logo mobile 2024

Pertimbangkan Saat Memilih Forklift

Forklift atau truk angkut merupakan alat penting di banyak industri, membantu mengoptimalkan operasi gudang, lokasi konstruksi, dan pusat logistik. Alat berat Forklift ini didesain untuk mengangkat dan mengangkut beban berat dengan aman.

Dalam artikel ini kita akan memahami apa itu forklift, fungsi, hingga harganya. Simak selengkapnya di bawah inI!

Apa itu Forklift?

apa itu forklift

Forklift adalah truk industri bertenaga yang dilengkapi dengan tiang vertikal dan dua forks menonjol. Forks ini mengangkat dan membawa barang atau material berat.

Forks ini aman dan efisien untuk memindahkan barang di dalam fasilitas atau lokasi pekerjaan. Forklift hadir dalam berbagai ukuran, kapasitas angkatan, dan jenis bahan bakar, menjadikannya dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan.

Fungsi Forklift

fungsi forklift

Fungsi utama forklift berkaitan dengan penanganan material, dan juga bisa digunakan dalam berbagai tujuan, sebagai berikut:

1. Bongkar Muat Truk

Hampir mirip dengan alat berat crane, forklift ini berfungsi untuk menggerakkan material atau barang terpallet masuk dan keluar dari truk atau adt alat berat. Hal ini tentu menghemat waktu dan biaya tenaga kerja dibandingkan dengan pembebanan manual.

2. Menyusun dan Mengambil Barang

Di gudang dan fasilitas penyimpanan, forklift menumpuk barang di rak tinggi dan mengambilnya saat diperlukan, memaksimalkan penggunaan ruang.

3. Mengangkut Material

Berbeda dengan alat berat breaker yang memecahkan material keras, forklift menggerakkan material atau barang berat di dalam gudang, fasilitas manufaktur, atau lokasi konstruksi.

4. Pemilihan Pesanan

Forklift membantu pekerja dalam memilih barang dari rak pada ketinggian tertinggi di pusat distribusi.

Komponen Utama Forklift

komponen utama forklift

Alat berat konstruksi ini terdiri dari beberapa komponen penting yang bekerja sama untuk memastikan operasi yang aman dan efisien:

  • FrameFrame memberikan fondasi struktural forklift, mendukung semua komponen lainnya.
  • CounterweightCounterweight di bagian belakang forklift menyeimbangkan beban pada forks, mencegah forklift dari terguling ke depan.
  • Sumber Bahan Bakar: Forklift ditenagai oleh berbagai sumber bahan bakar termasuk mesin pembakaran dalam (diesel, bensin, atau propana) dan motor listrik yang ditenagai oleh baterai.
  • Tiang: Tiang vertikal adalah perakitan yang ditenagai secara hidrolik yang mengangkat, menurunkan, dan miringkan forks pengangkut beban.
  • Forks: Dua forks yang terpasang pada tiang meluncur di bawah palet atau beban berat lainnya untuk mengangkat dan mengangkut.
  • Carriage: Carriage menghubungkan forks dengan tiang, memberikan titik pemasangan dan dukungan.
  • Kabin Operator: Sebuah kabin tertutup atau sisi terbuka di mana operator duduk, dengan kontrol untuk kemudi, pengangkatan, penurunan, dan miringkan beban.
  • Ban: Forklift umumnya dilengkapi dengan ban solid, pneumatik (berisi udara), atau ban karet padat tergantung pada lingkungan kerja dan medan.

Jenis-jenis Forklift

jenis-jenis forklift

Forklift dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis berdasarkan desain, sumber daya, dan aplikasinya:

1. Counterbalance Forklift

Counterbalance Forklift

Jenis yang paling umum dan serbaguna. Forklift counterbalance menggunakan beban di bagian belakang untuk menyeimbangkan beban yang dibawa di depan.

Cocok untuk penggunaan di dalam maupun luar ruangan pada permukaan yang cukup rata, tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas, tidak memerlukan penyangga tambahan.

2. Reach Truck

Reach Truck

Reach Truck adalah spesialis di lorong sempit dan rak tinggi. Garpunya bisa memanjang ke depan, memungkinkan akses ke rak tanpa forklift harus masuk ke seluruh lorong.

3. VNA Truck (Very Narrow Aisle Truck)

VNA Truck

Jenis khusus reach truck untuk lorong yang sangat sempit. Sering dipandu oleh rel atau kabel di lantai, dan terkadang memiliki garpu dan roda yang menghadap ke samping.

