Cara Memilih Kendaraan Logistik dari Berbagai Pertimbangan

Di era digital dimana belanja online sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat, maka dibutuhkan pengiriman yang tepat waktu dan efisien. Hal ini dapat dicapai antara lain dengan cara memilih kendaraan logistik tepat.

Pasalnya,penggunaan Kendaraan logistik yang sesuai dapat mempercepat proses pengiriman barang sehingga dapat meningkatkan efektivitas kerja perusahaan. Ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian ketika memilih kendaraan yang digunakan untuk logistik. Simak informasinya di artikel ini.

Apa Itu Kendaraan Logistik?

Apa Itu Kendaraan Logistik?

Cara memilih kendaraan logistik adalah memilah berbagai jenis kendaraan yang digunakan untuk memindahkan barang atau jasa dari satu lokasi ke lokasi lain. Ada banyak pilihan kendaraan untuk tujuan logistik misalnya mobil pick up, van, mobil box maupun berbagai jenis truk.

Kendaraan tersebut berperan penting terhadap lancarnya operasi usaha Anda sehingga pemilihannya harus Anda lakukan dengan pertimbangan yang matang.

Pertimbangan Kepemilikan Kendaraan: Sewa atau Beli?

Sebelum melangkah dalam menentukan jenis dan cara memilih kendaraan logistik maka pertimbangkan dulu apakah kendaraan tersebut sebaiknya Anda sewa atau beli. Tentu saja masing-masing pilihan tersebut akan membawa dampak bagi perusahaan Anda. Mari kita ulas hal ini secara singkat berikut ini:

Membeli Kendaraan

Kendaraan Logistik

Memiliki mobil logistik milik sendiri akan menguntungkan Anda karena alasan berikut:

  • Bebas mendesain dan memodifikasi kendaraan tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan. JIka logistik yang Anda layani berupa produk beku maka Anda dapat memodifikasinya dengan pendingin.
  • Bebas merekrut, melatih dan mempekerjakan driver sesuai dengan kriteria perusahaan sehingga operasi logistik lebih efektif dan optimal
  • Apapun jenis dan cara memilih kendaraan logistik darat, laut maupun udara yang Anda miliki dapat Anda beri logo perusahaan. Hal ini penting karena dapat sekaligus menjadi salah satu cara branding perusahaan dan komunikasi dengan pelanggan.
  • Dengan sistem manajemen yang tepat memudahkan Anda mengetahui penggunaan kendaraan sehingga tahu kapan harus melakukan perbaikan dan service.

Namun, memiliki armada transportasi dan logistik pribadi juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain sebagai berikut:

  • Membutuhkan banyak perhatian dan waktu terutama untuk perawatan, perbaikan dan penjadwalan
  • Membutuhkan keahlian khusus dalam mengelola armada kendaraan serta membutuhkan orang-orang yang kompeten untuk mengelola seluruh armada dengan baik.
  • Tentu saja dengan cara memilih kendaraan logistik membeli sendiri maka perusahaan harus menyiapkan dana yang besar untuk pembelian setiap unitnya.
  • Ada kemungkinan terjadi kecelakaan maupun masalah teknis sehingga kendaraan tidak dapat beroperasi.

Menyewa Kendaraan

Kendaraan Logistik

Anda juga dapat memilih untuk menyewa kendaraan sebagai tulang punggung operasi logistik Anda. Ketika perusahaan mendapat lonjakan permintaan pengiriman namun jumlah armada yang ada belum mencukupi maka menyewa adalah alternatif terbaik.

