Jenis Container: Penjelasan, Ukuran, Gambar, Kegunaan

Sebagian besar barang yang ada setiap hari, mulai dari makanan hingga obat-obatan, ponsel dan furniture, menempuh jarak untuk sampai ke tangan Anda. Hal ini tidak lepas dari keberadaan layanan peti kemas sebagai ekspedisi. Nah, Anda perlu mengetahui alur dan jenis container terkait layanan itu.

Tidak berlebihan jika menyebut pelayaran peti kemas menjadi tulang punggung perdagangan internasional. Mari simak lebih lanjut tentang layanan dan macam macam jenis container tersebut lewat artikel berikut ini.

Pengertian Container

pengertian Container

Container adalah kotak logam berukuran besar dan kokoh yang berguna untuk mengangkut barang jarak jauh. Jenis standar banyak digunakan untuk ekspedisi melalui kereta api, jalan raya, atau laut. Untuk perjalanan darat, Anda butuh jenis truk yang sesuai untuk membawa peti kemas.

Keberadaan alat angkut ini membuat pengangkutan barang, penyimpanan dan penanganan kargo menjadi lebih mudah. Hal ini membuat ekspedisi barang internasional menjadi lebih efisien dan menghasilkan skala ekonomi.

Salah satu metode pengangkutan barang yang paling ampuh dilakukan dengan kapal. Kapal container ini memungkinkan ekspedisi dalam jumlah besar sekaligus dan telah mengubah perdagangan global secara efektif.

Karena meningkatnya permintaan di pasar, peningkatan kapasitas pengangkutan kargo, peningkatan efisiensi pengoperasian terus bertambah besar. Apapun bisa Anda bawa dengan alat pengangkut ini. Selanjutnya, Anda tinggal mengerti cara memilih kendaraan logistik untuk kebutuhan distribusi lebih lanjut.

Fungsi Container

Fungsi Container

Penggunaan container box ini telah meningkatkan efisiensi perdagangan global secara signifikan dengan menyederhanakan proses bongkar muat. Selain itu, dengan kapal yang desainnya untuk mengakomodasi ukuran dan jenis peti kemas tertentu, operator menjadi lebih mudah memindahkan barang dengan cepat.

Hal ini menghasilkan waktu penyelesaian pelabuhan lebih cepat, yang pada akhirnya mengurangi biaya transportasi bisnis. Sebelum adanya alat angkut ini, barang sering kali dimuat satu per satu. Metode ini memakan waktu dan membuat kargo berpotensi rusak akibat cuaca atau penanganan kasar selama transit antar pelabuhan.

Sebaliknya, kargo dalam peti kemas tersusun dengan aman di dalam kotak baja tahan lama. Kemudian dapat melindungi isinya dari elemen eksternal sekaligus mengurangi pergerakan selama pengangkutan, termasuk ketika menggunakan mobil logistik.

Beberapa peningkatan keselamatan dan keamanan mencakup pelacakan kargo, segel anti rusak, dan mitigasi risiko, seperti perlindungan asuransi untuk ekspedisi dalam peti kemas. Sehingga memastikan bahwa bisnis terlindungi secara memadai dari potensi kerugian.

Jenis-Jenis Container 

Jenis-jenis Container

Jenis alat angkut tertentu berbeda berdasarkan ukuran, kapasitas tertentu. Kemudian juga mempunyai jenis bobot pengekang, atau istilahnya bobot tara. Ini juga terdiri dari ferrule dan berbagai perangkat, karena biasanya merupakan bagian integral dari wadah. Oleh karena itu, setiap wadah memiliki fungsi masing-masing.

General

Jenis-jenis Container

Jenis container umum berguna untuk mengangkut semua jenis ekspedisi besar. Umumnya berguna untuk mengirimkan barang berat. Anda dapat memodifikasi kontainer umum dan mengirimkan kargo curah kering atau cair.

Berat tara kontainer jenis ini biasanya berkisar antara 1,8t hingga 2,5t, dan kapasitas rata-ratanya adalah 21,8t.

Open Top/Hard Top

Jenis-jenis Container

Selanjutnya model untuk ekspedisi yang memiliki ketinggian berlebih. Alat angkut seperti itu sering kali termuat menggunakan derek dan juga biasanya berguna saat mengirimkan produk yang tidak dapat masuk melalui pintu kontainer biasa.

Sudah menjadi hal yang umum untuk menggunakan alat kemas jenis ini untuk mengirimkan barang dalam jumlah besar. Peti kemas ini memiliki atap baja, dan bukaan pintunya memiliki balok atas yang dapat Anda bongkar. Selama pengangkutan, atap tertutup dengan terpal tahan air yang terkunci dengan segel wadah.

Karena masuk kategori perlengkapan khusus, sehingga harga sewanya lebih tinggi ketimbang model umum.

