[Tips GPSKU] Mudah dan Efektif, Ini 5 Cara Membersihkan Lampu Mobil yang Kuning

Jakarta, GPS Mobil – Penggunaan mobil secara terus-menerus setiap hari tentu akan berpengaruh pada performa mobil. Tidak hanya pada performa mesin namun juga pada tampilan fisik mobil tersebut. Salah satu masalah yang biasa ditemui pada mobil adalah lampu mobil yang menguning. Kondisi ini tidak hanya berpengaruh pada tampilan fisik mobil tetapi juga efektivitas pancaran sinar lampu mobil. Berikut adalah 5 cara membersihkan lampu mobil yang kuning secara efektif.

1. Perhatikan Tingkat Keparahan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa tingkat keparahan warna kuning di lampu mobil. Perubahan warna kuning pada lampu mobil bisa berbeda-beda. Ada yang menguning hanya pada bagian luar saja dan ada yang rusak hingga bagian dalam. Jika bagian yang kuning dan buram hanya di permukaan luar tentu proses pembersihannya akan jauh lebih mudah.

tips gps mobil - cara membersihkan lampu mobil yang kuning
tips gps mobil – cara membersihkan lampu mobil yang kuning

Sebaliknya, jika bagian yang buram dan berubah warna sudah meluas hingga ke permukaan dalam maka penanganannya bisa jadi lebih sulit. Cara memeriksa apakah kerusakan sampai ke permukaan dalam adalah dengan melihat apakah bagian dalam lampu mobil lembap dan terlihat ada butiran air di dalamnya.

2. Gunakan Cairan Pembersih

Jika bagian yang menguning adalah permukaan luar lampu mobil, maka gunakan produk cairan pembersih kaca. Produk pembersih ini sangat mudah untuk ditemukan di toko-toko. Jauh lebih baik lagi jika memakai produk pembersih kaca yang memang khusus digunakan untuk membersihkan kaca lampu mobil. Cara penggunaanya juga cukup mudah yaitu dengan menyemprotkan cairan pembersih ini ke kaca lampu mobil.

Baca Juga [Tips GPSKU] Banyak Yang Tidak Tau, Begini Cara Cat Velg Mobil Yang Benar

Setelah selesai disemprotkan secara merata, gunakan alat pemoles plastik untuk mengusap lampu mobil yang akan dibersihkan. Pilih alat pemoles plastik yang berkualitas agar tidak merusak permukaan lampu mobil. Usapkan alat pemoles ini secara perlahan untuk mencegah terjadinya goresan atau kerusakan pada permukaan lampu mobil.

3. Menggunakan Amplas

Penyemprotan dengan cairan pembersih hanya bisa membantu mengatasi masalah lampu mobil menguning yang tergolong ringan. Jika perubahan warna dan keburaman sudah memasuki permukaan dalam maka diperlukan langkah tambahan. Cara membersihkan lampu mobil yang kuning di bagian permukaan dalam tidak cukup dengan memakai cairan pembersih tapi juga harus diamplas. Selain produk cairan pembersih, dibutuhkan juga air sabun, amplas halus, selotip, serta kompon plastik untuk memoles.

Langkah pertama adalah menutup bagian body mobil yang ada di sekitar lampu memakai selotip. Ini dilakukan agar saat proses mengamplas, body mobil tidak ikut rusak. Jika sudah dipastikan aman, maka proses pengamplasan segera dimulai. Amplas harus dibasahi dulu dengan air sabun agar tidak merusak permukaan menyemprotkan cairan pembersih dan lanjut ke pemolesan memakai kompon plastik.

4. Bilas dengan Air Sabun

Jika proses pembersihan kaca lampu mobil sudah selesai, maka silakan dilanjutkan dengan proses pembilasan. Bilas lampu mobil dengan air sabun atau bisa juga dengan  mencuci seluruh bagian mobil. Gunakan air sabun khusus untuk mencuci mobil agar tidak merusak kualitas permukaan body mobil.

5. Jangan Terpapar Sinar Matahari

Perlu diperhatikan bahwa proses pemolesan lampu mobil setelah disemprot cairan pembersih sebaiknya tidak dilakukan di bawah paparan matahari langsung. Sinar matahari bisa membuat kompon menjadi cepat kering. Kondisi ini akan menimbulkan kerusakan baru yaitu kerak yang muncul di permukaan kaca lampu mobil dan akan sulit untuk dihilangkan.

Itulah 5 cara membersihkan lampu mobil yang kuning. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang ada di setiap produk yang dipakai. tetaplah menjaga kondisi kendaraan seksama, pakai alat gps mobil sebagai pelengkap aksesoris kendaraan anda. Langkah ini dilakukan untuk memastikan tidak terjadi kesalahan penggunaan yang bisa merusak kualitas lampu mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2021 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia