Supply Chain Control

Supply Chain Control 

Terdapat berbagai jenis perangkat ini. Semua bergantung pada cakupan dan kompleksitas jaringan rantai pasokan. Berikut adalah beberapa jenis perangkat secara umum :

  • Logistics and transportation
  • Fulfillment
  • Inventory control
  • Supply assurance
  • End-to-end

Tujuan Supply Chain Control

Supply Chain Control 

Mengapa supply chain management penting? Tujuan dari sistem adalah untuk memberikan visibilitas dan kontrol end-to-end atas seluruh jaringan rantai pasokan.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja order management dengan mengoptimalkan operasi, mengurangi biaya, meminimalkan risiko dan meningkatkan layanan pelanggan.

Memiliki sistem ini memungkinkan manajer untuk memantau dan mengelola operasi rantai pasokan, memaksimalkan kinerja, dan merespons perubahan kondisi pasar dan permintaan pelanggan. Perusahaan yang menerapkan struktur ini mendapatkan kendali lebih besar atas rantai pasokan mereka.

Kemampuan Penting Supply Chain Control

Supply Chain Control 

Berikut adalah beberapa manfaat supply chain management. Yang pertama, adalah visibilitas ujung ke ujung secara real-time. Sistem ini memberikan visibilitas rantai pasokan dari ujung ke ujung, termasuk pemasok, produksi, logistik, inventaris dan pelanggan.

Ini mengumpulkan data dari berbagai sumber dan memberikan informasi real-time mengenai kinerja rantai pasokan.

Kedua, pengambilan keputusan yang preskriptif dan prediktif. Analisis prediktif menggunakan data historis untuk menggambarkan kejadian di masa depan, seperti ketidakpastian permintaan atau gangguan rantai pasokan.

Analisis preskriptif menggunakan algoritma alterasi untuk merekomendasikan tindakan terbaik. Hal ini memungkinkan manajer rantai pasokan untuk membuat keputusan berdasarkan data berdasarkan wawasan yang dihasilkan oleh platform.

Ketiga, kolaborasi proaktif dengan mitra. Sistem ini juga memfasilitasi kolaborasi dan komunikasi antar pemangku kepentingan dalam pasokan. Hal ini memungkinkan para pemangku kepentingan untuk berbagi informasi dan bekerja sama secara lebih efektif untuk mengelola rantai pasokan secara proaktif.

Implementasi sistem ini bukanlah kegiatan yang dilakukan satu kali saja. Perusahaan harus terus memantau kinerja sistem dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam logistik manajemen sistem pasokan.

Perbaikan berkelanjutan akan membantu organisasi untuk mengoptimalkan proses rantai pasokan mereka dan mengurangi biaya dari waktu ke waktu dalam proses manajemen rantai pasokan.

Cara Membangun Supply Chain Control

Supply Chain Control

Berikut adalah beberapa cara untuk menerapkan sistem ini ke dalam perusahaan atau organisasi Anda.

Identifikasi Tujuan Bisnis

Salah satu langkah penting dalam penerapan supply chain tower ini adalah mengidentifikasi tujuan bisnis yang ingin dicapai oleh platform. Sasaran ini akan memandu pemilihan teknologi, sumber data, analisis rantai pasokan dan kemampuan pelaporan.

Penelitian dan Analisis

Penelitian dan analisis melibatkan evaluasi berbagai platform komersial dan penilaian kemampuan internal. Hal ini juga mencakup mengidentifikasi teknologi, sumber data, analitik dan kemampuan pelaporan yang selaras dengan organisasi.

Rancangan dan Penerapan

Proses ini melibatkan penyesuaian dan konfigurasi platform yang dipilih untuk memenuhi kebutuhan dan persyaratan spesifik organisasi. Hal ini juga melibatkan pengintegrasian data dari sumber yang teridentifikasi dan penetapan struktur tata kelola komunikasi untuk memfasilitasi kolaborasi pemangku kepentingan.

Pantau dan Sesuaikan

Dengan terus memantau kinerja sistem ini terhadap KPI dan metrik yang teridentifikasi, pengguna dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Kemudian melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk memastikan bahwa platform memberikan nilai bisnis yang diharapkan.

Segala sesuatu yang terjadi dalam sistem ini bergantung pada data. Mulai dari memasukkan data, menganalisisnya secara akurat dan efisien, menyajikannya dengan cara yang dapat ditindaklanjuti, dan memanfaatkannya untuk mendorong pengambilan keputusan yang optimal.

Semakin baik dan komprehensif data yang digunakan oleh sistem Anda, semakin baik pula hasil yang Anda peroleh.

Kesimpulan

Supply Chain Control

Supply Chain Control Tower adalah platform terintegrasi yang memberikan visibilitas, kontrol, dan manajemen real-time dari semua proses rantai pasokan dalam logistik.

Dengan adanya sistem ini organisasi dapat memperoleh visibilitas yang lebih baik dari supply chain control terhadap logistik manajemen rantai pasokan mereka. Kemudian meningkatkan koordinasi antar departemen yang berbeda, dan merespons lebih cepat terhadap gangguan dan perubahan permintaan.

Penerapan sistem ini merupakan langkah penting bagi organisasi untuk mengoptimalkan operasi rantai pasokan mereka dan mengurangi biaya dalam proses manajemen rantai pasokan atau supply chain control. Anda juga bisa mulai menerapkan sistem terbaik pada bisnis Anda. Silakan kunjungi link berikut ini dan dapatkan layanan terbaik.

contact-us-donk