Open Sided

Jenis-jenis Container

Jenis peti kemas ini memiliki pintu besar bersayap ganda di sisinya yang lebih besar. Oleh karena itu lebih mudah untuk memuat dan membongkar muatan, membuat bagian dalam peti kemas dapat Anda akses sepenuhnya. Dalam beberapa kasus, pintu juga berada pada salah satu sisi yang lebih pendek.

Selain lebih cepat dalam bongkar muat, peti kemas jenis ini memungkinkan penyortiran ekspedisi tanpa perlu membongkarnya.

Flat Rack

Jenis-jenis Container

Model ini memungkinkan ekspedisi barang yang terlalu besar untuk masuk ke dalam peti kemas umum atau terbuka. Barang dapat Anda tempatkan ke lantai atau bingkai. Lantai yang relatif tebal dan balok memanjang yang terpasang juga lengkap dengan banyak bracket pemasangan.

Platform 

Jenis-jenis Container

Selanjutnya, adalah model peti kemas platform untuk mengangkut barang berat. Karena, jenis ini memiliki kapasitas lebih besar dibandingkan peti kemas lainnya lainnya. Baik lantai maupun balok memanjang tersedia dengan braket pemasangan dengan resistansi tinggi untuk membuat pengangkutan lebih aman.

Lantainya sangat kokoh sehingga mampu menahan tekanan beban berat.

Tank 

Jenis-jenis Container

Jenis container tangki berguna untuk mengangkut bahan kimia cair dan minuman. jenis container ini terbuat dari tangki yang berada di dalam wadah umum khusus berukuran 20′. Jenis semacam ini harus dibuat dengan mengikuti persyaratan Barang Maritim Internasional.

Jenis peti kemas ini biasanya terisi minimal 80% untuk menghindari undulasi muatan yang cepat selama pengangkutan. Produk makanan dalam proses ekspedisi mendapatkan tanda “Hanya Cairan yang Dapat Diminum”. Beberapa ekspedisi harus memenuhi persyaratan angkutan laut barang berbahaya.

Refrigerated 

Jenis-jenis Container

Jenis container berpendingin berguna untuk mengangkut produk yang memerlukan suhu stabil. Hal ini karena dinding peti kemas berisi busa poliuretan dan lantai terbuat dari kisi-kisi aluminium T. Wadah tersebut menjaga suhu 25 hingga -25 derajat Celcius selama suhu luar tidak mencapai 42 derajat untuk pemanasan dan 65 untuk jenis container pendinginan.

Ukuran Container

Ukuran Container

Macam-macam container untuk ekspedisi dan penyimpanan tersedia dalam berbagai ukuran. Berikut adalah dimensi standar untuk jenis container unit 8, 10, 20, dan 40 kaki, termasuk panjang, lebar, dan tinggi luar dan dalam.

Saat memilih peti kemas untuk ekspedisi barang Anda, selalu periksa tinggi, lebar, dan panjang bagian dalamnya untuk mengoptimalkan ruang secara maksimal.

8 kaki (2,42m)

Peti kemas ini juga dikenal sebagai kubus mini. Ini adalah peti kemas terkecil yang tersedia untuk ekspedisi.

10 kaki (3,05m)

Alat angkut ini tidak umum berfungsi dalam pelayaran komersial namun dapat berguna untuk ekspedisi darat. Peti kemas berukuran 10 kaki dapat berguna untuk penyimpanan kargo yang aman atau untuk memindahkan barang dengan truk.

20 kaki

Inilah alat angkut standar berukuran 20 kaki. Yang bisa menampung isi rumah, termasuk barang-barang seperti sofa, tempat tidur, TV, lemari es, kotak penyimpanan dan lainnya. Biaya pengiriman alat angkut ini relatif lebih murah.

40 kaki

Salah satu jenis yang paling umum berguna dalam angkutan laut. Alat angkut ini berukuran 40 kaki terutama berguna untuk ekspedisi berukuran besar seperti kapas, furniture, potongan kertas, pakaian dan lainnya.

Alat ini berbentuk kubus tinggi, yang dapat berukuran hingga 2,7 meter atau 8,1 meter.

Kesimpulan

Container barang logistik

Itulah penjelasan tentang jenis container yang patut Anda ketahui. Nah, peti kemas tersebut dibawa oleh kapal besar yang dibangun untuk menampung dalam jumlah besar dan membawanya ke pelabuhan di seluruh dunia.

Dalam memilih alat angkut ini, Anda harus mempertimbangkan jenis container. Unit peti kemas ini dapat bervariasi dalam konstruksi, bahan, struktur dan dimensi. Untuk informasi terbaru dan penawaran terbaik dari kami, silakan hubungi kami di sini.

contact-us-donk