Namun ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pastikan pemeriksaan kendaraan sesuai prosedur dan dapat dipertanggungjawabkan
  • Pastikan kenderaan, pengemudi, logistik yang Anda bawa tidak melanggar peraturan agar tidak terkendala dalam pengiriman
  • Tingkatkan keamanan karyawan yang terlibat dalam pengiriman karena menggunakan kendaraan sewaan tersebut

Cara Memilih Kendaraan Logistik dari Berbagai Pertimbangan

Sebelum menentukan pilihan jenis kendaraan untuk logistik ada baiknya Anda mempelajari terlebih berbagai contoh transportasi logistik yang umum digunakan. Pasalnya, dengan mengenal kendaran tersebut maka Anda dapat memutuskan apakah kendaraan tersebut sesuai dengan kebutuhan usaha Anda atau tidak.

Berikut beberapa cara memilih berbagai jenis dan cara memilih kendaraan logistik dengan melihat beberapa pertimbangan.

1. Kapasitas Muatan

cara memilih Kendaraan Logistik

Penting sekali untuk mempertimbangkan hal ini agar dapat menghitung apakah kendaraan tersebut dapat mengakomodasi logistik reguler Anda. Jika kapasitas logistik Anda besar maka tidak ada salahnya untuk memilih kendaraan jenis container.

2. Konsumsi Bahan Bakar

cara memilih Kendaraan Logistik

Jangan lupa untuk memperhatikan konsumsi bahan bakar dari kendaraan yang Anda pilih karena berhubungan dengan efektivitas dan biaya operasional.

3. Keamanan

cara memilih Kendaraan Logistik

Keamanan adalah faktor penting yang harus menjadi pertimbangan utama karena dapat meminimalisir berbagai resiko buruk. Pastikan Anda memperhatikan fitur-fitur penting misalnya kantong udara, sistem pengereman maupun kamera belakang mobil.

4. Ukuran Kendaraan dan Kemudahan Bermanuver

cara memilih Kendaraan Logistik

Pertimbangan ini juga perlu karena Anda harus menyesuaikannya dengan lokasi dan rute pengiriman. Jenis truk logistik besar tentunya tidak sesuai untuk pengiriman ke perumahan padat penduduk.

Kendaraan besar semacam itu akan lebih leluasa bergerak untuk pengiriman ke luar kota karena umumnya melewati jalan provinsi yang lebar. Sedangkan kendaraan ergonomis misalnya mobil boks atau van bisa menembus area yang jalan nya lebih sempit.

5. Perawatan Kendaraan

cara memilih Kendaraan Logistik

Petimbangan ini membutuhkan usaha dari Anda karena harus mencari tahu informasi mengenai kendaraan yang akan Anda pilih. Usahakan untuk memilih kendaraan yang tidak hanya awet tetapi biaya perawatannya rendah.

Pertimbangkan juga mengenai suku cadang karena ada beberapa jenis kendaraan yang memiliki suku cadang yang sulit untuk Anda dapatkan.

6. Kemudahan Dalam Bongkar Muat Barang

cara memilih Kendaraan Logistik

Perhatikan juga mengenai fitur kendaraan yang memungkinkan proses bongkar muat barang menjadi lebih mudah. Hal ini penting karena dapat meningkatkan efektivitas operasional Anda.

Mungkin Anda dapat mempertimbangkan memilih kendaraan dengan pintu geser atau model ergonomis sehingga memudahkan proses bongkar muat.

7. Biaya-Biaya Lain

cara memilih Kendaraan Logistik

Ada beberapa biaya yang perlu Anda pertimbangkan antara lain sebagai berikut:

  • Biaya pembelian atau sewa kendaraan
  • Konsumsi bahan bakar
  • Biaya perawatan dan asuransi kendaraan serta biaya lainnya

Cara memilih kendaraan logistik yang tepat akan berdampak pada ketepatan pengiriman barang, pengurangan biaya serta peningkatan kepuasan pelanggan.

Semoga cara memilih kendaraan logistik di atas dapat membantu Anda memilih kendaraan terbaik sehingga operasional harian Anda semakin efektif. Jangan lupa untuk mengunjungi kami di sini dan dapatkan informasi bermanfaat lainnya.

contact-us-donk