4. Order Picker

Order Picker

Mirip dengan reach truck, tapi memiliki platform operator yang ikut terangkat. Ini memudahkan pekerja mengambil barang dari rak. Ini meningkatkan kecepatan pengambilan barang dan efisiensi gudang.

5. Pallet Stacker

Pallet Stacker

Dirancang untuk menumpuk dan menurunkan palet di dalam gudang dan ruang penyimpanan. Biasanya kompak dan mudah dipindahkan. Pallet stacker ini cukup terjangkau untuk gudang dengan pergerakan palet sedang, cocok untuk ruang sempit.

Harga Forklift

fungsi forklift

Harga forklift bisa bervariasi secara signifikan tergantung pada faktor-faktor seperti:

  • Kapasitas Angkat: Forklift dengan kapasitas angkat yang lebih tinggi umumnya lebih mahal.
  • Sumber Daya: Forklift listrik mungkin memiliki biaya awal yang lebih tinggi daripada forklift pembakaran dalam, tetapi mereka biasanya memiliki biaya operasi yang lebih rendah dalam jangka panjang.
  • Fitur: Fitur tambahan seperti pemindah sisi, attachment khusus, atau sistem keselamatan canggih dapat meningkatkan harga.
  • Baru vs Bekas: Forklift bekas menawarkan pilihan yang lebih terjangkau, tetapi penting untuk mempertimbangkan kondisinya dan sisa umurnya.

Harga forklift baru dapat bervariasi mulai dari sekitar Rp150 juta untuk model dasar hingga lebih dari Rp1 miliar untuk forklift berkapasitas tinggi dan khusus. Penting untuk mendapatkan penawaran dari berbagai pemasok untuk membandingkan harga.

Pertimbangkan Saat Memilih Forklift

pertimbangan saat memilih forklift

Memilih jenis dan model forklift yang tepat untuk kebutuhan spesifik Anda penting untuk memastikan kinerja, efisiensi, dan keselamatan yang optimal. Pertimbangkan faktor-faktor berikut:

  • Kapasitas Angkat: Tentukan berat maksimum beban yang akan Anda tangani, dan pilih forklift dengan kapasitas angkat yang sedikit lebih tinggi.
  • Ketinggian Angkat: Pertimbangkan tinggi rak penyimpanan Anda atau ketinggian yang Anda butuhkan untuk mengangkat material, dan pilih forklift dengan konfigurasi tiang yang sesuai.
  • Lingkungan Kerja: Untuk penggunaan di dalam ruangan, pertimbangkan forklift listrik untuk operasi yang lebih tenang dan emisi yang lebih rendah. Untuk penggunaan di luar ruangan, forklift pembakaran dalam mungkin lebih cocok.
  • Jenis Bahan Bakar: Forklift listrik memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah dan biaya operasi yang lebih rendah, tetapi forklift pembakaran dalam menawarkan pengisian bahan bakar yang lebih cepat dan dapat cocok untuk penggunaan berat.
  • Kemampuan Manuver: Di ruang yang sempit atau lorong yang sempit, forklift kompak atau reach truck mungkin lebih sesuai.
  • Kenyamanan Operator: Pertimbangkan fitur ergonomis seperti kursi yang nyaman dan kontrol yang dapat disesuaikan saat memilih forklift.
  • Attachment: Forklift dapat dipasang dengan berbagai attachment untuk tugas-tugas khusus, seperti pemindah sisi, pengolah drum, atau rotator. Pilih forklift yang dapat menampung attachment yang Anda butuhkan.
  • Fitur Keselamatan: Pastikan forklift yang Anda pertimbangkan memiliki fitur keselamatan penting seperti perlindungan terhadap terbalik, alarm cadangan, dan lampu.

Jika Anda mengoperasikan forklift atau armada peralatan berat lainnya, pertimbangkan untuk mengintegrasikan solusi pelacakan GPS (Global Positioning System) yang tangguh.

GPSKU menawarkan teknologi pelacakan GPS canggih untuk meningkatkan operasi armada Anda, menyederhanakan proses, dan meningkatkan keselamatan. Perangkat GPS kami memberikan informasi real-time tentang lokasi, penggunaan, dan kinerja kendaraan, memungkinkan Anda membuat keputusan berbasis data yang mengoptimalkan operasi Anda.

Kunjungi situs web kami di gpsku.co.id untuk menjelajahi solusi pelacakan GPS komprehensif untuk alat berat forklift Anda.

Baca juga :

claim promo pengguna baru
CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special Pembelian GPS Tracker. Klik dibawah ini